YUK, PAHAMI PERBEDAAN ANTAR SUB-KELAS DI KERETA API SEBELUM PILIH TEMPAT DUDUK

Kelas Kursi Kereta Api

Sepuluh tahun lalu, orang mungkin enggan untuk naik kereta api. Stasiun yang kumuh, banyak pedagang asongan yang hilir mudik di gerbong penumpang, berbagai aksi kriminal hingga makelar tiket dan lain sebagainya. Seiring dengan berjalannya waktu, PT KAI (Kereta Api Indonesia) pun berbenah memperbaiki pelayanan untuk segenap penumpang. Kini moda transportasi ini menjadi salah satu terfavorit di negara kita.

Kamu bisa lihat beberapa perubahannya saat ini seperti tidak ada lagi pedagang asongan yang bebas keluar masuk gerbong kereta di setiap stasiun, keberangkatan yang tepat waktu, kebersihan gerbong dan stasiun yang selalu terjaga dengan baik, pembaharuan fasilitas di setiap gerbong, hingga kemudahan proses pembelian tiket sampai waktu check in di hari keberangkatan.

Berkat kenyamanan tersebut, kini kereta api tidak lagi dipandang sebelah mata malahan banyak orang yang memilih bepergian menggunakan kereta karena ingin mencoba kenyamanan tersebut secara langsung.

Apakah kamu salah satu dari mereka yang ingin mencoba kenyamanan dalam menggunakan kereta ? Jika ya, maka artikel kali ini wajib kamu baca.

“Kini kereta api tidak lagi dipandang sebelah mata malahan banyak orang yang memilih bepergian menggunakan kereta api karena ingin mencoba kenyamanan tersebut secara langsung”.

“‘Untuk menikmati layanan kereta api sekarang, tiketnya pun gak harus beli di stasiun. Tiket kereta bisa kamu dapetkan dengan mudah secara online”.

Cari Tiket Kini Semakin Mudah

Pada jaman dulu, pembelian tiket hanya bisa dilakukan di stasiun kereta api atau dipesan lewat website resmi PT KAI. Tapi, saat ini dengan bantuan teknologi kamu juga bisa reservasi tiket kereta untuk mudik kamu di situs atau aplikasi Traveloka kemudian membayarnya lewat transfer ATM atau menggunakan kartu kredit.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan kenyamanan dan keamanannya karena yang diijinkan masuk ke dalam gerbong kereta api hanyalah penumpang dan staf kereta api.

Gerbong kereta kini juga dilengkapi dengan interior yang baru, bersih dan modern. Jika kamu memilih kelas eksekutif, kamu akan mendapatkan pelayanan lebih berupa kursi yang nyaman, sandaran kaki, televisi, dan perlengkapan tidur gratis.

Kelas Kursi Kereta Api

Kenali Kelas Kursi

Bicara tentang kelas eksekutif, tahukah kamu kalau pada dasarnya gerbong kereta api dibagi menjadi 3 kelas dan masing-masing kelas tersebut terbagi lagi dalam 2 sub-kelas?

Kereta api terbagi menjadi kereta eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Perbedaan yang mencolok di antara ketiga kereta tersebut adalah harga tiket.

Harga tiket gerbong eksekutif dan bisnis lebih mahal dibandingkan dengan harga tiket kelas ekonomi. Dilihat dari harganya, pasti kamu bisa mengetahui mana yang lebih nyaman.

Kereta api eksekutif dan bisnis memiliki susunan tempat duduk 2-2, sedangkan kelas ekonomi 2-3 atau 3-3. Tempat duduk di gerbong eksekutif dan bisnis juga bisa diputar ke 2 arah sehingga penumpang duduk menghadap ke arah laju kereta.

Hal ini tidak seperti kereta kelas ekonomi yang beberapa penumpangnya terpaksa membelakangi arah laju kereta karena tempat duduk tidak bisa diputar.

Kereta api eksekutif juga memiliki waktu tempuh yang berbeda dengan kelas ekonomi karena hanya berhenti di stasiun tertentu.

“Gerbong kereta terbagi menjadi kereta eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Perbedaan yang mencolok di antara ketiga kereta tersebut adalah harga tiket.”

Lalu, dalam kereta api eksekutif dan bisnis kamu akan menemukan sub-kelas yang merupakan pembagian zona tempat duduk berupa kelas eksekutif dan ekonomi. Perbedaan yang utama adalah harga dan fasilitasnya. Harga tiket kereta api kelas eksekutif tentu lebih mahal dari kelas ekonomi.


Hiburan Selama Perjalanan

Letak gerbong kelas eksekutif juga dinilai lebih strategis bagi penumpangnya. Gerbong kelas eksekutif berada di tengah-tengah rangkaian kereta api.

Dengan demikian, penumpang kelas eksekutif tidak perlu berjalan jauh dari pintu masuk stasiun ke gerbongnya atau pun dari gerbong menuju pintu keluar stasiun.

Berbeda dengan penumpang kelas ekonomi yang harus berjalan cukup jauh dari ujung rangkaian kereta api jika ingin menuju pintu keluar stasiun. Selain itu, gerbong kelas eksekutif juga tidak terlalu terpengaruh dengan goncangan selama perjalanan karena tempat duduknya tidak berada di atas rangkaian roda kereta api.

Ditambah lagi dengan jarak antar tempat duduk yang luas sehingga kaki bisa bergerak bebas dan perlengkapan tidur yang dibagikan gratis, dijamin perjalananmu akan terasa sangat nyaman.

Gerbong kelas eksekutif berada dekat dengan gerbong makan. Jika sewaktu-waktu merasa lapar, kamu tidak perlu berjalan melewati banyak gerbong untuk bisa sampai di gerbong makan.

 

Gerbong kelas eksekutif juga menyediakan televisi berukuran besar yang memutar berbagai film menarik di setiap ujungnya, sehingga penumpang tidak akan merasa bosan selama perjalanan yang memakan waktu berjam-jam

Meski banyak hal menarik yang bisa kamu rasakan di gerbong kelas eksekutif, bukan berarti perjalanan menggunakan gerbong kelas ekonomi akan membuatmu tersiksa.

Gerbong kelas ekonomi juga bisa jadi lebih nyaman jika kamu pintar menghabiskan waktu selama perjalanan.

Tut..tut…tut….bagaimana, sudah bisa menentukan mau duduk di sub-kelas mana, kan ?
Oh ya, tetep jaga kesehatan selama perjalanan ya.

Sumber foto : PT KAI, youtube

1762total visits,3visits today

Free WordPress Themes