preloder
BARANG BEKAS YANG INGIN KUBELI
MY PRELO LOVELIST
MY ADVENTURE
ARTIKEL INI DILENGKAPI DENGAN VIDEO, ANIMASI & GRAFIS HIGH DEFINITION YANG HANYA MUNCUL UNTUK VERSI DESKTOP.
Barang Bekas

MY PRELO LOVELIST, MY ADVENTURE

Barang bekas atau second, dulu dianggap tidak berharga. Sewaktu kecil ada mitos di kampung saya, bahwa menjual barang-barang bekas “tidak pantas” karena akan mendatangkan bala’ atau pamali’. Barang bekas hanya boleh disumbangkan atau “dibarter” dengan barang lain.

Tak heran banyak “pembarter” keliling kampung setiap hari sambil membawa kerupuk warna-warni yang digoreng dengan pasir. Kerupuk itulah yang dijadikan barang barternya.

Di era tahun 80-an, saya masih suka menunggu pembarter lewat depan rumah setiap sore hari. Biasanya mereka membawa dua karung, satu karung berisi kerupuk warna-wani dan satunya lagi untuk barang-barang bekas yang didapat.

Apapun boleh dibarter. Ompreng, wajan bekas, baju bekas, buku-buku bekas, botol-botol bekas dan lain sebagainya sepanjang masih bisa dimanfaatkan dan orangnya mau.

Perlahan-lahan profesi pembarter dengan kerupuk warna-warni pun sudah tak nampak lagi di kampung-kampung. Orang-orang sudah lebih berfikir ekonomis.  Barang-barang bekas miliknya dijual kiloan atau malah dibiarkan begitu saja di gudang.

Wolak-walik ing jaman kata orang-orang, dunia memang cepat berubah. Siapa sih yang menyangka kalau barang-barang bekas yang populernya disebut preloved ini malah menjadi salah satu obyek bisnis online yang mendatangkan untung bergunung-gunung.

Apalagi saat ini jual beli barang-barang preloved tak lagi sulit. Apapun bentuknya barang-barang preloved bisa dijadikan uang. Salah satu anak kandung teknologi informasi yakni social media telah menjadi salah satu tempat melampiaskan hasrat membeli atau menawarkan barang-barang preloved ini.

Begitu pula dengan hadirnya e-commerce dan startup baru yang secara spesifik fokus pada pengembangan marketplace jual beli barang preloved secara online.

Hadirnya marketplace barang-barang preloved ini jelas mempermudah kita menjual barang-barang preloved  yang kita miliki atau mencari barang preloved yang kita sukai.

Artinya, tak akan lagi ada cerita barang-barang bekas dibarter dengan kerupuk warna-warni.

Barang Bekas
JUAL BELI PRELOVED ONLINE,
GAYA HIDUP MILENIAL

JUAL BELI PRELOVE ONLINE
GAYA HIDUP MILENIAL

Munculnya startup-startup baru yang membangun sebuah marketplace yang spesifik bukan tanpa alasan. Menurut saya, bisnis e-commerce di Indonesia memang semakin ‘seksi’.

Negara kita mempunyai resources yang memadai terutama dalam jumlah populasi yang mencapai 256,2 juta jiwa, terbesar keempat dunia. Nah, 51,8 % atau 132,7 juta dari total populasi negara kita, adalah pengguna aktif internet.

Perlahan tetapi pasti, tanpa disadari kita telah memasuki kehidupan milenial, dimana hampir sebagian besar aktifitas sehari-hari ditopang dengan internet.

Bukan hanya sekedar socmed dan update berita, 98,6 % (130,8 juta) dari pengguna internet tersebut menjadikan internet sebagai alat jual beli online dan aktifitas ekonomi lainnya.

Aktifitas jual beli online ini pun tidak lagi dimiliki oleh masyarakat perkotaan tetapi juga pedesaan. Tidak terbatas menawarkan dan membeli barang-barang baru tetapi juga barang bekas (preloved).

saya sendiri pun melakukan aktifitas ini. Bukan untuk gagah-gagahan, sih. Melakukan jual beli online barang baru dan bekas selain mudah dan mengasikkan juga memberikan banyak keuntungan (benefit).

If we can find an easy why choose hard, right ?

Fakta-fakta dari 132,7 juta pengguna internet di Indonesia
  • 130,8 Juta sebagai tempat menawarkan atau mencari barang 98,6%
  • 84,2 Melakukan transaksi online 63,5%
  • 88,2 juta mengunjungi online shop 62%
  • 44,3 juta bisnis personal 34,2%
  • 18,8 juta bertransaksi minimal 1 X dalam sebulan 14,2%
  • 25,8 juta belanja kebutuhan rumah tangga dan pakaian 34,1%
Survey internet APJII, 2016
PRELOVED
IS
RELOVED
APA UNTUNGNYA ?

