preloder

RAHASIA SEHAT & AKTIF
WANITA 71 TAHUN

rahasia sehat

BU YUSRIATIN

Salah satu wanita hebat Indonesia yang tetap aktif di usia tua

S ehat dan tetap aktif !  Ah, Mungkin itu kata yang pas untuk menggambarkan sosok wanita berumur 71 tahun ini.

Bu Yus, begitu tetangga kanan-kiri memanggilnya. Ya, nama panjang wanita yang telah memiliki 8 orang cucu ini adalah  Yusriatin.

Usia boleh saja telah lanjut, namun bagi wanita pensiunan guru SD yang tinggal di Kaligangsa Brebes ini tak lantas menghalanginya untuk tetap aktif setiap hari.  

Buktinya, ketika orang-orang seusianya sudah kepayahan beraktfitas, Bu Yusriatin masih melakukan banyak hal sendiri. Semangatnya masih tak mau kalah dengan yang muda-muda.

Dalam pandangan saya, beliau adalah salah satu dari sedikit orang yang diberi kesehatan dan umur panjang, mendekati angka harapan hidup rata-rata orang Indonesia tahun 2018 ini yakni 74,71 tahun.

Sebenarnya apa rahasia sehat dan panjang umur Bu Yusriatin ini ?

RAHASIA

Sehat

ilustrasi1
Banyak orang bertanya apa rahasia sehat & panjang umur Bu Yus.

B ukan hanya sekali dua kali orang bertanya kepada Bu Yusriatin. Sayang sekali beliau tak sekalipun mampu menjawabnya.

Rahasia nopo nggih. Lha wong, kulo puniko mboten gadah rahasia, Je. (Rahasia apa ya. Lha wong saya tidak punya rahasia, je.” Selalu begitu jawaban Bu Yus.

Bu Yus mungkin tidak bermaksud menutup-nutupi.

Bisa jadi beliau memang tidak punya rahasia, atau sekedar jawaban yang cukup ilmiah tentang hidup sehat dan panjang umur yang dianugerahkan padanya.

Namun tanpa disadari oleh beliau sendiri, besar kemungkinan bahwa beberapa hal ini yang menjadikan beliau sehat dan tetap aktif walaupun usia sudah lanjut.

Apa itu ?

Pertama, Bu Yus itu kalau memulai aktifitas pasti sebelum matahari terbit. Semuanya diawali dari sholat subuh berjamaah di masjid yang berjarak 150 meter dari rumah.

Aktifitas juga sewajarnya saja, tidak ngoyo (memaksakan diri), cukup istirahat dan tidur tak pernah larut malam.

Kedua, Beliau orangnya ikhlas banget, selalu perfikir positif, ‘gak pernah marah, membenci atau menyakiti orang lain baik dengan perilaku maupun perkataannya.

Ketiga, Bu Yustriatin sangat menyukai aktifitas-aktifitas fisik yang menghasilkan keringat.

Tiap pagi selalu jalan kaki mengelilingi komplek perumahan sebelum beberes rumah dan merawat tanaman apotek hidup kesayangannya.

Keempat, Tentang makanan, beliau memang gak banyak pantangan namun selalu menghindari junk food, lebih banyak makan sayur dan buah-buahan.

Kelima, Bu Yus rajin mengonsumsi minuman herbal. Menurut beliau minuman herbal sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh (antioksidan), memelihara fungsi organ-organ vital dan mencegah penuaan dini.

Tapi, beliau membuat sendiri menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat seperti jahe, kunyit, asam, suruh merah dan lain sebagainya.

Nah, salah satu favorit beliau adalah wedang temulawak yang kadang ditambahi jeruk nipis.

utik 1
utik 2
utik 3
utik 4
Utik 5
KEAJAIB AN

Temulawak

Temulawak

Sebenarnya rutinitas dan aktifitas beliau itu tidak sulit untuk dilakukan oleh siapapun. Bener gak sih ?

Sayang sekali ya generasi sekarang banyak yang lebih seneng pantatnya lengket dengan kursi. Apalagi kalau sudah pegang gadget, seringnya malah lupa diri. Contohnya anak lelaki saya.

Bukannya langsung beraktifitas, bangun tidur untuk sholah subuh habis itu malah tidur lagi. Trus, disuruh makan makanan yang sehat saja eh, milihnya malah junk food. 

Apa lagi kalau disuruh “njamu” dengan minum-minuman sehat alami semacam temulawak dan sejenisnya seperti yang dilakukan oleh Bu Yus. Nyuruhnya sampai berkali-kali. Hadeeh…

Padahal temulawak (Curcuma zanthorrhiza) mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan yang dipercaya sejak dulu kala.

