preloder
stress

Stress bisa dialami siapa saja. Tidak perduli anda adalah pekerja kantoran, bos perusahaan, guru TK, ibu rumah tangga maupun profesi yang lain. Stress adalah kondisi kejiwaan yang disebabkan karena ancaman atau tekanan dari luar baik kongkret maupun abstrak.

Selanjutnya ancaman konkret didefinisikan sebagai bentuk ancaman yang nyasar pada fisik/tubuh, sedangkan ancaman abstrak adalah lebih pada kondisi psikis seseorang. Ancaman dan tekanan sebagai aktor utama penyebab stress bisa disebabkan oleh apa saja. Namun, hal yang umum adalah menyangkut pekerjaan, finansial, hubungan sosial, kehilangan, penyakit, kegagalan dan sebagainya.

Fakta menarik bila seseorang mengalami stress, adalah akan membutuhkan waktu cukup lama untuk mengembalikan ke posisi stabil apabila gagal mengatasi melalui proses-proses tertentu.

Tetapi yang perlu diketahui bahwa stress tidak selamanya berbahaya bagi diri seseorang. Stress stadium rendah (eustres) justru dapat bermanfaat sebagai pemacu semangat (motivasi) seseorang untuk bertindaj lebih baik dan produktif. Yang bersifat destruktif itu apabila cara mengatasi stress stadium rendah mengalami kegagalan. Maka psikis akan semakin terganggu. Dalam masyarakat modern kesalahan memenejemen eustress ini disebut distress.

Karena stress lebih menyerang pada kondisi psikis seseorang maka kondisi itu hanya bisa dikembalikan dengan cara releksasi. Berikut 3 bentuk releksasi murah meriah yang bisa dilakukan seketika bila mengalami stress.

1. Meditasi
Meditasi mampu mengurangi kecemasan. Robbie Maller Hartman, Ph.D., seorang pelatih kesehatan dan kesejahteraan di Chicago mengatakan bahwa meditasi dapat mengubah jalur saraf otak, membuat seseorang lebih tahan terhadap stres.

Cara sederhana adalah dengan duduk bersila di lantai. Tutup mata. Letakkan satu tangan di perut. Tarik napas perlahan-lahan melalui hidung dan keluarkan lewat mulut. Pada saat menghembuskan napas, ada baiknya mensugesti diri sendiri dengan kalimat-kalimat postif seperti Hidup ini Indah, Saya mencintai diri saya, hidupku damai, dan lain sebagainya. Biarkan pikiran melayang seperti awan. Lakukan selama 15 menit.

2. Mengkompres Dengan Air Hangat
Bungkuslah air hangat lalu letakkan di sekitar leher dan bahu selama 10 menit. Tutup mata Anda dan kendurkan otot wajah, leher, dada bagian atas, dan punggung. Letakkan sesuatu di bawah kaki anda seperti bola tenis, pensil atau sesuatu yang mempunyai permukaan yang kasar. Permainkan kaki anda dibenda yang anda injak agar anda mendapat sensasi seperti dipijat ditelapak kaki.

Anda juga bisa meletakkan bola tenis diantara punggung dan dinding. Bersandarlah dan tahan tekanan dengan lebut sampai 15 detik. Kemudian pindahkan bola tersebut ke tempat lain, dan lakukan beberapa kali. Cara ini dianjurkan oleh Cathy Benninger, seorang perawat praktisi dan asisten profesor di The Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus.

3. Tertawa Lepas
Tertawa tidak hanya meringankan beban tetapi juga mampu menurunkan kortisol yakni hormon stres tubuh. Selain itu tertawa mampu meningkatkan zat kimia dalam otak yang disebut endorfin. Zat ini membantu membentuk suasana hati lebih nyaman.Banyak cara bisa dilakukan untuk bisa tertawa salah satunya adalah melihat film lucu, membaca komik atau chating dengan seseorang yang mampu membuat tertawa.

Nah, selamat mencoba 3 langkah ini dan dijamin anda bisa mengatasi stress secara produktif daripada harus membanting piring, handphone, buku-buku atau marah-marah gak jelas,