0%
Bersabar ya. Jengyuni lagi nyiapin teh, kopi, dan kacang rebus untukmu.

Yuk, Bermain di Negeri Sendiri

Lalu Ceritakan dan Bagikan.

Travelling memang mengasikkan. Aktifitas releksasi dan refreshing yang satu ini kian hari kian digemari para millennial. 

Tak heran kalau hari libur tiba, hampir seluruh destinasi wisata selalu berjubel oleh para pengunjung (wisatawan). 

Okupansi hotel, guest house dan berbagai jenis penginapan pun selalu penuh. Begitu pula dengan tempat-tempat belanja, sentra oleh-oleh dan pusat-pusat kuliner.

Mereka tesenyum gembira meraup untung karena kecipratan bekah pengunjung yang selau hadir dan mengalir seperti aliran sungai.

Kebayang gak sih berapa rupiah perputaran uang yang terjadi di industri ini ?

Ya. Geliat bisnis pariwisata di negara kita memang sangat menggem-birakan sepanjang tahun 2018. 

Walaupun target 17 juta wisman hanya tercapai 15,8 juta karena beberapa sebab, namun terjadi anomali pada wisatawan domesti.

Data-data  justru mencatat bahwa wisatawan domestik (nusantara) mengalami trend pertumbuhan positif yakni naik 10% dari tahun sebelumnya dengan angka melebihi 265 juta orang.

Trend pertumbuhan positif ini mendorong setiap daerah pun semakin bersolek diri mengem-bangkan obwis-obwis baru dengan bebagai atraksi yang menawan.

Apalagi pemerintah memang mendukung trend ini yang dibuktikan dengan keluarnya strategi baru seperti 100 destinasi digital dan nomadic tourism dan lainnya.

Strategi ini menjadi pintu gerbang memasuki era Pariwisata 4.0 untuk memikat turis mancanegera seka-ligus mendorong wisatawan domestik agar lebih suka bermain di negeri sendiri.

silhuet

…dari relaksasi hingga mencari Ide untuk bikin jurnal wisata

Walaupun kelihatannya remeh temeh, berwisata atau melakukan travelling mempunyai berbagai manfaat.

Bagi saya kegiatan berwisata itu tidak hanya sekedar relaksasi dan refreshing semata tetapi tentang bagaimana menikmati hidup dan memupuk rasa syukur atas nikmat yang Tuhan beri.

Selain itu, berwisata adalah cara saya menjaga pikiran tetap fresh setelah disibukkan dengan berbagai aktifitas, di samping keinginan menjaga kese-imbangan kebutuhan rohani-jasmani dan membangun keakraban keluar-ga.

Berkaitan dengan hoby misalnya, berwisata adalah cara lain saya mencari ide-ide baru dan mendapatkan berbagai dokumentasi yang bagus sebagai bahan tulisan di blog dan jurnal online lainnya.

Itulah kenapa, walaupun tidak setiap bulan dan ke luar kota yang jauh, kegiatan ini selalu saya lakukan bersama berkeluarga.

Tentu saja dengan mempertim-bangkan segala sesuatunya terma-suk ketersediaan waktu dan budget yang ada.

Penting ‘gak sih Menulis jurnal perjalanan wisata itu ?

Sudah menjadi kenyataan umum bahwa banyak traveller dan wisatawan datang ke lokasi-lokasi wisata namun setelahnya hanya menuliskan keseruannya pada buku harian atau buku catatan pribadi.

Bahkan banyak pula dari mereka yang tidak pernah menulis jurnal perjalanan wisata sama sekali dan dokumentasinya hanya tersimpan sebagai koleksi pribadi saja.

Kenapa tidak ditulis menjadi sebuah cerita yang bagus dalam sebuah jurnal online saja ?

Padahal, kalau pengalaman tersebut ditulis dalam sebuah jurnal online maka akan menjangkau jutaan orang di luar sana.

Bisa jadi tulisan tersebut akan menggugah pembaca lain (menginspirasi) untuk mengunjunginya pula. 

Dampaknya, bukan hanya menum-buhkan ekonomi lokasi setempat tetapi juga bisnis lain yang terkait dengannya.