PRELOVE is RELOVED
APA UNTUNGNYA ?

Barang Bekas
Barang Bekas

KEUNTUNGAN JUAL BARANG PRELOVED

Percayalah, menjual barang-barang preloved mempunyai banyak manfaat, diantaranya :

  • Ruangan dalam rumah akan semakin bersih dan longgar
  • Tidak menjadi sarang tikus
  • Barang tidak cepat rusak
  • Terbebas dari biaya perawatan
  • Menambah pemasukan
  • Bermanfaat bagi orang lain

KEUNTUNGAN BELI BARANG PRELOVED

….dan begini keuntungan bila kita suka membeli barang-barang preloved,

  • Menghemat pengeluaran
  • Bisa mendapatkan barang branded
  • Ada kepuasan batin tersendiri
  • Mendukung gaya hidup Go-Green Recyclle (Daur Ulang), Re-Use (Gunakan Kembali) dan Reduce (Mengurangi sampah)
Barang Bekas
Barang Bekas
Barang Bekas
PRELO

JUAL BELI BARANG BEKAS ONLINE
AMAN & BERKULITAS

JUAL & CARI BARANG BEKAS,
KANAPA GAK PAKAI PRELO SAJA ?

Untuk apa menumpuk barang-barang preloved di rumah. Kalau memang sudah tidak digunakan akan jauh baik kalau dishodaqohkan atau dijual.

Siapa tahu akan bermanfaat bagi orang lain, kan ? Apalagi sekarang sangat mudah untuk jual-beli barang-barang peloved secara online.

Kenapa enggak pakai PRELO saja ?

Prelo adalah startup marketplace jual-beli barang preloved (bekas/second) berkualitas yang dikembangkan oleh anak negeri dari Bandung. Start up ini resmi hadir meramaikan pasar e-commerce di Indonesia pada awal tahun 2016 lalu.

Mungkin kamu bertanya-tanya, lalu apa bedanya Prelo dengan marketplace jual beli barang-barang bekas yang sudah hadir lebih dulu ?

Prelo itu marketplace dengan karakter yang unik. Ada banyak diferensiasi dan keunikan yang dimiliki Prelo dibanding dengan marketplace jual beli barang-barang bekas lainnya. Begini keunikan dan diferensiasinya,

Barang Bekas

Fokus Pada Aplikasi Smartphone

Prelo lebih fokus pada marketplace jual beli online berbasis aplikasi smartphone. Dengan basic ini kita bisa menjual dan membeli kapanpun juga tanpa harus buka laptop.
Barang Bekas

Tidak Sembarang Barang Bekas

Barang bekas yang ada di PRELO Bukan sekedar barang bekas biasa, barang yang diperjualbelikan adalah yang pernah menjadi favorit pemiliknya, benar-benar preloved dan bukan barang KW.
Barang Bekas
w

Ada Riwayat Barang

Prelo mengajak para seller untuk bercerita mengenai riwayat atau asal usul barang yang dijual, layaknya posting di media sosial sehingga pembeli tahu nilai histori barang tersebut.
Barang Bekas

100% Transaksi Aman

PRELO memberi rasa tenang dan aman karena segala transaksi dijamin aman 100% dengan sistem rekening bersama (rekber).
Barang Bekas
Barang Bekas

Selain empat keunikan diatas, keunikan PRELO lainnya adalah komitmen menjalankan binis e-niaga yang ramah lingkungan (Ekonomi Hijau) berbasis teknologi dan pemberdayaan komunitas dengan memaksimalkan potensi teknologi untuk mengajak masyarakat mempunyai gaya hidup ramah lingkungan.

Komitmen PRELO ini divisualisikan dalam logo yang menyerupai bentuk lingkaran yang diadaptasi dari Universal Recycling Symbol, yaitu simbol yang merepresentasikan inti bisnisnya sebagai suatu e-niaga yang melayani jual beli barang bekas berkualitas.

Lingkaran yang berbentuk anak panah berkelanjutan ini merupakan proses yang tidak henti dari memberi manfaat dan juga menerima keuntungan antara pihak internal Prelo (perusahaan dan karyawan) dengan pihak eksternal (masyarakat, lingkungan, dan ekonomi).

Model marketplace seperti ini masih sangat jarang di Indonesia. Bisa jadi PRELO-lah yang mempeloporinya. Artinya, bukan semata-mata mengedepankan profit bisnis akan tetapi bagaimana bisa bermanfaat bagi komunitas dan masyarakat secara luas. Apalagi PRELO juga menghargai dan melindungi Hak Kekayaan Intelektual.