Banyak fakta yang membuktikan bahwa zat-zat “ajaib” yang terkadung di dalamnya mampu menambah daya tahan tubuh bahkan menyembuhkan beberapa penyakit berbahaya bila dikonsumsi secara rutin dan dengan proporsi yang tepat.

Apa sih zat-zat ajaib temulawak yang bermanfaat bagi tubuh kita, ini dia…

yourimagealt
Zar-zat Ajaib Temulawak
BEDA GENERASI

Beda Cara

Dalam banyak hal, saya memang sangat mengidolakan Bu Yus dan belajar banyak tentang hidup kepada beliau. Terutama pada semangat beliau untuk hidup sehat dengan cara alami.  

Jujur, sebenarnya saya mengenal manfaat temulawak bagi kesehatan salah satunya juga dari beliau. Namun, satu yang membedakan dengan beliau adalah pada caranya.

Ya, lain dengan Bu Yus lain pula cara saya dalam mendapat manfaat temulawak.

Saya sih bisa memahami bila generasi seumuran beliau sudah umum mendapatkan khasiat alami temulawak dengan cara merebus dan menya-ringnya sendiri.

Namun bagi saya, cara seperti itu ribet dan tidak efesien. Jujur, selain enggak setelaten bu Yus, saya juga enggak cukup waktu untuk itu.

Bukan sok sibuk. Tapi aktifitas harian saya yang sedang menjalankan bisnis kecil-kecilan selain menggeluti dunia blogging dan desain, sudah sangat menyita waktu.

Apalagi saat ini saya juga baru saja mendapat “hadiah” lagi yakni anak ketiga saya yang baru berumur 6 bulan.

Bisa dibayangkan betapa hari-hari menjadi sangat sibuk dari bangun tidur hingga tidur lagi.   

Jadi, saya lebih seneng mendapatkan segala manfaat alami temulawak secara praktis.

Beruntunglah saya, bahwa kepraktisan itu bisa saya dapatkan dari Herbadrink Sari Temulawak. Tinggal seduh, minum dan selesai. Praktis !

Selain praktis, Herbadrink Sari Temulawak malah mengadung Curcuma Xanthoriizha Rhizoma (CXR) 2.2 g dalam setiap sachetnya.

Artinya, minum satu sachet saja sama dengan mengkonsumsi 800 mg rimpang Temulawak.

Saya pikir jumlah itu cukup bagi saya untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak cepet capek dengan aktifitas harian saya.

Lebih dari itu, manfaat alami Herbadrink juga membantu saya memelihara kesehatan hati, menjaga fungsi ginjal, mengurangi radang sendi, menurunkan kadar lemak darah dan yang penting adalah menjaga fungsi lambung.

Jujur saya akui kalau saya terkadang juga telat makan kalau pas lagi sibuk-sibuknya. Padahal dulu saya ada bibit-bibit maag.

Tetapi anehnya setahun belakangan ini rasa perih di lambung gak muncul lagi. Besar kemungkinan karena zat kurkumin dari ekstrak temulawak Herbadrink yang mengendalikan maag saya.

Yang lebih penting lagi nih, Herbadrink Sari Temulawak itu terbuat dari bahan yang benar-benar alami, tanpa bahan pengawet, tanpa ampas, higenis, tanpa gula, serta tanpa efek samping. Jadi, sangat aman bila saya konsumsi setiap hari terutama saat menjelang tidur.

Hampir 1,5 tahun loh saya setia dengan yang Sari Temulawak. Walaupun dengan manfaat yang berbeda, Herbadrink juga tersedia dalam varian Sari Jahe,  Lidah Buaya, kunyit asam, wedang uwuh dan lain sebagainya.

Tapi intinya, untuk mendapatkan manfaat dan kebaikan alami temulawak, cara saya jauh lebih praktis ketimbang cara Bu Yus yang harus merebus dan menyaringnya dulu. Bener ‘gak sih ?

herbadrink
herbadrink
herbadrink
herbadrink
player

SIAPA SIH

Bu Yus ?

Ya, Bu Yusriatin itu adalah orang tua saya satu-satunya yang masih hidup. Wanita sederhana yang selalu saya rindukan dan saya nantikan  do’a dan restunya. Semoga Allah melimpahkan kesehatan dan kebahagiaan kepada beliau. Aamiin Ya Robbal Alamin.
rahasia sehat
paper torn

Jengyuni.com adalah personal website yang dibangun dari “ketidaktahuan” dan “keterlambatan” memasuki dunia digital. Di saat orang-orang sudah membuat startup yang menghasilan dollar bertumpuk-tumpuk,
jengyuni masih asik soscmed-an dan malah hanya membaca keberhasilan orang lain di portal-portal berita
melalui layar smartphone yang besarnya tak lebih dari 5 inc.