0%
Bersabar ya. Jengyuni lagi nyiapin teh, kopi, dan kacang rebus untukmu.

Memahami Manajemen Risiko dan Kaitannya di Industri Asuransi

Asuransi
Manajemen Risiko

Asuransi sudah sangat identik dengan manajemen risiko. Karena asuransi adalah salah satu cara di dalam manajemen risiko di mana perusahaan asuransi akan menerima pengalihan risiko dari tertanggung baik individu, keluarga maupun badan usaha atau perusahaan.

Manajemen risiko adalah sebuah proses pengelolaan risiko yang mencangkup beberapa tahap. Tahap ini dimulai dari mengidentifikasi risiko, mengukur risiko, dan mengendalikan risiko.

Tujuan penerapan manajemen risiko pada umumnya yaitu agar dapat meminimalisir dan mengelola risiko yang berdampak negatif pada tujuan, visi, dan misi perusahaan, dan yang dapat menimbulkan kerugian serta mengancam kelangsungan kegiatan baik individu dan keluarga. Sehingga, pelaksanaan manajemen risiko menjadi sangat penting dilakukan.

Telah disebutkan bahwa asuransi adalah salah satu cara di dalam manajemen risiko. Dengan memiliki asuransi, maka tertanggung baik individu, keluarga maupun badan usaha atau perusahaan akan dapat meminimalisir risiko kerugian secara finansial dengan menerima jaminan perlindungan berupa dana sesuai manfaat polis asuransi yang dibeli.

Dalam kaitannya dengan asuransi, risiko disebabkan oleh:

Aktivitas Pribadi

Aktivitas Pribadi

Contohnya adalah sakit, kecelakaan, maupun risiko finansial yang disebabkan oleh meninggalnya seseorang.

Aktivitas Bisnis / Usaha

Contohnya adalah kebangkrutan, kehilangan ataupun kerusakan yang diakibatkan oleh berbagai macam hal dari internal hingga eksternal seperti gangguan operasional, kebakaran, bencana alam dan lain sebagainya.

Aktivitas Bisnis

Memahami dan menerapkan manajemen risiko dengan baik, terutama dalam bisnis/usaha, diharapkan akan mampu memberikan kehati-hatian dalam melakukan kegiatan dan berbagai hal yang sekiranya mampu menimbulkan kerugian.

Demi kelancaran kegiatan dan pertumbuhan bisnis, diperlukan pengelolaan risiko agar dapat menentukan solusi yang tepat dimana salah satunya adalah memiliki asuransi bisnis.

Risiko setiap bisnis dan industri biasanya unik dan berbeda-beda. Memilih jenis asuransi yang tepat terhadap risiko bisnis bukanlah hal mudah.

Anda bisa menggunakan jasa broker asuransi dan konsultan risiko yang dapat membantu untuk mengidentifikasi risiko dan memberikan solusinya. Broker asuransi juga akan memberikan jenis asuransi bisnis yang tepat sesuai profil risiko dari beberapa

Marsh Indonesia adalah perusahaan broker asuransi tepercaya yang sudah melayani ribuan perusahaan di Indonesia dan memiliki kerjasama dengan beragam perusahaan asuransi dari banyak sektor industri.

Analisa risiko dan strategi yang dilakukan Marsh Indonesia kepada para kliennya berpusat kepada kebutuhan klien dan profil risiko bisnisnya. Sehingga, solusi dan asuransi bisnis yang disarankan pun menjadi maksimal.

Perusahaan dapat menghemat waktu dan tenaga dalam menentukan asuransi bisnis terbaik, dan bahkan dapat menurunkan total biaya risiko perusahaan.

Marsh Indonesia
Player
Spread the love

MOHON SHODAQOH

Agar kakak kandung saya " EVI YUSDIATI" (Penjual Nasi Ponggol di Brebes) bisa mewujudkan harapannya untuk umroh bersama ALLIANZ.

Semoga Allah SWT menjadikan shodaqoh anda sebagai pemberat timbangan amal ibadah di padang mahsyar kelak. Jaza-Kamallah Khairan Katsiiraa.

VOTE

Kisah BeliauVote