Kata Jeng Yuni, Ini Loh Pentingnya Domain untuk Bisnis

Sulit bagi saya untuk tidak mengakui kalau tata kehidupan di masa depan tidak semakin tergantung dengan internet. Saat ini saja kita mungkin akan sulit menghitung berapa manfaat dan kemudahan yang di tawarkan sejak internet dikenal luas pada tahun 1982.

Saya mengalami masa itu, masa-masa di mana internet belum sepopuler seperti sekarang. Suatu masa di mana mesin ketik menjadi alat teknologi paling canggih saat itu untuk berbagai urusan, lebih-lebih untuk bisnis.

 

Yups, kini dunia bisnis dan berbagai entitas lain nyaris lepas dari teknologi konvensional itu dan telah menggantungkan perkembangan bisnis pada jaringan global yang bernama internet. 

Namun, tahu ‘gak sih bahwa dari keseluruhan inovasi teknologi membentuk internet tersebut menurut saya ada inovasi lain yang memberikan kontribusi besar bagi perkembangan bisnis yakni nama domain, yang selanjutnya terkait pula dengan hosting dan website. 

 

Apa Sih Itu Domain ?

Apa itu domain

Domain atau nama domain adalah alamat yang akan mengarahkan ke sebuah website.

Dalam konteks tata hukum yang berlaku di negara kita, pengertiaan domain termaktub dalam Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), yakni pada pasal 1 ayat 20, begini bunyinya,

{
Nama Domain adalah alamat internet penyelenggara negara, Orang, Badan Usaha, dan/atau masyarakat, yang dapat digunakan dalam berkomunikasi melalui internet, yang berupa kode atau susunan karakter yang bersifat unik untuk menunjukkan lokasi tertentu dalam internet.

Domain berbeda dengan hosting dan website. Agar ‘gak gagal paham hubungan dengan ketiganya coba deh lihat ilustrasi berikut ini.

Pentingnya Domain

Yang menarik tentang domain ini, sebelum diubah dengan format text seperti www.rumahweb.com dan lain sebagainya, dulunya berupa serangkaian angka acak yang mengidentifikasikan satu komputer atau perangkat lain yang terhubung ke internet, misalnya 172.217.26.78.

Rangkaian angka ini disebut juga dengan Internet Protocol Address (alamat IP) yang bila dipanggil melalui browser akan mengarahkan ke website www.google.com. 

Selain itu, nama domain menganut prinsip kepemilikan  first come first serve. Artinya satu nama domain hanya dimiliki satu pemilik yang mendaftarkan pertama kali. Nah, tentang hal ini juga diatur dalam UU ITE pada pasal 23 ayat (1). Ini bunyinya,

{

setiap penyelenggara negara, orang, badan usaha, dan/atau masyarakat berhak memiliki nama domain berdasarkan prinsip pendaftar pertama.

Jenis-Jenis Domain

Bagi Bisnis, Apa Pentingnya Domain ?

Ketika dunia sudah mengglobal dan bertemu dalam sebuah jaringan bernama internet, para pelaku bisnis sebenarnya sudah menyadari kalau nama domain mempunyai makna strategis bagi bisnis.

Domain bukan hanya sekedar tuntutan jaman, lebih dari itu adalah langkah besar dalam mengelola keberadaan institusi bisnis dalam belantara Internet yang penuh dengan berbagai kemungkinan (probability).

Apa yang lain ? Coba tengok 4 (empat) hal pentingnya domain bagi bisnis berikut ini,

Domain bagi bisnis
Aksesibilitas Sebuah Situs

Aksesibilitas Sebuah Situs

Coba deh lihat kembali ilustrasi gambar perbedaan fungsi domain, hosting dan website di atas. Saya pikir dari ilustrasi tersebut sudah bisa dipahami kalau domain adalah satu bagian penting dari tiga elemen yang menyusun kedirian sebuah website.

Ada interdependensi  mutlak dari ketiganya. Sangat mustahil kalau perusahaan membangun website tanpa domain.

Domain adalah akses jalan yang wajib dimiliki perusahaan bila ingin menunjukkan eksistensi bisnisnya di dunia maya melalui situs perusahaan.

 

Akses

Membangun “Business Brand”

Bagi dunia bisnis, domain sangat efektif membangun kesadaran merek atau brand bagi bisnis. Bahkan, jika nama domain sesuai dengan nama perusahaan malah akan memperkuat merk atau brand karena pelanggan akan mudah untuk mengingatnya. Contohnya adalah rumahweb.com.

Apa sih kesan pertama ketika mendengar atau membaca nama domain dari sebuah provider yang menyediakan domain murah dan hosting murah di Indonesia ini ?

Ya betul, mudah diingat sebagai tempat yang menyediakan segala sesuatu yang berhubungan dengan web. Nah, karena mudah diingat maka dengan sendirinya ketika orang mempunyai kebutuhan untuk membuat website dalam benaknya sudah ada nama rumah web. Ini sangat menguntungkan dari segi bisnis.

Membangun “Business Brand”
BRAND
Menghemat Resources

Menghemat Resources

Mempunyai domain dan membangun website untuk merepresentasikan bisnis perusahaan dalam dunia yang semakin digital menciptakan “cost efficiency”  bagi bisnis (pengeluaran perusahaan). Kok bisa ?

Iyalah. Beli domain .com misalnya. Domain ini hanya Rp. 150.000 per tahun di rumahweb.com. Kalau plus hosting 2 cloudlet habisnya gak sampai sejuta.

Ini jauh lebih murah ketimbang membuat street billboard , rountage, baliho dan berbagai jenis material promosi offline plus pajak-pajaknya yang satu tahun bisa mencapai puluhan juta rupiah.

 

EFISIEN

Menciptakan Trust dan Kredibilitas

Bisnis identik dengan kredibilitas, trust atau kepercayaan.

Nah, perusahaan-perusahaan yang aware dengan hal ini pasti akan melengkapi instrumen bisnisnya dengan nama domain sendiri ketimbang domain gratisan.

Domain sendiri akan memberikan “impresi”  positif dari para pelanggan bahwa perusahaan itu profesional atau tidak.

Intinya, jika perusahaan tidak mau mengeluarkan uang untuk membeli nama domain sendiri bagaimana mungkin bisa meyakinkan pelanggan bahwa bahwa produk-produk atau jasa yang ditawarkannya adalah berharga. 

 

Menciptakan Trust dan Kredibilitas

TRUST

Nah, empat poin di atas adalah beberapa hal yang dapat menjelaskan mengapa domain penting untuk bisnis. Tentu saja  masih ada berbagai penjelasan pentingnya domain untuk bisnis yang belum saya sebutkan di sini.

Makasih banget telah membaca artikel berjudul “Kata Jeng Yuni, Ini Loh Pentingnya Domain untuk Bisnis“, ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam dunia yang semakin digital ini.

Salam manis dari Kalasan, Jogja.

 

Spread the love
0%
Assalamualaikum. Bersabar ya, Jengyuni lagi nyiapin minuman dan kacang rebus untuk menyambut kamu