preloder

Yamaha Jagonya Motor Sport, Itu Benar ! Dari Vixion hingga munculnya Yamaha R15 dan Yamaha R25, Yamaha menjadi pemimpin pasar sepeda motor sport di Indonesia.

Dibandrol harga 17 jt saat itu, Vixion yang merupakan motor sport pertama berteknologi injeksi di keluarga Yamaha ini mencatat penjualan sebanyak 28.260 unit. Tahun-tahun berikutnya, penjualan vixion semakin meningkat berlipat-lipat dari 104.916 unit (2008), 195.900 unit (2009), 215.321 unit (2010), 242.887 (2011), 302.898 unit (2012) dan seterusnya.

PILAR PENTING YAMAHA

Keberhasilan V-ixion yang berhasil membuka segmen baru saat itu, tidak disia-siakan oleh Yamaha. Untuk memantapkan status sebagai Jagonya Motor Sport di Indonesia, tahun 2014 Yamaha merilis dua model yang menjadi pilar penting kategori produk sport yakni Yamaha R15 dan Yamaha R25.


Kedua motor ini masuk dalam jajaran R-Series yang merupakan kasta motor sport Yamaha dengan DNA Racing yang kental, mengadopsi teknologi MotoGP, keren dan kencang.


Sejak awal indikasi suksesnya R Series ini sebenarnya bisa dilihat dari antusiasme pembeli via inden online melalui situs www.iwantyamahar15.com dimana sebanyak 1500 unit R15 langsung ludes terjual dalam satu hari. Unik lagi pada R25, server yang dipakai untuk www.iwantyamahar25.com hingga mengalami down akibat overload para penginden.

R

Yamaha R Series plus V-ixion Advance tetap menunjukkan kegagahanya dan menutup tahun 2016 dengan manis. Bahkan Vixion mencetak penjualan 153.128 unit sedangkan kompetitor hanya 152.263 unit. Yamaha masih memegang predikat sebagai Jagonya Motor Sport di Indonesia.

SEGMEN SEXY

Pasca di rilis, R15 dan R25 malang melintang di segmen sport. Anak-anak muda yang menyukai tantangan serasa dimanjakan dengan model sportnya Yamaha ini. Bisa jadi ini adalah bagian dari trend di samping pelarian dari kebosanan dengan model moped. Walhasil, segmen sport terutama 150 cc kian seksi. Kompetitor lain pun mulai ikut-ikutan mengusiknya dengan merilis varian baru pada tahun 2015.


Memasuki tahun 2016, pasar sport kian seru sekaligus menjadi tahun yang cukup berat bagi Yamaha. Pertarungan berdarah-darah di segmen ini tidak bisa dihindari. Aksi saling salip (overtaking) dalam hal total penjualan bak motoGP pun terjadi dengan kompetitor. Walaupun demikian tidak lantas kompetitor mampu merebut predikat Jagonya Motor Sport di Indonesia dari genggaman Yamaha. Buktinya Yamaha R15 dan R25 plus V-ixion Advance tetap menunjukkan kegagahanya dan menutup tahun 2016 dengan manis. Bahkan Vixion mencetak penjualan 153.128 unit sedangkan kompetitor hanya 152.263 unit. Yamaha masih memegang predikat sebagai Jagonya Motor Sport.

TRADISI SEBAGAI JAGONYA MOTOR SPORT BERLANJUT

Melanjutkan tradisi Jagonya Motor Sport Indonesia, Yamaha kembali merilis All New Yamaha R15 di Sentul International Circuit, Bogor, Senin 23 Januari 2017. Di hadapan dealer-dealer seluruh Indonesia,  Maverick Vinales pembalap tim Movistar Yamaha MotoGP  yang menjadi brand ambassador R15 menjajal kehebatan All New R15 di lintasan sepanjang 4,12 km ini.

All New R15 ini mempunyai penampilan lebih Racy dan Luxury yang merupakan pengembangan dari R15 generasi sebelumnya. Uniknya, hasil pengembangan All New R15 ini merupakan masukan dari komunitas-komunitas R-Series yang tergabung dalam Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI), berjumlah 137 Komunitas tersebar di seluruh Indonesia.