Barang Bekas
Barang Bekas

“PRELO turut serta melakukan
kampanye 3R (Reduce, Reuse, Recycle)
demi mengurangi kerusakan bumi”

Barang Bekas
NOW WE TALK ABOUT
APA ASIKNYA PAKAI APLIKASI
PRELO
INI ASIKNYA PAKAI PRELO

USER INTERFACE ASIK

PRELO mempunyai interface yang eyecatching dan mengasikan dengan tata letak yang simple dan akses loading yang sangat cepat.

Fitur jual-beli juga lengkap. Ini memudahkan pengguna dalam menjual maupun mencari barang-barang yang akan dibeli hingga transaksi.

App Prelo sangat ringan hanya 39,59 MB yang berarti tidak akan memakan space internal memory smartphone.

JUAL BELI SANGAT MUDAH

Don’t worry be happy. Mau jual barang ataupun membeli, di PRELO sangat mudah. Aplikasi PRELO memang didesign untuk memudahkan pengguna dan tidak mensyaratkan MODERASI MUTLAK, sepanjang tidak melanggar syarat dan ketentuan PRELO.

TRANSAKSI 100% AMAN

Jangan kwatir tertipu, 100% persen gak bakalan karena PRELO menerapkan sistem REKBER (Rekening Bersama) yang dikelola PRELO.

Barang Bekas

ASLI & BERKWALITAS (NO KW)

PRELO itu menjunjung tingga Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) jadi barang-barang preloved yang diperjualbelikan adalah berkualitas dan bukan barang KW. Top, kan ?

BERGARANSI

Di PRELO ada garansi purna jual 3x24 jam. Ini memberikan rasa nyaman kepada pembeli karena jika barang yang dibeli ternyata KW, ada cacat yang tidak diinformasikan dalam deskripsi, maka pembeli boleh komplain dan mengembalikan barang.

Ini juga berlaku bila barang yang dibeli berbeda dengan yang disepakai. PRELO bertanggung jawab mengembalikan uang dalam bentuk Prelo balance. Jangan kwatir, PRELO balance ini  bisa dicairkan kapan saja, kok.

LAYANAN PELANGGAN

Prelo dilengkapi dengan layanan pelanggan yang siap membantu Pengguna dalam berbelanja dan berjualan di Prelo.

Barang Bekas
Barang Bekas
Barang Bekas
Barang Bekas
MY PRELO LOVELIST
MY ADVENTURE
BARANG SECOND YANG INGIN SAYA BELI

MY PRELO LOVELIST
IS MY ADVENTURE
BARANG BEKAS YANG INGIN KUBELI

PRELO LOVELIST itu apaan sih ? Kalau kita sudah teregister sebagai pengguna aplikasi ini, maka kita akan melihat ribuan barang-barang preloved yang terbagi dalam 8 (delapan) kategori yakni Woman, Men, Beauty, Book, Gadget, Hobby, Antique, Baby & Kid dan Home & Living.

Nah, ketika kita tertarik dengan barang yang ada di PRELO dan BERENCANA membelinya, maka kita bisa “menandainya” dengan menekan icon “heart” yang berada di bawah deskripsi barang. Dalam bahasa orang yang lagi kasmaran artinya you love me, i love you, kita love-lovan.

Berapa pun jumlah barang second yang kita tandai akan muncul dalam LOVELIST di profil kita

Apa lovelist saya ?

Saat ini PRELO Lovelist saya hanya ada 2 (dua) barang second. Dua barang second tersebut mempunyai jenis dan merk yang sama tetapi berbeda penjualnya yakni Lensa Canon 70-200 F/4 L Usm second. Salah satu dari dua barang inilah yang ingin saya miliki.

Ah, sudah setengah tahun lama saya memendam rindu dan ingin memiliki Lensa Canon 70-200 F/4 L Usm bekas.

Ini “dampak” hobby baru sayang saya tekuni.

Selain ngeblog, saya juga menggemari fotography. Dunia baru yang menurut saya berwarna, seru dan mengasikkan. Merekam momen-momen spesial atau keindahan alam ciptaan Tuhan adalah cara saya menghayati dan mencintai kehidupan dalam versi yang lain.

Memang, mereka yang sudah expert pasti menyebut saya amatir. Iya betul, saya memang masih amatir karena hobby fotography ini baru saya tekuni setahun terakhir.

Saking amatirnya, mengikuti lomba-lomba fotography pun tidak pernah ada yang nyantol. Ini membuktikan kalau saya amatir dan masih membutuhkan pembelajaran lebih lanjut.

Tetapi mengikuti kompetisi hanyalah sekedar “intermezo” saja, bukan tujuan saya menekuni dunia fotography. Selain itu perlengakapan yang saya miliki pun masih standar dan sederhana.

Saat ini, saya belajar cepret sana-sini menggunakan kamera lama Canon EOS 650 dengan lensa strandar 18-55 mm bawaan kamera. Ini adalah satu-satunya kamera DSLR yang saya miliki.

