preloder

KONTENT KREATIF

ANTARA BLOGGER,
KONTEN KREATIF DAN
ASUS VIVOBOOK A407

Taking Your Content to The Next Level with ASUS Series & Intel

Kamu blogger ? Toss dulu karena kita sama.
Tetapi, apakah kamu juga penasaran seperti saya dan selalu ingin tahu bagaimana cara membuat konten kreatif itu, apa manfaatnya dan periperal apa yang dibutuhan ?

K onten kreatif. Dalam dunia blogging topik ini memang selalu menarik untuk diulas, again and again, baik lewat tulisan maupun di kelas-kelas diskusi para blogger.

Saya sendiri sangat antusias. Di banyak kesempatan saya juga atensi dalam diskusi-diskusi tersebut.

Ibarat kata itu “Meguru, Golek Ilmu” alias berguru mencari ilmu, begitu kata orang Jawa.

Maklum saja, lha wong ngeblog sudah dua tahun, hingga saat ini saya masih penasaran & masih ‘meraba-raba’, dalam membuat konten kreatif itu.

Dasar saya yang IQ pas-pasan kalee. Otak serasa mendidih bila terbentur rasa penasaran itu. “Entah kapan saya bisa membuatnya dengan baik,” begitu pikiranku.

Walaupun begitu, setiap update artikel saya selalu mencoba dan mencoba terus menjadikan ‘terlihat kreatif’, walaupun sebenarnya saya sendiri enggak yakin. huff..!

KENAPA

“KONTEN KREATIF PENTING”

APA MANFAAT BAGI SAYA ?

Saya memang sangat tertarik dengan konten. Blog atau media apapun tanpa konten yang bagus apalah artinya.

Orang bilang bahwa “Content is The King”. Nah, justru karena konten adalah raja maka konten mesti dibuat kreatif dan informatif. 

Lebih dari itu saya adalah blogger, bukan penulis novel bukan pula wartawan, yang ketiganya jelas-jelas berbeda.

Menurut saya, blogger itu kalau diIbaratkan pemain olah raga adalah olah raga yang ekstrem, penuh dengan kebebasan, tidak formal, lebih hidup dan dalam banyak hal harus berani menulis dengan lantang dan atraktif.

Sayang sekali bahwa sampai saat ini saya memang tidak menemukan definisi dan parameter-parameter yang jelas serta apa saja yang harus dipenuhi agar bisa disebut sebagai konten kreatif.

Akan tetapi saya meyakini bahwa konten kreatif itu sebuah kesatuan holistik bagaimana konten mampu memberi manfaat karena isinya, pun juga memanjakan pembaca dengan elemen-elemen pendukung seperti gambar, infografis, animasi, video dan lain sebagainya.

Karena anotasi di atas, belajar membuat konten kreatif “is a must” bagi saya. Apalagi platfom seperti blogspot dan wordpress sudah sedemikian berkembang dan mendukung sekali para blogger membuat berbagai konten kreatif.

IMAGE

Dokumentasi,
Photo,
Banner, dll

LAYOUT

Font, warna,
tata letak

STORY

Content of view,
diksi, dll

VIDEO

Animasi,
Flash,
Embed
Youtube, dll

INFOGRAFIS

Chart, Table,
Presentasi Online, dll

VISUAL

READIBILITY

BUTUH EFFORT BESAR, TETAPI BIKIN

“KONTEN KREATIF”

ITU

Jujur, saya merasa bahwa membuat konten kreatif itu membutuhkan effort yang besar, proses panjang dan waktu yang cukup. Jelas sangat berbeda dengan pembuatan konten blog standart. Walaupun begitu dalam prosesnya itu selalu seru dan mengasikkan.

Dari prosesnya, yang paling menyita waktu adalah ‘membuat’ data pendukungnya seperti image, infogafis, animasi dan editing video.

Lain halnya kalau data-data pendukung tersebut sekedar embed dari sumber yang tersedia (internet).

Mau tak mau, karena membutuhan waktu yang cukup maka data pendukung tersebut biasanya saya persiapkan (buat) terlebih dahulu.

Secara hirarkis, biasanya saya menggunakan alur kerja seperti berikut ini untuk membuat konten kreatif ala-ala saya.

BIKIN

“KONTEN KREATIF”

BUTUH RESOURCES YANG MEMADAI

Iya betul. Membuat konten kreatif itu ternyata membutuhkan resources (sumber daya) yang memadai, terutama yang berkaitan dengan software maupun hardware.

Bagi saya, sumber daya ini lebih banyak dibutuhkan untuk membuat data pendukung konten mulai dari image, infografis maupun video.

Untuk alasan originalitas, dibanyak postingan data-data pendukung tersebut memang saya buat sendiri dengan menggunakan beberapa software dasar yang sedikit saya pahami.

