preloder
mimpi

Dua malam lalu, saya bermimpi di gigit ular kecil. Rasanya seperti sungguhan hingga menjerit-jerit ketakutan dalam mimpi tersebut. Sebenarnya saya sedikit sensitif dengan mimpi. Beberapa kejadian yang saya alami ‘sepertinya’ diisyaratkan lewat mimpi sebelumnya.

Empat puluh hari sebelum meninggalnya ayah, saya bermimpi mendapati seekor burung mati didepan pintu rumah. Mimpi itu berulang hingga tiga kali. Kalau toh itu benar sebagai isyarat tertentu dari Tuhan, karena saya takut salah memaknai mimpi tersebut yang ujungnya malah mengakibatkan meyakini hal yang salah, maka saya tidak berhasrat untuk mencari makna kesana kemari tentang mimipi-mimpi tersebut.

Bagaimana Anda Memaknai Mimpi ?
Mimpi adalah pengalaman unik yang di alami manusia dalam alam bawah sadarnya. Sebagian orang memandang bahwa mimpi sekedar bunga tidur yang erat kaitannya dengan keadaan psikologis seseorang. Oleh karenanya tidak telalu pusing dengan mimpi-mimpi dalam tidurnya. Ada juga yang menganggap bahwa mimpi merupakan isyarat penggambaran buruk dan baik sehingga banyak orang gundah dan segera mencari tahu arti mimpi yang dialaminya. Anda masuk kategori yang mana ?

Mimpi itu sesuatu hal yang ghaib, jadi tidak semua mimpi mengandung kebenaran dan tidak semua mimpi bisa ditafsirkan. Kalau toh bisa ditafsirkan, maka hanya orang-orang tertentu yang dapat menafsirkan yakni orang-orang shalih yang telah dibukakan hijab keimanannya kepada Tuhan.

Oleh karena itu, menurut saya akan sangat aneh bila harus mencari makna mimpi berdasar almak, primbon atau buku-buku tafsir mimpi yang dijual bebas di toko-toko buku atau browsing internet. Saya mempunyai keyakinan bahwa tidak ada satupun yang menjamin tafsir tersebut 100% benar.

Contoh Perbandingan Tafsir
Coba perhatikan berkaitan dengan mimpi saya yang digigit ular diatas. Saya membandingkan dari dua sumber tafsir yang berbeda.

Penafsiran 1
Jika anda seorang jejakan atau seorang gadis bermimpi melihat atau dipagut (digigit) ular, bermakna akan segera mendapatkan pasangan atau jodoh. Dan bila anda telah menikah bermimpi demikian, bermakna akan memperoleh kemakmuran hidup. Mimpi melihat ular kecil dengan tiba-tiba berubah menjadi naga, bermakna akan ada orang besar yang menolong anda.

Melihat ular berwarna-warni, bersirat kebahagiaan segera terbayang pada anda. Mimpi melihat ular yang banyak sekali, bermakna akan panjang umur. Mimpi dikelilingi banyak ular, bermakna firasat akan banyak orang yang memusuhi anda.

Penafsiran 2
Bermimpi melihat atau disembur ular. Artinya, akan mendapatkan jodoh (bagi yang lajang) atau disukai lawan jenis.
Bermimpi dipagut atau digigit ular. Artinya, akan disakiti orang.
Bermimpi melihat ular banyak. Artinya, akan panjang umur.
Bermimpi dikelilingi ular banyak. Artinya, akan ada banyak orang yang memusuhi

Bisa jadi bila membandingkan sumber-sumber tafsir mimpi yang lain akan menemui makna yang lain pula. Pertanyaannya, bisakah memberikan gambaran kebenaran?

Mempercayai tafsir mimpi berarti membiarkan diri kita jatuh pada pemahaman yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Bisa-bisa membuat kita bertambah kalut karena bunyi tafsirnya buruk. Atau termakan harapan hampa karena bunyi tafsir indah akan tetapi tidak terjadi dikemudian hari.

 

paper torn

Jengyuni.com adalah personal website yang dibangun dari “ketidaktahuan” dan “keterlambatan” memasuki dunia digital. Di saat orang-orang sudah membuat startup yang menghasilan dollar bertumpuk-tumpuk,
jengyuni masih asik soscmed-an dan malah hanya membaca keberhasilan orang lain di portal-portal berita
melalui layar smartphone yang besarnya tak lebih dari 5 inc.