Sayang sekali, lensa standar hanya untuk jarak pendek. Kalau obyeknya jauh saya harus mendekat dan bila obyeknya terlalu jauh menurut saya hasilnya kurang perfect. Nah itu dia kenapa saya ingin memiliki lensa zoom atau lensa tele ini.

Konon menurut pakar,  kualitas lensa berlabel L (Luxury/mewah) ini sangat baik. Tak heran harga barunya juga enggak main-main, mencapai Rp. 12,9 juta untuk versi termurahnya.

Barang Bekas
Barang Bekas

Tapi saya mesti realistis bahwa harga barunya terlalu mahal bagi saya. Entah berapa lama mengumpulkan uang segitu ditengah kebutuhan rumah tangga yang kian bertambah setiap hari.

Rasa-rasanya terlalu egois kalau saya terlalu menghemat uang belanja harian. Masa iya suami dan anak-anak saya lauknya tempe tahu melulu. Ibu macam apa saya ??? 🙂

Tak ada rotan akar pun jadi, tak bisa beli baru second pun okelah. Yang penting bisa memilikinya, begitu pikir saya.

Berupaya memiliki salah satu barang yang ada di lovelist PRELO saya ibarat sebuah petualangan yang seru bagi saya. Petualangan itu belanjut hingga kini yakni petualangan dalam mengumpulkan uang untuk meminang salah satu diantaranya.
Apa yang saya lakukan ?

JUAL LAPTOP 

Petualangan saya pertama adalah jual laptop Asus. Laptop yang merupakan hadiah sebuah lomba ini dibeli sama saudara. Beruntung saya karena di rumah sudah ada laptop DELL yang saya pakai dan ASUS 15″ yang dipakai anak-anak. Dari jual laptop ini terkumpul uang Rp. 2.500.000.

JUAL LENSA TELE SIGMA

Petualangan kedua adalah menjual lensa tele Sigma 70-300 mm. Lensa ini kurang bagus karena tidak ada fitur Image Stabilizer. Hasil gambar sering kabur (blur) bila obyek terlalu jauh. Beruntung lensa ini laku seharga 650.000. Jadi, total uang yang sudah terkumpul adalah Rp.3.150.000.

JUALAN DI PRELO

Untuk tambah-tambah menutupi kekurangan uang, saya pun berjualan di PRELO. Lapak saya di sini @yuniandriyani. Ada Polaroid Cube Camera, beberapa buku marketing dan uang kuno jaman perjuangan.

Bahagianya saya, Polaroid Cube Camera laku terjual dan dibeli oleh prelover Agus Supraba (@agusupraba) dari Cilacap.

Kalau kamu berminat beberapa barang preloved saya yang lain, pakai kode referral yuniandriyaniqrUvyO ya untuk mendapatkan Referral Bonus Rp 25.000.

barang bekas
Barang Bekas
barang bekas

Rasa-rasanya memang masih banyak kekurangannya karena dari ketiga petualangan ini, Insya Allah, baru terkumpul uang sekitar Rp. 3.350.000.

Bila mengambil harga tertinggi Lensa Canon 70-200 F/4 L Usm second kepunyaan PRELOVER @aribaskoro maka kekurangan uang adalah Rp 1.900.000. Dan kekurangan dananya, andalan saya adalah Doa.

Inilah petualangan saya dalam upaya mempunyai Lensa Canon 70-200 F/4 L Usm bekas dalam lovelist PRELO saya. Petualangan ini pun masih berlanjut hingga saat ini. Target saya adalah akhir Agustus 2017 ini.

Semoga saya masih ada kesempatan memiliki salah satunya. Wish Me Luck !

” Ya Allah. Hamba ini lemah. Tak lebih berat dari bulu yang terhempas angin. Engkaulah yang Maha Kuat dan Maha Memampukan. Mampukanlah hamba memiliki Lensa Canon 70-200 F/4 L Usm dalam sebulan ini, salah satu yang ada di lovelist PRELO hamba. Mudahkanlah usaha hamba yang
lemah ini.” Aamiin.

Aplikasi jual beli barang bekas berkualitas yang dilengkapi dengan fitur-fitur inovatif, sehingga kamu bisa bertransaksi di Prelo dengan aman dan nyaman.

Prelo memberikan kamu garansi keamanan berbelanja dan jaminan uang kembali. Semua yang dijual di Prelo adalah barang-barang bekas atau tak terpakai yang asli alias NO KW.

MILIKI PENGALAMAN MEMBELI & MENJUAL BERSAMA PRELO
DOWNLOAD SEGERA, GRATIS !

Barang Bekas
Barang Bekas
Barang Bekas

Sumber foto: Prelo.co.id, freepik.com | Sumber Video : Prelo.co.id | Infografis 2D & 3D : www.jengyuni.com