preloder
tagline

Pertumbuhan Internet di Indonesia menunjukan indikasi kenaikan dari tahun ke tahun. MGDs memprediksikan bahwa hingga akhir tahun 2014 pengguna internet di Indonesia mencapai 107 juta atau 44% dari total populasi penduduk 244,567,355 jiwa dan akan terus tumbuh sampai tahun 2015 hingga mencapai 139 juta pengguna.
Pertumbuhan pengguna internet ini mengakibatkan suburnya bisnis media online berupa informasi maupun e-commerce. Jumlah penduduk Indonesia yang merupakan terbesar kelima di dunia setelah AS, dipandang juga sebagai pangsa pasar investasi yang menggairahkan untuk bisnis ini. Apalagi gaya hidup masyarakat Indonesia yang cenderung hedonis dimana kepuasaan menjadi orientasi utama.
Ketika internet dan gadget sudah sedemikian akrab dengan masyarakat, maka sejak itulah masyarakat menjadi bagian dari kampung besar dunia dimana limitasi geografis sudah semakin samar. Masyarakat akan sedemikian rupa “menggantungkan” hidupnya pada internet dan periperalnya. Akhirnya, kebutuhan akan informasi yang update sangat penting.
Patut mendapat apresiasi tinggi atas hadirnya suara.com yang ikut meramaikan binis media online dalam hutan belantara intenet yang tidak lagi bisa dipetakan ini. Setidaknya dengan hadinya suara.com dalam naungan PT. Mata Media Nusantara, memperkaya khasanah berita online bagi Indonesia. Welcome To The Junggle !
Menarik sekali ketika saya mencoba menikmati sajian yang dihidangkan, sebagai seorang pembaca, saya mempunyai kesan positif pada suara.com. Paling tidak menyangkut dua pointer berikut yang saya anggap penting :
Masuk ke halaman utama suara.com, pengunjung disuguhi isi website yang “eye catching” di dominasi warna cerah yang merupakan ciri khas portal berita kebanyakan. Suara.com sepertinya tidak memfokuskan pada sebuah kajian berita tertentu secara spesifik, maka kanal-kanal yang disajikan pun bersifat general, tidak jauh berbeda dengan portal-portal berita lain pada umumnya.
Walaupun demikian, penyajian konten nyambung dengan pembaca. Artinya, pembaca tidak disuguhi dengan bahasa yang rumit seperti kerumitan bahasa di media cetak. Setiap berita disampaikan secara padat tidak lebih dari 300 kata. Hal ini memberikan keuntungan bagi pembaca untuk mencerna dan menelaah isi berita dengan cepat, kemudian pindah ke berita terkait atau kanal lainnya secara nyaman.
Kecepatan akses menjadi sangat penting untuk sebuah portal media online. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat menentukan, apakah pembaca merasa nyaman bila mengaksesnya atau tidak. Open page dengan tool pingdom, menunjukan bahwa kecepatan akses lumayan cepat, baik itu melalui gadget (blackberry) maupun laptop. Suara.com mendaptkan score 94 dari 100 poin.
Saya memahami bahwa nilai ini tidaklah absolut karena tergantung pada banyak faktor termasuk kondisi jaringan pada saat saya melakukan pengujian dan juga keterbatasan pengetahuan pemilihan alat uji dan cara pengujian yang benar..

Website speed test


Terlepas dari dua pointer di atas, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian redaksi. Pendapat ini sangat subyektif  dan mungkin berbeda dengan maksud dan tujuan sebenarnya suara.com ini didirikan. Beberapa hal tersebut adalah :   
Mengingat portal berita cenderung dijadikan rujukan / referensi kebanyakan pembaca, maka perlu rasanya membuat kanal khusus berupa OPINI atau ANALISA hasil pikir para ahli dalam berbagai disiplin keilmuan. Hal ini perlu karena biasanya menyajikan ulasan khas dan mendalam. Para ahli tersebut dirujuk langsung oleh redaksi suara.com. Ini berbeda dengan kanal YOUR SAY yang hanya berisi berita reportase bukan analisis;
Jujur saja saya tidak terlalu familiar dengan bahasa ini. Barangkali maksud dari redaksi adalah untuk membedakan dengan porta lain dari segi pemakaian istilah dimana portal lain sudah menggunakan kata Forum, Komunitas, dan lain-lain.
Kalau toh pun harus sama, saya pikir tidak akan menjadi persoalan karena pembaca akan menilai dari segi manfaat dan isi konten;  
Istilah ini memang umum dipakai oleh banyak portal berita, akan tetapi menurut saya pemakaian kata TEKNO mempunyai pengertian yang sempit bila dibandingkan dengan istilah INOVASI atau SAINS yang lebih luas cakupannya. Kemudian baru dibuatkan sub kanal sesuai kebutuhan, seperti Gadget, Teknologi, Software, dll;
(Sejak kapan Gangnam Style masuk berita teknologi ? sepertinya hanya si suara.com :))
Walaupun nampak sepele, widget ini sangat penting bagi sebagian orang yang menginginkan berita terbaru langsung terkirim ke alamat email secara pribadi.
Untuk mulai tracing berita di suara.com bisa saja pembaca melakukan pengetikan langsung di url bar, tetapi akan sangat membatu pembaca bila redaksi melengkapinya dengan fasilitas download aplikasi suara.com, baik untuk Blackberry, Andaroid, Windows Phone dan Iphone;
Perlu menciptakan komunitas / member pembaca dengan memberikan fasilitas login baik dengan menautkan akun facebook, twitter atau by email. Selanjutnya login ini sangat berguna untuk memberikan rating berita, komentar atau bahkan mini site yang bisa dikelola sendiri oleh member.
Ketika pembaca masuk kedalam halaman berita, muncul 2 (dua) share sosial media yang sama. Ini menjadi mengganggu karena muncul di atas dan di bawah postingan. Alangkah baiknya kalau hanya memakai satu buah saja. 
suaradotcom
Agar pembaca menikmati posting berita dengan nyaman, perlu dipikirkan kembali penempatan widget like facebook dan follow twitter. Tidak terlalu banyak, cukup satu buah yang ditempatkan di area footer atau header kanan atas maupun sidebar, BUKAN dibawah postingan berita karena tidak berfungsi sebagai pemberi rating berita atau share sosial media.

suaradotcom
Pengujian responsive dengan mengunakan handphone android Smartfren Andromax-I, masih ada bug karena muncul notifikasi error dan tidak bisa dibuka sama sekali dengan gadget ber OS android.

error

Interface sangat bagus, akan tetapi bila di akses melalui gadget, blackbery misalnya, pembatasan jumlah tampilan postingan dirasa terlalu banyak. Walaupun terlihat tombol back to top, tetapi tidak nyaman bagi pembaca. Akan lebih menarik bila membatasi jumlah tampilannya kemudian menambah kanal-kanal dan tag berita/trending news di footer agar pembaca tidak perlu scroll up kembali.
suaradotcom
Tag berita sangat bermanfaat sebagai teaser bagi pembaca untuk memilih berita yang menjadi treding topik terbaru atau sesuai dengan interest masing-masing. Suara.com memang sudah memiliki ini akan tetapi baru akan muncul bila pembaca masuk ke dalam posting berita. Apakah ini menjadi strategi dari redaksi ? Semoga tidak.
suaradotcom
Setelah melihat secara keseluruhan baik dari interface, performance, Responsivebilitas dan kecerdasan dalam mengemas berita, saya berkeyakinan bahwa suara.com mampu bertarung dengan portal-portal berita online lainya yang sudah ada sebelumnya. 
Kalau toh ada kekurangan beberapa hal di sana-sini, itu hal wajar mengingat suara.com masih dalam format beta dan tentu saja akan mengalami perubahan-perubahan sesuai dengan perjalanan waktu. 
TAG LINE

—-oo0oo—-

Warga Sleman Bubarkan Ibadah di Rumah Pendeta Niko http://t.co/I2tLEDCdJp @ismuaza @purnomoview @AmiTriana > guys ini dekat dengan Rumahku
— yuni_andriyani (@yuni_andriyani2) June 1, 2014

—-oo0oo—-

Bacaan :
a. Suara.com
b. apjii.or.id