preloder

SAMPEYAN MASUK KATEGORI BLOGGER YANG MANA?

Ngeblog memang asik.

Ngeblog merupakan aktifitas yang bersentuhan langsung dengan dunia internet. Aktifitas ini semakin banyak diminati orang. Setiap hari muncul blogger-blogger baru dengan berbagai interest dan semakin meramaikan dunia perbloggeran.

Atmosfere ini kemudian mendukung terbentuknya paguyuban atau komunitas -komunitas blogger baik yang bersifat inklusif yakni menampung semua entitas blogger tanpa mempertimbangkan asal, minat, gender dan sebagainya maupun yang bersifat ekslusif yang biasanya berdasarkan primordialisme (kedaerahan), gender dan minat secara sepesifik.

Ngeblog

Blogger yang awalnya indentik bagi mereka yang menggunakan platform blogspot besutan pyra labs sebelum dibeli oleh Google tahun 2003, kini berkembang lintas platform. Istilah blogger menjadi umum bagi mereka yang gemar mempublikasikan karya-karya tulisan melalui platform apapun.

Entah berapa jumlah blogger di dunia sekarang ini. Data lama yang saya ketahui menurut wpvistuoso.com, tahun 2013 jumlahnya mencapai 152 juta orang. Beberapa sumber lain bahkan menyebutkan sudah mencapai angka 173 juta orang pada tahun 2011. Data yang terakhir dirilis oleh statistica.com.

Di Indonesia sendiri jumlah blogger setidaknya mencapai 88.1 juta orang atau 3,5% pengguna internet di Indonesia. Blogger Indonesia mempunyai sisi unik bila dikelompok. Dalam pandangan saya, bila berdasarkan minat maka blogger-blogger tersebut dapat dipilah menjadi empat entitas besar, yakni :

Ngeblog

SHARING ORIENTED BLOGGER

Blogger yang masuk kedalam entitas ini menjadikan blog dan ngeblog sebagai catatan virtual untuk menampung ide-ide, pemikiran, opini dan pengalaman personal.

Umumnya entitas blogger ini tidak punya tendensi apapun selain semangat berbagi (sharing) dengan harapan bisa bermanfaat bagi orang lain. Oleh sebab itu kebanyakan kontennya unik, orisinal dan dengan bahasa “keakuan”.

Persetan dengan popularitas, penghasilan pasif internet, jadi endorse dan lain sebagainya, begitu prinsipnya. Yang masuk kategori ini biasanya blogger-blogger baru atau blogger kawakan yang punya idealisme tertentu yang jumlahnya sedikit.

BUSSINESS ORIENTED BLOGGER

Entitas blogger yang kedua ini, ngeblog didorong oleh mativasi bisnis. Tujuan utamanya pasti pemasukan finansial baik dari iklan maupun sebagai endorse produk tertentu yang membutuhkan publikasi berupa review.

Perkembangan lebih lanjut, banyak di antaranya ‘sukses’ dari prestasinya menjual blog yang telah dioptimasi dengan traffict tinggi. Angka rupiahnya lumayan untuk mentraktir mie ayam atau bakso orang sekampung.

Banyak juga blogger yang masuk kategori entitas ini. Bisa jadi karena sudah lama ada andagium bahwa internet itu ‘ladang uang’ yang tidak pernah habis.

Ngeblog
Ngeblog

MIXED BLOGGER

Entitas blogger yang ketiga merupakan gabungan dari blogger Sharing Oriented dan Business Oriented. Entitas ini dihuni oleh blogger-blogger keren dan super duper kreatif dengan banyak prestasi.

Mereka mempunyai pengetahuan tentang blogging dari segi teknik maupun konten maka tak heran mereka mampu mengaktualisasikan menjadi karya buku, script film dan lain sebagainya. Selain itu, mereka juga sering didaulat menjadi nara sumber seminar tentang blogging di Indonesia Raya.

Bayak yang bilang, bahwa dalam entitas inilah berdomisili blogger-blogger dengan predikat “Blogger Celeb”. Mereka terkenal seperti halnya artis sinetron yang kemana-mana banyak orang minta foto bareng dan tanda tangan.

CONTEST ORIENTED BLOGGER

Entitas terakhir adalah blogger yang ngeblog sebagai ajang uji nyali dan berkompetisi. Saya menyebutnya sebagai “BLOGGER RENEGADE” alias “Pemburu Hadiah”. Istilah ini saya ambil dari film serial yang dibintangi oleh Lorenzo Lamas jaman saya kecil dengan judul sama yakni “Renegade”.

Blogger Renegade ini para blogger-blogger petaruh, menyukai tantangan, suka begadang malam-malam serta hidup berdampingan dengan “DEADLINE”. Keunikan dari entitas blogger Renegade ini adalah update blog hanya terjadi bila mengikuti kontes atau lomba blog.

Di Indonesia blogger renegade jumlahnya ribuan. Dalam perkembangnya entitas blogger kedua dan ketiga kadang juga ‘menyamar’ menjadi blogger renegade ini.

Ngeblog

Sebagai catatan, pengelompokan ini hanya menurut pandangan blogger pas-pasan gak kreatif babar blas seperti saya. Pengelompokan yang absurb karena tidak didasari data statistik yang valid dan infografis yang ciamik. Anggap saja ini sebagai pengamatan personal saya saja. Oleh sebab itu disclaimernya adalah, akan lebih baik kalau sampeyan tidak mempercayai pengelompokan ini daripada percaya tetapi akhirnya membuat sampeyan merana. Maaf, saya tidak menanggung akibatnya.

Sampeyan juga jangan bertanya saya itu masuk kategori yang mana, atau malah memasukan saya dalam kategori keempat. Kalau hal ini sampeyan lakukan, berarti sampeyan telah melakukan fitnah (yang benar).

Setelah nulis ngalor-ngidul, intinya saya hanya mau mengatakan bahwa apapun status kita di dunia perbloggingan, ini tidak akan menjadi pertanyaan munkar dan nakir di alam kubur nanti. Jadi untuk apa dipikirin. Sing penting nulis wae, sing penting ngeblog wae. Titik.

Bersambung….(kalau sempat)

paper torn

Jengyuni.com adalah personal website yang dibangun dari “ketidaktahuan” dan “keterlambatan” memasuki dunia digital. Di saat orang-orang sudah membuat startup yang menghasilan dollar bertumpuk-tumpuk,
jengyuni masih asik soscmed-an dan malah hanya membaca keberhasilan orang lain di portal-portal berita
melalui layar smartphone yang besarnya tak lebih dari 5 inc.