Langsung atau tidak langsung akan memberikan kontribusi terhadap perkembangan dunia pariwisata nasional serta menggerakkan ekonomi lokal.

Ini salah satu manfaatnya.  

Dokumentasi Gedangsari Gunung Kidul

Haruskah punya blog sendiri ?

Bicara tentang menulis jurnal perjalanan wisata ujungnya pasti pada pertanyaan, apakah harus mesti punya blog sendiri ?

Tentu saja tidak !

Menulis jurnal perjalanan wisata, berbagi foto-foto dan video menarik saat travelling agar bisa dibaca orang lain tidak harus mempunyai blog sendiri.

Ya ! Majunya teknologi internet saat ini, memungkinkan setiap orang bisa menuliskan pengalaman travelling-nya dalam jurnal digital menggu-nakan platform user-generated blog yakni platform blog terbuka yang dibuat untuk penggunaan bersama-sama. 

Platform ini biasanya dikelola oleh beberapa admin dan editor dengan user-user yang mempunyai hak untuk menulis (posting artikel).

Saat ini ada banyak platform blog seperti ini atau yang serupa dengannya. Umumnya memang disediakan oleh media-media online besar, start up yang secara spesifik fokus pada plaftform berbagi, institusi-institusi pendidikan maupun yang digenerate oleh para penggiat digital (freelencer).

Nah, salah satu platform user-generated blog  baru yang bisa digunakan oleh para traveller dan wisatawan adalah travelblog.id.

Majunya teknologi internet saat ini, memungkinkan setiap orang bisa menuliskan pengalaman travellingnya dalam jurnal digital menggunakan Platform user-generated blog yakni platform blog terbuka yang dibuat untuk penggunaan bersama-sama.

travelblog.id

Portal Berbagi Jurnal dan Pengalaman Para

smartphone mockup

Travelblog.id adalah salah satu platform user-generated blog (blog terbuka) bagi para traveller dan wisatawan untuk saling berbagi jurnal dan pengalaman berwisata.

Disebut blog terbuka karena para traveller, wisatawan dan siapapun yang konsen para dunia pariwisata bisa bergabung menjadi kontributor (user) dengan hak menulis di situs yang dulunya adalah blog personal ini.

Tentang situs, menarik sekali kalau mencermati bagaimana travelblog.id ini dibangun dan oleh siapa.

Yang saya pahami adalah situs yang menjadi tempat bagi para traveller dan wisatawan untuk saling berbagi informasi lokasi wisata, seni budaya, kuliner, tips dan trik, dan sebagainya secara online ini dikembangkan menggunakan CMS sejuta umat yakni WordPress.

Pilihan pengembang menggunakan CMS ini sangat tepat karena WordPress memang salah satu platform CMS paling powerfull di dunia dan mudah digunakan walaupun tanpa memahami bahasa coding sama sekali. 

Apalagi, CMS ini disupport ribuan plugins baik free maupun berbayar yang akan membuat situs semakin berdaya guna.

smartphone mockup

Lebih dari itu, travelblog.id yang menggunakan domain dari nama.co.id dan dihost oleh Cloudflare ini sepertinya salah satu portofolio dari PT Holahalo Mekar Konsep (holahalo.com), yakni sebuah startup dari Bandung yang bergerak dalam bidang Travel Marketplace.

Memang bukan tanpa alasan kalau saya menghubungkan travelblog.id dengan holahalo.com walaupun itu masih sebatas asumsi saja.

Namun, asumsi saya tersebut sangat berdasar apalagi kalau melihat jejak digital berupa relationship profile dan redirect profile yang memang saling berkaitan diantara keduanya, terutama pada penggunaan Google Analytics dan domain redirect. 

Selain holahalo.com, ada beberapa domain lain yang redirect sebagian atau keseluruhan ke halaman situs travelblog.id yakni lapaktravel.com, satutrip.com dan wisatalokal.net.

Yang lebih mengejutkan saya lagi adalah orang di belakang holahalo.com dan travelblog.id ini (CEO & Foundernya). Ternyata ada nama besar bertangan dingin dalam ranah teknologi yakni Mr. Mico WendySiapa beliau ?