Hadirnya All New R15 ini merupakan respon YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) atas ekspektasi penggemar motor sport Yamaha tanah air untuk segment 150 cc yang didominasi oleh anak-anak muda 17 – 25 tahun yakni sepeda motor sport yang lebih Mengandalkan Teknologi dengan Design tebaik, Handling terbaik dan Performa Terbaik.

Ada perubahan sekaligus penambahan fitur-fitur menarik dari generasi R15 sebelumnya sebut saja seperti Hazard Lamp, Assist & Slipper Clutch, Teknologi Variable Valve Actuation (VVA), Speedometer Full Digital dan lain sebagainya. Tentu saja fitur-fitur ini semakin memberikan pengalaman berbeda ketika mengendarai All New R15 di jalan raya (Real Super Sport Feeling). 

Berikut ini tabbed overview keunggulan All New Yamaha R15 yang diproduksi dengan 3 (tiga) pilihan warna yaitu Racing Blue, Matte Black dan Matte Red.

DESIGN TERBAIK

Jagonya Motor SportDesain bodi R15 mengadopsi DNA R-Series yang mengedapankan unsur “Super Sport”. Proses perancangannya pun melibatkan langsung sang juara dunia Moto GP, Valentino Rossi (VR46) secara intens.

Oleh sebab tidak mengherankan kalau penampilan R15 ini layaknya motor sport kelas premium Yamaha R1.

Jagonya Motor Sport

All New R15 memiliki design fairing yang runcing dan ramping dengan ventilasi lubang sirkulasi udara agar suhu mesin tetap terjaga. Fairing plus windshield selain diciptakan untuk menambah penampilan semakin Racy Look juga menambah aerodinamika motor. Inilah kenapa All New R15 akan sangat mudah untuk membelah angin.
Selain itu fairing All New R15 memudahkan pengendara melintasi tikungan (Cornering) dikarenakan setang menggunakan jenis Slip-On atau Setang Jepit.

Jagonya Motor Sport

Lampu depan (head lamp) menggunakan LED dengan fitur AHO (Automatic Headlamp On) pada sisi sebelah kiri dan sebelah kanan adalah lampu jauh. All New R15 juga dilengkapi lampu hazard yang sangat berguna dalam keadaan darurat serta membuat tampilan motor semakin terlihat agresif.

Jagonya Motor Sport

Lampu belakang (Tail Lamp) seperti R6, desain meruncing keatas dan menggunakan LED yang didesign modern untuk memastikan gaya semakin keren. Design lampu menggunakan LED Ini adalah yang pertama di Indonesia. Selain itu All New R15 Tail Lamp-nya sudah dilengkapi lampu hazard.

Jagonya Motor Sport

All New R15 telah menggunakan Full Digital Speedometer yang sangat informatif (Multi Information Display), dilengkapi dengan Shift Timing Light untuk memindahkan transmisi.

Selain itu, Speedometer model baru ini mampu memberikan informasi jarak, Gear Position bahkan dapat diinput nama pengendara enam digit pada LCD Speedometer.

Jagonya Motor Sport

Seperti model motor sport kebanyakan, All New R15 pun memiliki tempat duduk model split seater (Jok terpisah). Split seater ini menambah tampilan semakin sporty. Dibawah jok adalah tempat tools kits standart.

Jagonya Motor Sport

All New R15 memiliki penampilan knalpot yang lebih sporty, racy dan terkesan kokoh.

HANDLING TERBAIK

Jagonya Motor Sport

All New R15 memiliki kontruksi Delta Box baru yang lebih ringan tetapi tetap kuat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Manfaat dari penggunaan sasis yang lebih ringan ini yakni menunjang sektor tenaga yang dihasilkan. Selain itu akan memberikan pengalaman handling yang sempurna saat dikendarai, berbelok dan berhenti.

Jagonya Motor Sport

Pertama di Indonesia, New Design Aluminium Rear Arm berbahan alumunium padat dan ringan dengan structure ala Super Bike membuat tampilan semakin gagah dan awet.