Kalau dipilah-pilah berdasarkan fungsi dan kegunaannya, software-software yang saya pergunakan dalam proses membuat konten kreatif adalah sebagai berikut,

SOFTWARE

ZBRUSH, 3D MAX & CINEMA 4D

3 DIMENSI

SOFTWARE

COREL DRAW, ILUSTRATOR

VECTOR

SOFTWARE

MAGIX - AFTER FFECT - PRIMIER PRO - SONY VEGAS

EDIT & OLAH VIDEO

DNGAN PERFORMA TERBAIK

LAPTOP

SOFTWARE

PHOTOSHOP, LIGHTROOM

OLAH FOTO

Selain software, untuk membuat konten kreatif hal lain yang paling penting dan menentukan menurut saya adalah dukungan laptop yang mumpuni dengan spesifikasi dan performa yang handal. Kenapa ?

Beberapa software dengan rendering yang detail seperti software 3D, pengolah vektor dan beberapa sofware editing video memang akan optimal bila dijalankan menggunakan laptop dengan spesifikasi yang cocok untuk grafis dan editing video. Seperti apa itu ?

Laptop dengan spesifikasi ini umumnya mempunyai teknologi prosessor terbaik, RAM besar dan bisa di upgrade, menggunakan VGA Card (kartu grafis) yang mumpuni, display HD dan fitur-fitur lain yang mendukung.

Dipasaran memang banyak pilihan untuk laptop dengan spesifikasi seperti ini. Tetapi, bila pilihan kita adalah pada harga yang terjangkau dan performa handal, maka salah satu pilihan realistisnya adalah produk terbaru ASUS VivoBook A407 dengan prosesor intel dan dengan fitur-fitur menawan yang pas untuk membuat konten kreatif.

FULL SPESIFIKASI

Prosesor : Intel® Core™ i3 6006U Processor 2.0 GHz (3 M Cache)
Sistem Operasi : Windows 10 Home – ASUS recommends Windows 10 Pro.
Memori : 4 GB DDR4 2400MHz SDRAM, 1 x SO-DIMM socket , up to 8 GB SDRAM
Display : 14.0″ (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC
Support ASUS Splendid Technology
Grafis : NVIDIA GeForce MX110 , with 2GB GDDR5 VRAM
Storage : Hard Drives 1TB 5400RPM SATA HDD
Keyboard : Chiclet keyboard
Card Reader : Multi-format card reader
WebCam : VGA Web Camera
Networking : Wi-Fi Integrated 802.11b/g/n Integrated 802.11 AC, Bluetooth Built-in Bluetooth V4.1 (On selected models)

Interface : 1 x COMBO audio jack, 1 x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x HDMI, 1 x micro SD card
Audio : Built-in Stereo 2 W Speakers And Microphone, ASUS SonicMaster Technology
Baterai : 3 Cells 33 Whrs Battery
Adaptor Daya : Plug Type :ø4 (mm)
Output : 19 V DC, 2.37 A, 45 W
Input : 100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Dimensi : 328 x 246 x 21.9 mm (WxDxH)
Berat : 1.5 kg with Battery *Disclaimer: It may differ by product specifications.
Sekuritas : BIOS Booting User Password Protection, HDD User Password Protection and Security
Security lock : fTPM (Firmware-based Trusted Platform Module)

AKHIRNYA

Selain fitur-fitur di atas, sebenarnya masih ada lagi fitur-fitur lain yang mendukung aktifitas kita sebagai blogger dalam menciptakan konten-konten kreatif.

Sebut saja seperti teknologi audio ASUS SonicMaster <sup class="blink sup buttonup">popup</sup> ASUS SonicMaster popup yang memberikan pengalaman audio terbaik, teknologi pendingin ASUS IceCool <sup class="blink sup buttonup">popup</sup> ASUS IceCool popup dengan kipas yang cerdas dan lain sebagainya.

Sebagai kesimpulan, menurut saya membuat konten kreatif itu mengasikkan. Apalagi kalau didukung dengan laptop yang mumpuni seperti Asus Vivobook A407 dengan processor intel, kartu grafis, RAM besar, mempunyai fitur keamanan fingger print dan tentu saja mendukung mobilitas kita dengan desain yang tipis dan ringan.

Ayoo sama-sama belajar menciptakan konten kreatif, “Taking Your Content to The Next Level with ASUS Series & Intel”.

paper torn

Jengyuni.com adalah personal website yang dibangun dari “ketidaktahuan” dan “keterlambatan” memasuki dunia digital. Di saat orang-orang sudah membuat startup yang menghasilan dollar bertumpuk-tumpuk,
jengyuni masih asik soscmed-an dan malah hanya membaca keberhasilan orang lain di portal-portal berita
melalui layar smartphone yang besarnya tak lebih dari 5 inc.