Setahu saya, beliau adalah salah satu developer handal Indonesia yang pernah memenangkan Nokia’s 2011 Create for Millions Developer Contest melalui aplikasi bernama Baby Write Number dan diganjar hadiah sebesar 50.000 euro (Rp 615 juta).

Tak hanya itu, beliaulah orang dibalik web-web milik korporasi besar seperti indosatm2.com, idx.co.id, yellowpages.co.id dan lebih dari 400 situs lainnya.

Kembali ke pembahasan tentang situs travelblog.id, trus sebenarnya fitur-fitur apa saja yang menarik bagi user (kontributor) ?

Setidaknya saya mencatat ada 4 (empat) fitur menarik seperti berikut ini.

Yuk, disimak !

Fitur-fitur #01

Tak hanya bisa posting artikel dan foto tetapi juga video

Fitur menarik pertama yang dimiliki oleh travelblog.id adalah Kontributor bisa membagikan pengalaman menarik kepada masyarakat dengan cara mengasikkan.

Tidak hanya dalam bentuk artikel yang dilengkapi foto dan peta lokasi saja, tetapi juga bisa berupa dokumentasi video (Vlog).

Fitur ini memberi keuntungan bagi Kontributor terutama yang mempunyai hobby membuat video dokumentasi saat berwisata selain menulis artikel.

Menariknya, video yang diposting di travelblog.id ini bisa mengambil link video-video milik Kontributor dari youtube.

Fitur-fitur #02

Ada Reward Poin bagi Kontributor

Siapa sih yang gak ingin dapat penghargaan dari tulisan-tulisan kita ?

Nah, fitur kedua yang menarik bagi kontributor (user) adalah adanya penghargaan (rewards) yang diberikan kepada para kontributor.

Rewards tersebut berupa poin yang secara otomatis terkalkulasi oleh sistem bila konten (artikel dan video) yang diposting lolos review dan berhasil dipublikasikan (posting artikel 50 poin dan posting video 40 poin).

Nah, poin-poin yang terkumpul tersebut dapat ditukar dengan berbagai hadiah-hadiah menarik seperti smartphone, kamera dan lain sebagainya.

Seperti apa ketentuannya dan hadiah apa yang disediakan, coba kunjungi link berikut ini :

smartphone mockup

Fitur-fitur #03

Registrasi Mudah

Untuk menjadi kontributor di situs travelblog.id ini, para traveller dan wisatawan terlebih dahulu harus melakukan signup (registrasi).

Tapi ini mudah dilakukan karena hanya melalui 3 (tiga) langkah saja. Seperti ini alurnya.

Fitur-fitur #04

Posting Artikel Juga Mudah, Tidak Ribet

Seperti halnya registrasi, posting artikel dan dan video juga sangat mudah alias tidak ribet.

Setelah masuk ke dashboard, Kontributor tinggal menuliskan pengalaman perjalanannya, mengunggah foto, peta dan link video di kolom yang telah disediakan tanpa perlu menggunakan bahasa coding.

Bila artikel disetujui dan dipublish, kontributor akan mendapat email pemberitahuan yang menjelaskan bahwa artikel telah terbit dan poin pun akan bertambah secara otomatis.

Mudah, kan ?

smartphone mockup

player2

Fitur umum situs travelblog.id

Kategori Artikel Yang Komprehensif

Hingga artikel ini dibuat, travelblog.id sudah berisi sebanyak 336 artikel.

Artikel-artikel ini tersebar dalam 5 kategori yakni JALAN-JALAN, KULINER, TIPS & INFO, SENI & BUDAYA, dan LAINNYA yang berisi kategori Berita, Gaya Hidup dan Infographic.

Tentu saja artikel-artikel ini akan bertambah dan terus bertambah seiring dengan perjalanan waktu dan jumlah traveller dan wisatawan yang bergabung sebagai kontributor di situs ini.

Untuk mempercepat percarian artikel berdasarkan lokasi misalnya, pembaca bisa memanfaatkan fitur SEARCH dengan mengetik nama kota tertentu di kolom pencarian.

