preloder

Memaksanakan Berani Berkompetisi | Beberapa hari lalu saya mengikuti lomba design grafis dengan tema Nusantara. Lomba ini diadakan oleh sebuah portal design bekerjasama dengan bank mandiri. Design tersebut [mungkin] untuk kartu e-money Bank Mandiri edisi terbaru. Tahukah anda, bahwa ini adalah pertama kalinya bagi saya. 

Jujur, saya tergoda dengan hadiah yang ditawarkan. Siapa yang tak tergiur mendapatkan hadiah puluhan juta. Karena hadiahnya itulah yang atensi banyak sekali dari seluruh sudut republik ini. Saya akhirnya memaksakan berani mengikutinya lomba tersebut walau dengan kemampan pas pasan. Dulu memang pernah belajar dasar design kepada beberapa teman ketika masih bekerja di Perusda Percetakan di Kota Brebes. Selebihnya adalah otodidak dengan panduan tutorial di youtube.
Sayang sekali saya tidak terlalu memahami sesungguhnya ketentuan panitia atas kalimat “Design Grafis”. Mungkin yang dimaksudkan panitia adalah design berbasic vector yang secara umum dibuat dengan menggunakan aplikasi Corel, Ilustrator dan sejenisnya. Walapun dalam benak saya asalkan tidak berupa hasil jepretan foto dan dibuat dengan menggunakan kreasi aplikasi tertentu maka maka unsur grafisnya sudah memenuhi.

Nah, karena ketidaktahuan itu, maka design yang saya ikutkan lomba saya produce dengan menggunakan aplikasi design 4D keluaran Maxon. Sekalian mempraktekkan tutorial youtube, pikir saya. Dari hasil curi-curi waktu disela aktifitas ngurusi rumah, terciptalah lima design. Sayang sekali tidak ada satupun yang masuk nominasi he..he..he…*Dasar Amatir ya*. Tapi hasil memaksakan mengikuti kompetisi itu sangat seru juga bagi saya karena dapat belajar banyak dari segala sesuatunya. Pengamalan yang sangat berharga bagi seorang amatir seperti saya.

Dari lomba tersebut, panitia telah menentukan para pemenangnya yakni 3 juara utama dan 7 juara harapan. Akan tetapi, kayaknya panitia dan dewan juri kurang teliti [semoga saya salah], bahwa setelah mencermati hasil hasil karya yang diputuskan sebagai juara, saya tergelitik melihat hasil karya Juara 1. [Link 1]

Maaf, bila dilihat dari pencahayaan, materi barong dan background langit, sepertinya itu adalah hasil jepretan kamera bukan karya grafis. Bagian bawahnya saja yang berbentuk vector. Kalau benar pandangan saya, maka Juri telah lupa pada peraturan butir 4 yang menyebutkan  bahwa Karya dalam bentuk desain grafis, bukan materi fotografi; [Link 2]

Ini bukan sebuah gugatan, tetapi hanya mengkritisi saja berdasarkan peraturan yang telah dipublish sebelumnya. Justru hasil karya juara 2 dan lain-lainnya yang menurut saya murni dibuat dengan menggunakan teknik grafis.

Kalau toh pun benar pendapat saya, itu hak prerogatif Juri untuk memutuskan sebagaimana isi butir terakhir dalam peraturan lomba yang mengatakan bahwa keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat Bukan begitu, Teman? – Memaksakan Berani Berkompetisi.

Peta IndonesiaAngkung
Wayang3DMudah dan Praktis