Dipasangkan pada body All New R15 berangka delta box, memberikan kestabilan dalam pengendalian motor dengan weight distribution 50 : 50.

Jagonya Motor Sport

Suspensi belakang monocross yang menghasilkan HANDLING MANTAP & STABIL saat menikung pada kecepatan tinggi.

Jagonya Motor Sport

Sistem pengereman All New R15 semakin maksimal dengan Wide Front Disc Brake ber-diameter 282 mm.

Jagonya Motor SportDesignya sama dengan YZF R1 yang didesign langsung oleh Valentino Rossi. Genggaman sempurna, mantap, nyaman dan keren.

Jagonya Motor Sport

All New R15 memiliki tampilan velg yang kokoh dan mengaplikasikan ban tapak lebar (Front tire: 100/80-17, Rear tire: 140/70-17) membuat handling lebih sempurna dan terlihat semakin gagah.

PERFORMA TERBAIK

Jagonya Motor Sport

All New R15 menggunakan mesin Liquid Cooled 4-stroke, SOHC terbaik di kelasnya. Mesin memiliki power maksimum sebesar 14.2 kW/10000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14.7 Nm / 8500 rpm. Dengan power dan torsi sebesar ini menjadikan All New R15 sebagai motor sport tercepat di kelasnya. 

Selain terbaik dan tercepat dikelasnya, mesin baru All New R15 ini juga jauh lebih irit dan bertenaga dibanding generasi sebelumnya dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yakni teknologi yang membuat tenaga mesin semakin besar tetapi sangat irit bahan bakar.

Mesin All New R15 juga dilengkapi fitur baru Assist & Slipper Clutch, yang biasanya hanya ada pada motor besar. Fitur Assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling. Sedangkan fitur Slipper Clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat.

Jagonya Motor Sport

Forged Piston & DiASil Cylinder menggunakan teknologi ini ‘tempa’ yang lebih kuat dan awet. Forged Piston & DiASil Cylinder ini mengadopsi peknologi MotoGP.

Jagonya Motor Sport

Mesin All New R15 masih mengaplikasikan teknologi injeksi dengan pendingin cairan (Liquid Cool Engine).

Hadirnya All New Yamaha R15 dengan fitur-fitur baru yang menarik ini tentu saja akan menjadi kekuatan baru Yamaha untuk semakin memantapkan posisi sebagai Jagonya Motor Sport di Indonesia dan menjadikan Semakin Di Depan melampaui kompetitornya. Pasti !

Hai kamu..Iya kamu cowok-cowok, kalian suka All New R15 warna apa ?.

Jagonya Motor Sport
 Overall Length x Width x Height  1990 x 725 x 1135 mm
 Seat Height  815 mm
 Wheelbase  1325 mm
 Wet Weight  137 kg
 Engine Type  Liquid Cooled 4-stroke, SOHC
 Cylinder Arrangement  Single cylinder
 Cylinder Volume  155.1cc
 Bore x Stroke  58 x 58.7 mm
 Compression Ratio  11.6 : 1
 Maximum Power  14.2 kW / 10000 rpm
 Maximum Torque  14.7 Nm / 8500 rpm
 Starting System  Electric
 Fuel Tank Capacity  11 Liter
 Fuel System  Fuel Injection
 Clutch Type  Wet Type Multi-Plate Clutch
 Tire Size (Front/Rear)  100/80-17M/C 52P (Front) & 140/70-17M/C 66S (Rear)

INFORMASI LANJUT, HUBUNGI OFFICIAL SOCMED YAMAHA BERIKUT INI,

” Semakin di Depan “

Sumber Foto dan Spesifikasi : yamaha-motor.co.id, tmcblog.com, semisena.com

paper torn

Jengyuni.com adalah personal website yang dibangun dari “ketidaktahuan” dan “keterlambatan” memasuki dunia digital. Di saat orang-orang sudah membuat startup yang menghasilan dollar bertumpuk-tumpuk,
jengyuni masih asik soscmed-an dan malah hanya membaca keberhasilan orang lain di portal-portal berita
melalui layar smartphone yang besarnya tak lebih dari 5 inc.