Apa saja yang ada di masing-masing kategori, silahkan simak anotasi saya di bawah ini.

Jalan-Jalan

Kuliner

Tips & Info

Seni & Budaya

Lainnya

KulinerTips & InfoSeni & BudayaLainnyaPanduanSign inJalan-Jalan

Kategori JALAN-JALAN berisi pengalaman seru para traveller dan wisatawan di berbagai tempat-tempat wisata menarik, populer, ikonik dan bersejarah di seluruh pelosok Indonesia. Asiknya, pembaca tidak hanya disuguhi deskripsi dengan bahasa yang mudah dicerna saja, tetapi juga foto-foto dokumentasi yang semakin bikin penasaran untuk mengunjunginya. Banyak diantaranya juga berupa dokumentasi video. Jadi, menabunglah !

KulinerTips & InfoSeni & BudayaLainnyaPanduanSign inJalan-Jalan

Suka jalan-jalan dan mencoba merasai berbagai kuliner sik ? Coba kamu baca artikel-artikel yang berada di kategori KULINER. Di kategori ini kamu akan mendapatkan berbagai rekomendasi kuliner yang bakal bikin kamu menelan lidah dan penasaran seperti apa rasanya. Sumpah saya penasaran dengan rasa Hakau Kukus di tempat ini.

KulinerTips & InfoSeni & BudayaLainnyaPanduanSign inJalan-Jalan

Nah, kalau Kategori TIPS & INFO ini berisi artikel-artikel tentang tips, info dan saran yang berhubungan dengan travelling. Beberapa artikel juga mereview produk-produk yang berhubungan dengan travelling baik berupa ulasan maupun video. Mau tips traveling menyenangkan, coba baca Tips ini dulu.

KulinerTips & InfoSeni & BudayaLainnyaPanduanSign inJalan-Jalan

Kekayaan seni budya Indonesia itu luar biasa. Setiap daerah mempunyai kesenian dan kebudayaan adiluhung yang tak ada duanua. Nah, kalau kamu ingin punya banyak informasi tentang seni dan budaya Nusantara, kamu mesti baca artikel-artikel di Kategeori SENI & BUDAYA ini. Tahukah kamu apa itu Kesenian Kajang Lako ? Coba baca artikel ini .

KulinerTips & InfoSeni & BudayaLainnyaPanduanSign inJalan-Jalan

Tak hanya tentang tempat, kuliner, seni dan budaya, travelblod.id juga mempuyai kategori atikel yang berisi informasi-informasi umum seperti berita dan gaya hidup. Itu semua bisa dibaca di Kategori LAINNYA. Kategori ini juga berisi infografis-infografis terkait dunia pariwisata yang bisa didownload. Eh, mau tahu hari libur nasional tahun 2019 ini, coba download di sini .

KulinerTips & InfoSeni & BudayaLainnyaPanduanSign inJalan-Jalan

Nah kalau Kategori PANDUAN, ini adalah kategori yang berisi informasi-informasi panduan menulis di travelblog.id, TOS, Disclaimer, Privacy Policy dan yang berhubungan dengan POIN. Para kontributor atau yang ingin menjadi Kontributor perlu membaca panduan-panduan yang ada di sini. Menurut kamu berapa syarat usia untuk menjadi Kontributor ? Coba baca ketentuannya di sini .

KulinerTips & InfoSeni & BudayaLainnyaPanduanSign inJalan-Jalan

Kalau di sini adalah Dashboard untuk para Kontributor. Untuk bisa masuk ke sini, kamu mesti registrasi dulu. Begini cara daftarnya.

Searching Artikel by Kontributor

Setiap kontributor mempunyai pengalaman traveling dan interest yang berbeda-beda termasuk di dalamnya adalah gaya bercerita dalam artikelnya.

Nah, kalau pembaca ingin mengetahui artikel apa saja dan berapa jumlah artikel yang ditulis oleh masing-masing Kontributor, pembaca bisa mengetahuinya dengan meng-klik nama kontributor.

