“Teknologi mobil kian pesat. Perlahan tetapi pasti, kita benar-benar akan melihat teknologi mobil impian yang awalnya hanya bisa ditonton melalui imaji film-film science fiction hollywood.”

DARI YANG TERBANG HINGGA MENYELAM

Bagi penggemar berat film science fiction Hollywood yang umumnya memanjakan imajinasi, percayalah bahwa teknologi mobil terbang ala Flying Ford Anglia dalam film Harry Potter and The Chamber of Secrets kini sudah dikembangkan oleh Terrafugia Industry yang berbasis di Boston.

Terrafugia TF-X – The fully autonomous flying car yang mempunyai kecepatan hingga 320 km per jam dengan jarak tempuh mencapai 800 km ini tak lama akan berseliweran di langit-langit dunia.

Tak jauh berbeda dengan Terrafugia yang diprediksi menjadi solusi hiruk pikuk jalan raya yang semakin sesak di masa depan, perkembangan teknologi mobil “dua alam” pun tidak ketinggalan.

Mobil amphibi yang serupa dengan Lotus Espirit-nya James Bond dalam film spionase populer sepanjang masa The Spy Who Loved Me ini juga sudah di depan mata. Salah satunya adalah Rinspeed sQuba
r.

Mobil elektrik dengan zero emission yang dikembangkan oleh Swiss Automobile Manufacturer ini bahkan telah mengawali debutnya pada ajang Geneva Motor pada tahun 2008.

Kedua teknologi ini akan menjadi bagian dari evolusi mobil masa depan. Teknologi mobil canggih yang berawal dari keniscayaan dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat dunia.

Teknologi Mobil Impian
Teknologi Mobil Impian
Teknologi Mobil Impian

Walaupun kedua teknologi mobil di atas adalah impian seluruh penduduk dunia termasuk saya dan anda, akan tetapi simpan dulu keinginan menikmati sensasi duduk dibelakang kemudi atau bermanja-manja disebelah driver. Setidaknya untuk 5 hingga 10 tahun ke depan sampai kedua teknologi mobil ini benar-benar diproduksi secara komersial.

Kita nikmati saja dulu teknologi mobil canggih saat ini yang pada dasarnya adalah penghantar munculnya mobil-mobil canggih seperti Terrafugia maupun Rinspeed sQuba
r di atas.

Ada puluhan jenis dan merk mobil dari yang Low Prize Model (LPM) hingga premium. Salah satunya pasti menjadi mobil impian. Bagi saya, teknologi mobil impian yang saya inginkan adalah yang mampu mengerti kebutuhan perempuan.

“Bersabar dulu, setidaknya untuk 5 hingga 10 tahun ke depan sampai kedua teknologi mobil ini benar-benar diproduksi secara komersial.  “

Teknologi Mobil Impian

“Apa sih yang dibutuhkan perempuan itu, adalah teknologi otomatis & simple, mendukung fashion dan gaya hidup, irit, aman dan nyaman.”

TEKNOLOGI MOBIL IMPIAN SAYA ADALAH YANG MEMAHAMI KEBUTUHAN PEREMPUAN

Hingga 2017 ini, kurang lebih ada 32 produsen mobil merek terkenal yang memproduksi atau menjual produknya di Indonesia. Walaupun demikian tidak satupun yang secara ekplisit memproduksi mobil khusus untuk perempuan. Padahal tak bisa dinafikkan bahwa perempuan juga menjadi penentu keputusan membeli mobil.

Tentu, hal ini berbeda dengan sepeda motor. Walaupun dalam perekembanganya istilah produk khusus perempuan ini semakin menjadi blur, setidaknya Yamaha Mio, Honda Vario dan lain sebagainya menjadi contoh sukses produk otomotif yang identik dengan kaum perempuan.

Apa sih yang dibutuhkan perempuan itu, adalah teknologi yang simple, otomatis, mendukung fashion dan gaya hidup, irit, aman dan nyaman.

Bila impian tersebut diaplikasikan dalam bentuk sebuah mobil maka gambaran teknologi mobil impian saya setidaknya memuat 5 hal berikut ini.

