preloder

Percaya atau tidak, sebenarnya kebanyakan dari kita tidak menyadari kalau telah menggadaikan masa depan diri sendiri dan keluarga. Hidup hanya berfikir temporerary tanpa memperhitungkan bahwa akan ada esok hari dengan kebutuhan yang besar sedang menanti. 

Apa yang terjadi adalah menghabiskan resources yang ada hanya untuk memenuhi hajat hidup saat ini. Ya, hanya untuk saat ini. Terlebih lagi kalau tidak bisa menghindar dari gaya hidup hedonis yang maunya hanya menuruti immediate material needs demi hati senang.  

Yuk, atur uangmu. Percayalah, seberapapun duit yang kita miliki sepanjang angka nolnya masih bisa dihitung maka dalam hitungan jam pun bisa ludes. Uang itu seperti air, mudah meresap dan ‘mbleber’ kemana-mana tanpa arah. Uang itu kudu diarahkan dan bukan sebaliknya. Oleh sebab itu kita perlu berfikir cerdas untuk mengatur uang dengan baik sedari muda guna mencapai kebahagian dan ketenangan hidup keluarga di masa depan. Kalau tidak, please jangan salahkan ibu mengandung kelak, ya.

Hal penting dalam keluarga yang sering diabaikan adalah tidak adanya manajemen keuangan. Ibarat kata nih, walaupun suami dan istri mempunyai penghasilan sendiri-sendiri, kalau digabungkan tetap saja penghasilan jatuhnya di angka 31,7. Bukan juta tetapi terima gaji tanggal 31, tanggal 7 sudah habis untuk kebutuhan. Akibatnya terjebak dalam lingkaran setan yakni besar pasak dari pada tiang.

Dulu pada awal-awal pernikahan, saya mengalaminya. Seberapapun uang yang ada selalu saja tidak mencukupi untuk hidup satu bulan. Ketika ada uang di tangan, kepenginnya beli ini dan itu. Selalu saja berputar pada tiga titik yakni kebutuhan kampung tengah alias perut, pakaian dan hiburan. Setelah ngontrak rumah sendiri dan menerapkan pola budgeting rumah tangga sederhana, barulah perlahan-lahan terlepas dari kondisi itu. Bagaimana sih cara mengatur keuangan, mungkin 3 hal ini bisa menambah wacana kita.

BUAT BUDGETING GUIDELINE

Yuk, atur uangmu

Membuat penganggaran (budgeting guideline) adalah cara paling sederhana dalam mengatur keuangan keluarga. Walaupun sederhana kebanyakan dilalaikan oleh banyak orang dan keluarga. Menurut saya, cara ini efektif agar terhindar dari prilaku boros dan berlebihan dalam membelanjakan uang.

Dengan berkembangnya ICT, kita bisa saja menggunakan software-sofware tertentu untuk memudahkan. Bahkan bisa dioperasikan dengan smartphone. Apapun model, cara dan tool yang dipergunakan, prinsip dasarnya adalah bagaimana kita membuat guidance untuk diri sendiri dengan menyelaraskan antara kebutuhan dengan keuangan. 

Cara ini masih menjadi favorit saya hingga saat ini dan selalu saya lakukan setiap bulan. Saya menyebutnya sebagai rencana belanja rutin bulanan keluarga. Dalam penyusunannya, saya menerapkan prinsip SKALA PRIORITAS. Hal ini saya lakukan karena sebagai wiraswasta tentu saja tidak bisa memastikan penghasilan setiap bulan. Berbeda sekali dengan ketika masih sebagai karyawan swasta. Berdasarkan skala prioritas, kebutuhan yang harus terpenuhi berturut-turut adalah sebagai berikut,

Gudgeting Guideline

PRIORITASTIDAK PRIORITAS
1. Zakat, Infaq & Shodaqoh1. Fashion
2. Tabungan dan Investasi2. Rekreasi dan Hiburan
3. Makan – Minum
4. Biaya Pendidikan Anak
6. Dana Kesehatan
7. Housing (Listrik, Iuran Warga, Gas, dll)
8. Transportasi
9. Komunikasi

Khusus untuk debt payment, karena saya tidak mempunyai tanggungan apapun yang mesti dibayar maka dalam tabel tidak saya munculkan.

MENABUNG (SAVING)

Menabung

Menabung adalah salah satu cara efektif dalam mengatur keuangan kita. Selain bermanfaat sebagai investasi, menabung juga berguna sebagai dana taktis untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak.

Terserah kita mau menggunakan paradigma yang mana, apakah menabung dilakukan setelah semua kebutuhan terpenuhi atau justru menjadi prioritas di awal penganggaran setiap bulan. Intinya adalah semangat menyisihkan sejumlah dana untuk disimpan dalam rekening kita. 

Saya sendiri menerapkan paradigma yang kedua, menabung menjadi prioritas. Urusan tabungan memang saya paksakan karena saya menyadari akan manfaatnya. Dana tabungan teranggarkan secara rutin dengan jumlah tertentu setiap bulan dan bukan hasil selisih setelah terpenuhi kebutuhan yang lain. Sebenarnya saya terinspirasi oleh quote Warret Buffet yang ternyata menerapkan pola ini.    

INVESTASI ASURANSI

Yuk, Atur Uangmu

Kita mesti sadar bahwa roda hidup itu berputar. Tubuh tak selamanya sehat. Kita akan beranjak menjadi tidak produktif seiring dengan bertambahnya usia. 

Tubuh pun semakin menua, lemah mungkin juga dihinggapi beberapa penyakit. Sayang sekali tidak semua orang menyadari hal ini. Banyak orang tidak benar-benar mensyukuri nikmat sehat dengan memikirkan bagaimana ketika menjadi tua dan sakit. Demikian pula, tak banyak yang serius merenung memikirkan masa depan karena gagal mengatur sumber daya dan keuangan yang dimiliknya.