KOntributor

Total Visit Counter

Di setiap artikel yang dipublish ada fitur total visit counter yang memungkinkan kontributor dan pembaca melihat berapa kali artikel tersebut dibaca oleh pengunjung. Begitu pula dengan jumlah komentar dari pembaca.

visit counter

Sharing Sosial Media

Ini nampak sepele tapi sangat bermanfaat yakni fitur share media sosial. Bahkan dalam beberapa SEO tool, fitur ini menjadi salah satu elemen penilaian.

Dengan fitur ini Kontributor dan pembaca bisa membagikan artikel di media sosial untuk menjangkau pembaca yang lebih banyak.

sharing

Translator

Artikel-artikel yang ada di travelblog.id bisa ditranslate secara otomatis ke dalam bahasa Inggris dalam hitungan detik dengan fitur translator ini.

Artinya, artikel-artikel yang ditulis di situs ini bisa menjangkau pembaca yang lebih luas dan dapat dipergunakan sebagai referensi wisman yang ingin berkunjung ke Indonesia.

Translator

Selain fitur-fitur yang telah saya sebutkan diatas, di bawah ini adalah hal-hal lain yang perlu diketahui tentang situs travelblog.id, yakni :

smartphone mockup

Design Interface Simple

Travelblog.id mempunyai interface yang simple, bersih (clean) dan enak dipandang mata (eye catching).
Lihat Lebih popup

Mobile Friendy

Travelblog.id juga sangat responsif (mobile friendly) yang memungkinkan pengguna membaca artikel dari berbagai jenis gadget mulai dari laptop, desktop, tablet maupun smartphone dalam berbagai ukuran
Lihat Lebihpopup

Performa Baik

Performa, kinerja, keamanan dan SEO situs travelblog.id kategori baik
Lihat Lebihpopup

Desain Interface

Salah satu yang menarik bagi saya dari situs travelblog.id adalah design interfacenya yang simple dan bersih (clean) dari mulai homepage hingga halaman posting.

Menurut saya ini berbeda dengan kebanyak situs berbagi lainnya yang selalu penuh dengan banner-banner iklan yang kadang terasa mengganggu dan membuat loading jadi lambat.

Interface yang bersih ini nampaknya tak lepas dari pemilihan template yang dipergunakan yakni “Newspaper”, template kreasi dari TagDiv, developer asal Romania.

Varian Template Newspaper yang dipakai travelblog.id ini juga dipakai untuk fitur news atau blog perusahaan-perusahaan besar seperti uber, share.america.gov, rackspace, bitcoin.com dan lain sebagainya.

Nah, dengan design interface yang simple dan bersih ini selain membuat situs nampak ekslusive dan eye catching yang membuat nyaman bagi pembaca.

Mobile Friendly

Mockup all device

Selain interfacenya yang clean, travelblog.id juga mobile friendly (responsif).

Diuji menggunakan tool website.grader.com, tingkat keresponsifannya mempunyai score 30 dari 30 poin pengujian.

Oleh karenanya, situs travelblog.id ini kompetibel bila diakses dengan gadget apapun baik desktop, laptop, tablet maupun samartphone dengan berbagai ukuran.

Nah, dengan keresponsifannya ini, juga sangat memungkinan bagi kontributor untuk melakukan posting artikel dan video dari gadget yang dimilikinya, dari mana saja dan kapan saja tanpa harus membuka laptop.

Score keresponsifan travelblog.id

Performa, keamanan dan SEO

Pengujian performa

Secara keseluruhan, situs travelblog.id mempunyai performa dalam kategori baik dan loading yang cukup cepat bila diakses.

Ini memberikan pengalaman seru dan menyenangkan bagi pengguna. Masih dengan menggunakan tool website.grader.com (diakses 16/2/2019), secara performa situs secara keseluruhan diangka 84 dari 100 poin pengujian.

Dengan menggunakan tool ini pula dapat diketahui bahwa situs travelblog.id juga mempunyai tingkat keamanan yang sangat baik dengan score 10 / 10. Sedangkan untuk SEO (kemudahan ditemukan dalam search engine), travelblog.id  mempunyai SEO 25 / 30.

