preloder
docar

Pernah gak sih sampeyan pusing gara-gara urusan cari mencari mobil rental? Mondar-mandir kesana-kemari, Telpon sana-sini, tetap saja enggak dapat-dapat. Begitu dapat, eh..malah kemahalan bahkan mobilnya tidak sesuai dengan harapan. Kecewa, kan? [KLIK ILUSTRASINYA DISINI]

Percaya deh sama saya, kalau ini pernah terjadi atau malah sering terjadi, salah satu penyebabnya karena sampeyan masih menggunakan cara-cara lama.

Kalau dihitung-hitung cara lama tersebut malah berat di ongkos, selain boros pulsa juga tidak efesien waktu.

Padahal ada cara yang lebih mudah, cepat dan fleksibel. Hari gini gitu lho, ibarat kata adalah “life is in hand”. Dengan bantuan teknologi, kemudahan hidup itu ada dalam genggaman tangan.
‘Mainkan’ saja smartphone-nya. Sampeyan bisa pilih-pilih mobil rental sesuka hati, ‘gak perlu keluar rumah, dimanapun dan dalam kondisi apapun di jamin 100% terpenuhi.

“Memangnya kalau pakai samartphone bisa lihat mobilnya warna apa gitu, plat nomornya berapa gitu, produksi tahun berapa gitu? It’s impossible-lah kalau tidak datang ke tempat orang yang punya mobil.”

He..he..he…Kebanyakan orang pasti akan berfikir seperti itu. Tentu saja, itu karena belum pakai aplikasi rental mobil online yang asik. Bila sampeyan pakai android, coba download dan install dulu aplikasi rental mobil yang ini, buktikan kata-kata saya.

docar

Iya, aplikasinya bernama DOcar. Unik ya namanya. Tetapi mudah diingat, kan. Memang pronunciation-nya sama dengan ketika kita melafalkan kata Dokar yakni transportasi tradisional yang umum dipakai ditempat-tempat wisata.

Tapi kalau yang ini bukan seperti itu, karena Docar diambil dari kalimat Do your activities with Car (Lakukan Aktifitasmu Dengan Mobil).

Apaan sih DOcar itu? DOcar adalah sebuah sistem e-marketplace usaha sewa mobil online Jogja Solo Semarang yang dijalankan oleh PT. DOcar Indonesia. Sebagai sebuah sistem aplikasi, Docar adalah fasilitator yang mempertemukan para penyedia jasa sewa mobil dengan calon penyewa mobil.

Kalau dibuat ilustrasinya begini nih…

docar
docar
docar

Sampeyan catat ini ya….dibanding dengan aplikasi-aplikasi serupa, DOcar lebih mengasikan. Hal ini disebabkan karena tampilan interface (antarmuka) yang simple dan eye catching sehingga memudahkan dalam mengisi data tujuan, melihat informasi mobil hingga transaksi pembayaran.

Berbayarkah aplikasi ini? Tentu saja tidak lha ya….aplikasi ini gratis..tis dan bisa diunduh di Google Play dengan gadget Android apapun dengan OS 4.0 keatas.

Oh ya, sampeyan ‘gak usah kuwatir bila terjadi error pada saat dijalankan, karena PT. DOcar Rental Indonesia selaku developernya selalu mengupdate secara berkala dan memperbaiki bug-bug yang mungkin masih ada demi kepuasan pengguna.

Sampeyan juga bisa loh membantu kesempurnaan aplikasi DOcar dengan melaporkannya secara online bila masih muncul bug. Secara umum bila sebuah aplikasi Andoid terjadi crash karena bug dan hal lain maka akan langsung muncul notifikasi report, nah itu tuh yang bisa dipakai untuk report error yang terjadi.

Bila sampeyan menggunakan aplikasi DOcar, maka secara otomatis dapat menikmati fitur-fitur menarik yang tidak dimiliki oleh aplikasi-aplikasi lain. Apa fitur-fitur menarik DOcar, setidaknya saya mencatat ada 7 fitur unggulan tersebut. ini dia….

Menggunakan aplikasi DOcar tentu sangat menguntungkan. Ada 4 keuntungan yang akan sampeyan dapatkan. Monggo sampeyan simak keuntungan-keuntungannya berikut ini.

Sewa mobil melalui aplikasi DOcar itu sangat…sangat…sangat….sangat mudah. Pada dasarnya cukup melalui 3 (tiga) langkah saja yakni…

Walaupun demikian, agar lancar jaya proses pilih-pilih mobilnya hingga tahap pembayaran, sampeyan kudu melakukan pendaftaran (registrasi) terlebih dahulu serta melengkapi data diri yang dibutuhkan. Data registrasi ini nanti diperlukan untuk login ke system.

Nah, setelah registrasi berhasil, langsung saja login. Baru sampeyan akan masuk ke homescreen utama. Monggo, sampeyan isi lokasi rental dengan memilih salah satu lokasi yang terdekat dari tempat tinggal anda (Yogyakarta, Solo, Semarang). Setelah itu isi tujuan pemakaian mobil, tanggal mulai dan tanggal selesai pemakaian.

Durasi pemakaian dan kolom fasilitas juga mesti diisi ya, karena itu menentukan jumlah biaya yang nanti sampeyan bayarkan. Setelah itu klik saja tombol [Cari Mobil].

Tunggu sebentar dan……ta..ta…ta… muncul deh daftar puluhan mobil lengkap dengan harga, plat nomor, warna, dan jenis bahan bakarnya. Setelah puas pilih-pilih, klik tombol [Pesan] di mobil yang anda kehendaki.

Selanjutnya sampeyan bisa melihat lebih detail spesifikasi mobil, ulasan-ulasan dan review pengguna sebelumnya. Ini penting loh supaya sampeyan enggak kecewa nantinya. Di halaman itu, sampeyan juga bisa melihat resume tujuan perjalanan dan tentu saja total biayanya.

Setelah merasa OK, langsung saja klik tombol [Pesan Sekarang]. Coba dipahami gambar dibawah ini.

Setelah proses pemilihan mobil selesai, sampeyan akan dibawa ke halaman Detail Reservasi. Isi form dengan baik ya. Dibagian ini juga penting loh, biar pak sopir yang menjemput enggak kesasar. Sampeyan juga boleh isi keterangan tambahan yang pasti akan diperhatikan oleh pemilik rental atau pak sopirnya. Lihat gambar dibawah ya…

Ini adalah bagian akhir dari proses pemesanan mobil yang sampeyan pilih yakni pembayaran. DOcar menyediakan beberapa metode pembayaran yakni melalui transfer bank (BCA, Mandiri, jaringan ATM Bersama, jaringan ATM Prima), kartu kredit (Mastercard, Visa), dan PayPal. Ke depannya, metode pembayaran akan lebih lengkap untuk memudahkan transaksi.

Sampeyan juga boleh bayar dengan sistem DP dulu. Besarnya yakni 25% dari total tagihan pembayaran. Sisa pembayarannya bisa dititipkan kepada driver yang jemput tadi.

Oh ya, kalau bayarnya pakai sistem transfer bank…jangan lupa..sistem DOcar secara otomatis akan mengirimkan kode unik yang akan memudahkan verifikasi pembayaran. Jadi jangan lupa check email ya…..Jelas ‘gak dengan gambar dibawah ini…?

Bagi sampeyan yang penasaran tentang DOcar dan ingin mengetahui lebih lanjut, silahkan untuk mengunjungi official website DOcar