Kalau kita perhatikan, semakin tambah umur biaya yang harus dikeluarkan bukannya semakin berkurang tetapi justru lebih besar, terutama dalam hal pemeliharaan kesehatan. Biaya-biaya tersebut bisa jadi baru akan terhenti ketika kita meninggal. Coba deh kita pahami dengan kedalaman pikiran dan hati ilustrasi berikut, semoga pemahaman anda dan saya sama. 

Biaya Kesehatan by umur - yuk atur uangmu

Pertanyaanya adalah apakah kita sudah mempersiapkannya ? Dengan cara apa kita mempersiapkannya ?

Sebenarnya selain menabung, cara efektif lainya dalam mengatur keuangan dan mempersiapkan masa depan yang sehat dan bahagia adalah dengan menginvestasikannya melalui asuransi. Di negara kita ada banyak jenis asuransi yang dapat mencover kebutuhan masa depan kita, mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, properti, kredit, bisnis hingga asuransi perjalanan.

Seiring dengan semakin tingginya tingkat pendidikan masyarakat, maka kesadaran untuk menginvestasikan uangnya melalui asuransi pun semakin tinggi. Asuransi juga telah menjadi gaya hidup (lifestyle) masyarakat modern di kota maupun di desa. Paling tidak hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan jumlah pemegang polis asuransi di Indonesia sejak tahun 2006 hingga 2013 yang cukup signifikan.       

Pertumbuhan Asuransi di Indonesia - Yuk, Atur Uangmu

Walaupun trend pertumbuhan pemegang polis positif, namun masih banyak juga masyarakat yang masih belum menginvestasikan uangnya demi keuntungan yang lebih besar di masa depan. Dibawah ini adalah beberapa alasan yang bisa dijadikan pertimbangan kenapa ikut asuransi sangat penting, bermanfaat serta merupakan cara efektif mengatur keuangan kita.

Yuk, atur uangmu

Memutuskan untuk menginvestasikan uang kita melalui asuransi memang bukan perkara yang mudah, perlu pertimbangan yang matang mengingat banyaknya perusahaan asuransi serta jenis produk yang ditawarkan. Cara tepat memilih asuransi adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sumber daya serta mempunyai manfaat ganda bagi kita. Salah satu perusahaan asuransi terbaik yang dimiliki Indonesia yang sangat layak untuk kita adalah Sinarmas MSIG Life.

Sinarmas MSIG Life

Yuk, atur uangmu

Sinarmas MSIG Life, yang merupakan anak perusahaan dari PT Sinar Mas Multiartha Tbk, didirikan pada tanggal 14 April 1985. Sebelum dikenal dengan brand yang sekarang, Sinarmas MSIG Life mengalami beberapa perubahan nama dalam upaya menyesuaikan perkembangan bisnis mulai dari  PT Asuransi Jiwa Purnamala Internasional Indonesia (PII), PT Asuransi Jiwa Eka Life hingga PT Asuransi Jiwa Sinarmas pada 2007.

Baru setelah melakukan joint venture dengan Mitsui Sumitomo Insurance Co., Ltd. pada tahun 2011, nama Sinarmas MSIG Life menjadi brand yang dipakai hingga sekarang. Sejak saat itu pula terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham yakni  50% kepemilikan PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (juga dikenal sebagai Sinarmas MSIG Life SMiLe) dan 50% dimiliki Mitsui Sumitomo Insurance Co., Ltd.

Disebut sebagai salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia karena didukung oleh kondisi keuangan yang sangat baik, inovasi produk dan layanan nasabah serta kepemilikan jaringan bisnis yang luas. Hingga 30 Juni 2014, Sinarmas MSIG Life melayani lebih dari 790.000 nasabah individu dan kelompok di 69 kota dengan 113 kantor pemasaran dan 10.500 orang marketing.

Sinarmas MSIG life mengeluarkan berbagai jenis produk asuransi baik untuk individu (perorangan), Bank maupun perkumpulan. Berikut ini adalah jenis-jenis produk unggulan asuransi untuk individu yang bisa kita jadikan pertimbangan dalam menginvestasikan uang kita.

Untuk Informasi lebih lanjut tentang produk, syarat dan ketentuan, konsultasi premi dan lain-lain, kita bisa menghubungi alamat berikut atau melalui saluran social media resmi sinarmas MSIG life berikut ini.

HEAD OFFICE

 Wisma Eka Jiwa 8-9th Floor Jl.Mangga Dua Raya Jakarta Pusat 10730

 (021) 2650 8300

 (021) 5060 9999

 [email protected]

SOCIAL MEDIA

 sinarmasmsig

 sinarmasmsig

 sinarmasmsiglife

 PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (Sinarmas MSIG Life)

 SMiLe140485

KESIMPULAN

  • Mengatur uang atau manajemen uang adalah hal sederhana yang sering dilupakan oleh banyak orang dan keluarga;
  • Mengatur keuangan sangat perlu untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depan;
  • Cara sederhana mengatur keuangan adalah dengan membuat budgeting guidance list kebutuhan dan menyelaraskan dengan penghasilan; 
  • Menabung (saving) dan membeli polis asuransi merupakan cara efektif mengatur keuangan yang akan memberikan manfaat bagi masa depan;
  • Sinarmas MSIG life adalah satu satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang di dukungan oleh dana yang kuat serta produk-produk asuransi yang variatif;

Jangan gadaikan masa depan, Yuk, atur uangmu sekarang selagi masih muda, sehat dan produktif demi kebahagiaan diri sendiri maupun bersama keluarga. Jangan ditunda-tunda !