Sedikit perbaikan mungkin dibutuhkan untuk meningkatkan performa dengan memperbaiki page size dan page request walaupun scorenya sudah diangka 19 dari 30 poin pengujian.

3 Langkah Registrasi Kontributor. Mudah !

Setelah masuk ke situs travelblog.id langsung saja tekan menu SIGN IN dan DAFTAR kemudian isi data sesuai dengan form yang disediakan. registrasi

Lakukan verifikasi akun dengan memasukkan kode token yang dikirimkan ke email yang dipergunakan untuk pendaftaran. Verifiksi akun 1 registrasi

Setelah masuk ke Dashboard, lengkapi data profile sesuai dengan form yang disediakan dengan benar
registrasi

Posting Artikel Juga Mudah, Tidak Ribet

dashboad posting artikel
Posting Video
Notifikasi email

Bagi masyarakat, Apa kelebihan & manfaat travelblog.id ?

Bagi masyarakat, situs berbagi jurnal dan pengalaman wisata ini mempunyai banyak kelebihan, diantaranya adalah:

Pertama, selain loading relatif cepat, situs juga bisa akses dengan mudah menggunakan berbagai jenis gadget (responsif).

Kedua, informasi yang disajikan variatif dengan bahasa yang sederhana, lugas dan mudah dimengerti yang tertata rapi dalam 5 kategori yang komprehensif dan dengan fitur translator bahasa Inggris.

Ketiga, mengakses situs travelblog.id itu gratis (tidak berbayar).

smartphoneanimasi 1

Seberapa bermanfaat bagi masyarakat ? Menurut saya sangat bermanfaat. Dengan hadirnya situs travelblog.id ini masyarakat akan mendapatkan berbagai manfaat, setidaknya 2(dua) hal sebagai berikut:

Pertama, mendapatkan informasi valid dan kekinian tentang obyek-obyek wisata menarik, seni budaya, kuliner dan sebagainya yang mungkin belum pernah ketahui sebelumnya sehingga menimbulkan minat untuk mengunjungi dan merasakan sendiri suatu saat kelak.

Kedua, menumbuhkan semangat nasio-nalisme dan kebanggan atas kekayaan pariwisata dan budaya bangsa sendiri yang mendorong semangat lebih menyukai bermain di negeri sendiri ketimbang ke luar negeri.

smartphone mockup

Akhirnya, thanks you banget telah membaca artikel  #TRAVELBLOGIDREVIEW ini.

Harapan saya sederhana, bahwa artikel ini bisa menginspirasi siapa saja agar lebih menyukai “bermain di negeri sendiri”. Ya. Negeri kita punya segalanya dari mulai tempat wisata menarik, seni budaya yang adiluhung dan kuliner-kuliner yang membangkitkan selera.

Selain itu, saya juga berharap bahwa artikel ini mampu mendorong pembaca berbuat lebih, yakni menulis perjalanan wisatanya menjadi cerita yang mengasikkan dalam jurnal online agar menjangkau pembaca yang lebih banyak.

Ini sangat bermanfaat bagi pengembangan wisata lokal dan membantu pemerintah menuju era pariwisata 4.0. Apalagi sekarang sudah ada situs travelblog.id yang mewadahi para traveller dan wisatawan untuk berbagi  jurnal perjalanan. Selain mudah, situs ini juga memberikan reward poin yang bisa ditukar dengan berbagai hadiah menarik. 

Saya sudah menjadi kontributor, kini giliran kamu. Kapan ?

dokomentasi Malioboro
Logo travelblogid

Blog travel dan wisata yang menyediakan tempat bagi para traveller dan wisatawan untuk saling berbagi jurnal dan pengalaman.

Referensi : travelblog.id, kemenpar.go.id – Beberapa gambar : unsplash.com

Spread the love
Hi, kamu. Iya kamu. Jeng Yuni mau kasih info penting, nih !
triangle
Info penting apaan, sih ?
triangletriangle
Coba deh kamu klik link ini !
http://bit.ly/2YfECtf
jengyunijengyunivisitor