Ingin Domain yang Berkualitas? Jangan Lupakan Hal Berikut

Istilah domain tentunya sudah tidak asing di telinga kamu, kan? Domain merupakan sebuah nama yang biasanya diberikan pada alamat website agar mudah ditemukan oleh pengunjungnya. Gunanya untuk menelusuri jaringan tanpa harus menyertakan IP atau Internet Protocol.dan kredibel.

Dalam membangun website, memilih nama domain yang menarik adalah sebuah keharusan.Jangan terlalu berfokus pada harga domain murah, tapi pilihlah domain yang berkualitas 

Sebelum memutuskan nama domain untuk situs bisnismu, pastikan kamu mengetahui apa saja yang sebaiknya kamu lakukan untuk memperoleh nama domain yang baik. 

Simak ulasannya berikut ini.

Lakukan Riset Kata Kunci

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum membeli nama domain adalah melakukan riset kata kunci. 

Pertama, kumpulkan daftar yang berisi beberapa alternatif nama-nama domain yang akan kamu gunakan, pastikan nama-nama tersebut mengandung kata kunci yang populer di Google dan sesuai dengan niche atau topik bisnismu.

Kamu bisa menggunakan bantuan Google Trends untuk mengetahui kata kunci apa yang populer di bidang bisnismu.

Contohnya, jika kamu ingin membuat website tentang kuliner, kamu tinggal memasukkan kata-kata yang berkaitan dengan kuliner, seperti “jajanan”, “makanan”, “cemilan” dan lain-lain ke papan pencarian di Google Trends, maka akan muncul sejumlah variasi kata kunci dan seberapa sering kata kunci itu dicari di internet. 

Pilihlah tiga atau empat kata kunci di ranking teratas lalu kombinasikan dengan nama bisnismu.

Cek Ketersediaan Nama Domain Incaranmu di Sitebeat

Kamu telah memiliki daftar nama-nama domain dengan kata kunci yang populer. Maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengecek ketersediaan nama domain tersebut di Sitebeat. 

Sebaiknya kamu memiliki 3 hingga 5 alternatif nama domain untuk mengantisipasi nama domain yang kamu incar sudah tidak tersedia.

Caranya sangat mudah. Masuklah ke situs Sitebeat.com lalu pilih menu “Domain”, Ketikkan nama domain yang kamu inginkan ke bar pencarian lalu klik simbol kaca pembesar atau tekan “enter”.

Sitebeat akan menampilkan sejumlah pilihan kombinasi nama domain, keterangan apakah nama domain tersebut masih tersedia atau tidak, serta harga dari domain-domain tersebut.

Sebaiknya kamu tidak berfokus pada harga domain murah melainkan domain yang berkualitas. Salah satu ciri domain yang berkualitas adalah yang memiliki kesesuaian dengan bisnismu.

Jangan gunakan ekstensi “.tv” (dot tv) jika bisnismu bergerak di bidang kuliner meskipun harga domain “.tv” adalah yang termurah. Karena ekstensi “.tv” lebih ditujukan kepada website yang bergerak di bidang pertelevisian.

sitebeat

Gunakan Top Level Domain Pada Nama yang Kamu Pilih

Top level domain (TLD) adalah domain yang berada pada levelisasi kualitas tertinggi. Pilihlah TLD terbaik, yaknidengan ekstensi“.com” (dot com)untuk digunakan sebagai nama domain bisnismu. Mengapa? 

Domain “.com”adalah domain yang ditujukan untuk perusahaan (company) yang tentu sajaakan memberikan profesionalitas yang lebih baik daripada nama domain dengan ekstensi lainnya.

Selain itu nama domain dengan ekstensi “.com” lebih mudah diingat oleh masyarakat sehingga popularitasnya sangat tinggi dan selalu berada di ranking teratas di situs mesin pencari Google.

Meskipun domain TLD bukanlah nama domain murahnamun tidak ada salahnya untuk memilih nama tersebut dengan berbagai keunggulan yang ditawarkannya.

Selalu fokus pada sasaran website

Sangat dianjurkan dalam pemilihan nama domain, kamu mempertimbangkan sasaran penjualan atau target konsumen yang kamu incar. 

Misalnya, kamu ingin membuat website yang menjual sepatu bola berkualitas. Maka sasaran website yang akan kamu bidik adalah para atlet atau pecinta olah raga, yang mana sebagian besar adalah laki-laki.

Maka sebaiknya kamu menggunakan nama yang memberikan kesan maskulin agar lebih disukai oleh kaum lelaki. 

Kamu juga bisa menambahkan unsur-unsur penting lainnya seperti “kualitas”, “branded” “olah raga”, “sport”, “murah” dll namun tetap pastikan agar nama domainmu tidak terlalu panjang agar lebih mudah diingat.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh nama domain yang berkualitas. Kamu bisa saja memilih domain murah namun pastikan pula kualitasnya.

Jika kamu ingin membangun website, segeralah membuat daftar nama domain yang kamu inginkan lalu pastikan ketersediaannya di Sitebeat. 

Sitebeat akan membantu proses pembelian dan registrasi nama domain agar bisa langsung kamu gunakan. Yuk, miliki nama domain idamanmu sekarang.