Teknologi Mobil Impian

MESIN CC SEDANG, RAMAH LINGKUNGAN & IRIT BAHAN BAKAR

Kapasitas mesin tak lebih dari 1500 cc, berteknologi direct injeksi. Dengan cc ini didukung teknologi injeksi, konsumsi bahan bakar pasti lebih irit. Apalagi kalau kebutuhan mengendaran hanya untuk transportasi harian sewajarnya, tidak untuk ngebut.

Mesin juga juga mesti ramah lingkungan. Artinya, terbukti sudah lolos uji standart Emisi Euro 2 atau bahkan Euro 4.

Mendukung teknologi ramah lingkungan ini, mobil mempunyai teknologi ECO ASISST yang akan memberikan petunjuk penghematan bahan bakar secara otomatis.

TRANSMISI CVT (OTOMATIS/MATIC)

Mobil mempunyai transmisi otomatis (CVT/matic). Menurut saya, teknologi transmisi otomatis lebih mudah dioperasikan daripada manual.

Keuntungan lain bagi pengendara, tangan dan kaki tidak mudah capek dan tetap nyaman dalam keadaan jalanan macet atau saat menempuh perjalanan jarak jauh karena kaki tidak perlu menginjak pedal kopling seperti halnya transmisi manual.

SISTEM KESELAMATAN MAKSIMAL

Selain Air Bag disetiap seatnya, teknologi mobil impian saya mempunyai fitur :

  • HILL START ASSIST atau yang sejenisnya. Teknologi ini penting karena membantu tidak mundur kebelakang ketika mobil mulai untuk menanjak saat berhenti;
  • ACTIVE ENGINE BRAKING CVT atau dengan istilah yang lain yang membantu pengereman pada mesin yang akan memperlambat laju mobil dengan halus (Smooth);
  • PARKING SENSOR dengan AROUND VIEW MONITOR dilengkapi dengan kamera yang bisa memantau keadaan sekitar 360° sehingga memudahkan untuk parkir di area yang sempit sekalipun tanpa harus kawatir terentur.

DASHBORAD LAPANG BERTEKNOLOGI

Dashboard lapang dilengkapi dengan berbagai teknologi layar sentuh dan wireless untuk entertainment (audio & video), smartphone &, telephone communication, Handfree telephone switch, audio steering switch, parkin monitor control dan lain sebagainya.

BODY COMPACT DENGAN VALUABLE UTILITIES

Bukan full sedan tetapi hatchback dengan body stylist dan compact yang mendukung fashion dan gaya hidup. Ground clearance rendah tetapi mempunyai atap yang cukup tinggi.

Mencakup body mobil adalah tersedianya berbagai fitur-fitur fungsional tambahan untuk tempat pernak-pernik perempuan seperti door pocket, mirror dan sebagainya.

Tak ketiggalan juga adalah bagasi yang longgar untuk berbagai barang-barang keperluan.

Bukan promosi maupun iklan. Walaupun tidak secara eksplisit dikhususkan untuk kaum perempuan namun teknologi mobil impian saya dan mengerti apa yang dibutuhkan perempuan itu sudah diterapkan dibeberapa mobil keluaran terbaru, salah satunya adalah Honda Civic Hatchback Turbo.

Teknologi Mobil Impian

Bila kamu tidak percaya dan ingin membuktikan sendiri, datang saja ke GAIKINDO INDONESIA INTERNASIONAL AUTO SHOW (GIIAS), pameran mobil terbesar dan termegah di Indonesia yang akan dilaksanakan pada 10-20 Agustus 2017 di Indonesia Convention Center (ICC) - Bumi Serpong Damai, Tangerang Banten.

Event pameran mobil internasional ke-25 ini rencananya diikuti 32 produsen mobil  populer dunia dengan teknologi terbaru dan tercanggih.

Cari tahu di sini, apakah salah satunya adalah impian kamu ?

Day(s)

:

Hour(s)

:

Minute(s)

:

Second(s)

Grafis 2D & 3D by www.jengyuni.com

1238total visits,3visits today