preloder

octa-viantary

Namanya Octa Viantary. Umurnya masih sangat muda yakni 23 tahun. Vian, begitu biasa dipanggil, saat ini tercatat sebagai mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Media kini sedang membicarakannya. Bukan hanya cantik yang membuatnya lagi disorot media, tetapi karena wanita berkulit hitam manis ini baru saja terpilih sebagai ketua RW Perempuan termuda di Yogyakarta dan (mungkin) yang pertama di Indonesia.

Terpilihnya Vian sebagai ketua RW diawali dari guyonan warga semata. Semula warga menginginkan ayahnya yang maju sebagai calon ketua RW, akan tetapi karena kesibukan, ayahnya pun menolak. Akhirnya entah kenapa warga justru mengalihkan dukungan kepadanya untuk maju sebagai calon RW.

Beberapakali Vian menolak permintaan warga tersebut. Karena banyak warga yang mencoba menyakinkan terus menerus akhirnya hatinya luluh juga dan bersedia memenuhi permintaan sebagian besar warga, apalagi ayah dan ibunya juga telah merestuinya.

Pada saat pemilihan, gadis kekelahiran 27 Oktober 1991 ini, berhasil mengalahkan tiga kandidat ketua RW yang sudah berpengalaman di wilayah RW 13 Tegalpanggung Danurejan Yogyakarta. Vian berhasil mengumpulkan 42 suara dari total 105. Atas keberhasilannya ini, Vian dilantik sebagai ketua RW pada tanggal 31 Maret 2015 di Hotel Inna Garuda yogyakarta melalui sebuah seremonial.

Vian ternyata mempunyai banyak prestasi diluar bidang akademis. Dia pernah menjadi finalis kontes model majalah remaja tahun 2006. Selain sebagai mahasiswi ia juga mengajar kelas modeling di almamater dulu yakni SMA 1 Banguntapan Bantul.

Saat ini, Vian yang wajahnya mirip artis sinetron Prisia Nasution, mulai beraksi dan mengabdi. “Saya dekat dengan warga, oleh sebabnya saya ingin mengabdi, membangun dan mengembangkan RW 13 Danurejan. Sepertinya saya punya passion untuk jadi RW. Saya nggak akan hanya duduk dan menyaksikan tapi beraksi,” tegasnya sebagaimana dikutip sebuah media online di Jogja.

Sukses ya Vian, semoga menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia.