preloder
Huawei Nova 3i

SMARTPHONE IDAMAN

Paling Cantik & Fashionable Sedunia !

M enggenggam smartphone keren adalah idaman sebagian besar orang. Itu sangat wajar, karena smartphone bukan sekedar hanya alat komunikasi yang mendukung pekerjaan semata, tetapi juga menjadi pelengkap gaya hidup dan fashion.

‘Gak heran kalau setiap saat muncul smartphone keren di pasaran yang menawarkan teknologi terkini, dan semakin fashionable 

Namun, smartphone keren belum tentu menjadi idaman. Ini karena setiap produk mempunyai keunggulan komparatif sendiri-sendiri dan masing-masing orang juga mempunyai interest yang berbeda-beda.

Kalau idaman saya ? Ah, kalau smartphone idaman saya sih harus memenuhi 2 (dua) syarat yakni,

Duwe Smartphone iku ora ngisin-ngisini nak digowo kondangan, tur ora mboseni nak digawe dolanan.” (Punya smartphone itu enggak memalukan kalau dibawa kondangan dan tidak membosankan kalau dibuat mainan (aktifitas)”. Seperti itu.

Nah, untuk dua persyaratan itu, smartphone idaman saya mesti memenuhi spesifikasi tertentu seperti fashionable dengan desain dan warna yang keren, layar besar, udah pakai teknologi AI (artificial intelligence), punya kamera dengan resolusi terbaik, RAM besar, ROM besar, punya performa handal dan yang penting harga rasional. 

Makanya ketika dua bulan belakangan ini internet dibikin ‘hiruk pikuk’ dengan hadirnya Huawei Nova 3i saya jadi penasaran.

Konon, smartphone baru Huawei ini disebut-sebut sebagai salah satu smartphone idaman 2018 dengan spesifikasi yang matching dengan keinginan saya di atas.

Ah, kalau benar begitu berarti Huawei Nova 3i memenuhi ekpektasi untuk menggantikan smartphone lama saya yang sudah out of date, nih.

Tapi pertanyaannya, benarkah Huawei Nova 3i ini mempunyai spesifikasi sebagai smartphone idaman seperti yang saya sebutkan di atas ?

Mari kita lihat !

..Duh Abang Mandor, Huawei Nova 3i Memang Cantik dan Fashionable.

Desain Cantik dan Elegan dan Layar Jumbo Berkualitas FHD, Khas Smartphone Idaman Masa Kini

T ernyata memang benar kata mereka. Huawei Nova 3i memang cantik dan fashionable. Setidaknya bila saya lihat dengan mata telajang (saya belum pakai kaca mata min atau plus soalnya).

Bila dilihat dari desain bodynya, Huawei Nova 3i sangat elegant dan terkesan mewah yang mencirikan smartphone idaman masa kini. Layarnya jumbo, yes !

Layar display berukuran 6,3 inc dengan bazel yang sangat tipis dan mempunyai resolusi FHD+ (kerapatan 2340 x 1080 pixel) dan rasio aspek 19,5:9.

Namun, bukan hanya layar dan resolusi yang menarik saya, tetapi juga rasio aspeknya.

Dalam hati saya bertanya-tanya, kok bisa rasionya jadi segitu ya. 

Eh, ternyata setelah saya amati  nampaknya Huawei menambahkan sisi panjang layar dan menipiskan bezel sehingga screen to body ratio-nya kurang lebih mencapai 90%.

O la..la..dengan layar selebar ini plus bezel yang tipis, sepertinya Huawei ingin memberikan pandangan lebih luas dan pengalaman lebih seru bagi pengguna untuk browsing, streaming film dan main game, tetapi tetap pas dan nyaman saat dimasukkan ke saku. Suka !

DISPLAY
6,3 Inc FHD+ (2340 x 1080)
IPS LCD capacitive touchscreen,
16,7 juta warna, Saturasi Warna 85% (typical value)

ASPECT RATIO
Rasio Aspek 19,5:9
screen to body ratio mencapai 90%

DIMENSI
Panjang: 75,2 mm Tinggi: 157,6 mm Lebar: 7,6 mm
Bezel sangat tipis

Huawei Nova 3i

Smartphone
Standar 5,5 inc

huawei Nova 3i

Iris Purple, Warna Gradasi Yang Exclusive
dalam Genggaman

Selain warna hitam, ternyata Huawei Nova 3i juga hadir dengan warna iris purple. Entahlah itu kategori warna apa, yang pasti warna ini gak masuk dalam rumus warna pelangi (mejikuhibiniu) he..he.

Begitu melihatnya, saya langsung suka. Padahal saya belum pernah pegang sekalipun Huawei Nova 3i terbaru ini, lho.

Warna apa sih ini. Entahlah, tetapi kalau saya pantengin, warna iris purple ini sepertinya warna gradasi yang tersusun dari warna biru dan ungu “terong” gitu deh. Bener gak sih ?

Menariknya, dua warna Huawei Nova 3i ini juga didesain mengkilap seperti mobil-mobil mewah. Smartphone dengan tipikal desain warna mengkilap seperti ini, bodynya akan memancarkan kilau sinar bila terkena cahaya.

Bukan norak ! Menurut saya justru ini menambah kesan ekslusive bila digenggam, seperti menggenggam smartphone kelas premium seharga motor gitu.

Huawei Nova 3i

Iris Purple

Black

Huawei Nova 3i Juga Cerdas & Kekinian Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence)

S epengatahuan saya, pemakaian kecerdasan buatan atau AI ( artificial intelligence) pada smartphone memang sudah banyak diprediksi oleh banyak pihak, namun penerapan sesungguhnya baru terlihat sejak 2017 dan semakin nge-trend di tahun 2018 ini.

Awalnya teknologi canggih yang mengadopsi kecerdasan alami manusia ini hanya terbatas pada produk-produk smartphone keluaran terbaru di kelas high-end.

Namun, seiring dengan kepopulerannya, teknologi AI ini sudah banyak dijumpai di smartphone yang running di dikelas menengah (middle-up).

Di keluarga Huawei sudah banyak seri smartphone yang menggunakan AI. Masih lekat diingatan saya ketika muncul Huawei Mate 10 series versi flagship. Versi globalnya dijual pada kisaran angka 10 jutaan diawal-awal perilisannya.

Dan bener kata banyak orang, bahwa dengan harga yang lebih terjangkau yakni 4 jutaan, kini semua orang bisa mencicipi teknologi AI pada Huawei Nova 3i ini. Prediksi saya ini akan laris seperti jualan kacang goreng.

Tapi yang bikin saya semakin penasaran, fitur-fitur apa saja yang menggunakan teknologi AI pada Huawei seri ini. 

4 Kamera Beresolusi Tinggi Sekeren DSLR dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence)

T ernyata salah satu penggu-naan teknologi AI di Huawei Nova 3i ada-lah pada kameranya.

Huawei Nova 3i menggunakan 4 kamera berteknologi AI dengan komposisi 1 + 1 di depan dan belakang.

Namun keduanya ada berbedaan dalam pemakaian resolusinya. 

Kamera depan ciamik karena punya resolusi 24 MP + 2 MP sedangkan kamera belakang mempunyai resolusi 16 MP + 2 MP.

Dengan resolusi segede ini, saya yakin hasil foto dan video dijamin sangat mengesankan dengan kejernihan yang tinggi plus dengan efek bokeh.

Jujur, saya jadi berpikir ulang nih. Ngapain saya punya rencana ganti kamera DSLR kalau kebutuhan foto dan video resolusi tinggi bisa didapat dari Huawei Nova 3i ini.

Mending nabung buat beli smartphone ini, ya gak sih ?

Huawei Nova 3i

Kamera Depan
24 mega-pixel (color) + 2 mega-pixel (color), F/2.0 aperture, supports fixed focal length

Video
[email protected] dengan format 3gp, mp4 dan mempunya fitur mode 16X Super Slow Motion

AI scenery recognition

Kamera Belakang
16 mega-pixel (color) + 2 mega-pixel (color), F/2.2 aperture, supports autofocus (phase focus, contrast focus)

Dua Kamera Depan AI Selfie Master, Selfi ‘Gak Pakai Mikir

Saya suka selfie. Nah ketika lihat Huawei Nova 3i punya kamera depan dengan resolusi besar, saya jadi excited. Kamera depan dengan formasi 24 MP + 2 MP jelas tidak main-main. Resolusi yang besar banget menurut saya.

Kalau disetarakan dengan kamera DSLR, mungkin ukuran resolusinya setara dengan Canon EOS 750D atau Nikon seri D3200 ke atas.

Kebayang kan betapa bening dan jernih hasil cepretannya. Apalagi kamera Huawei Nova 3i ini juga mempunyai bukaan diafragma lensa (aperture) f/2.0 yang membantu hasil foto tetap terang walaupun dalam keadaan kurang cahaya.

Namun yang menarik adalah pemakaian teknologi AI scenery recognition. 

Dengan algoritme rumit dan canggih, selfie kayaknya gak perlu mikir deh karena teknologi ini secara progresif akan mempercantik foto dan mampu menyesuaikan dengan berbagai kondisi lingkungan dan cahaya dengan 8 (delapan) preset.

Satu fitur lagi untuk kamera depan adalah HDR Pro yang canggih. Fitur ini menjadikan foto dan video presisi dan seimbang bahkan saat di bawah sinar matahari. Fitur yang saya suka.

Blue sky

Plant

Night

Flower

Beach

Stage Performance

Snow

Room

Snow
Video Popup Lihat bagaimana AI scenery recognition Bekerja di Huawei Nova 3i
Huawei Nova 3i

Kamera Belakang, Jernih dan Terang dengan Aperture f/2.2
Berteknologi AI

K amera belakang memang menggunakan resolusi standar yang dipakai di banyak smartphone dengan komposisi 16 MP + 2 MP. Namun dengan teknologi AI, tentu saja hasilnya jelas beda ketimbang smartphone yang masih menggunakan teknologi optik konvensional.

Dengan AI, kamera belakang Huawei Nova 3i ini mampu mengenal lebih dari 100 juta gambar dan mampu mengingat 22 kategori dari 500+ momen.

Artinya, orang awam seperti saya yang gak paham-paham banget photography akan mudah menghasilkan foto cantik dan indah tanpa mikir.

Iya, kamera belakang ini mempunyai resolusi lebih rendah dibanding dengan kamera depan, tetapi menurut saya hasil cepretannya tetap jernih dan keren. Kenapa ?

Kamera belakang menggunakan aperture cukup baik yakni f/2.2, Sebagai catatan, semakin kecil nilai aperture maka akan semakin baik.

Poinnya, kamera belakang Huawei Nova 3i ini tetap menjamin kejernihan foto saat kurang cahaya serta mampu menciptakan efek bokeh yang profesional dan alami.

Huawei Nova 3i
Huawei Nova 3i

Smart SHopping dengan AI

Secara fungsi saya belum tahu bagaimana mekanisme kerja AI untuk shopping dengan Huawei Nova 3i ini. Namun, konon cara cukup mudah hanya mengetuk lama dengan dua jari pada gambar yang diinginkan atau dengan memindai obyek.

Secara otomatis Huawei Nova 3i akan menemukan barang itu secara online. Sepertinya mudah sekali, ya kan ?

Pencarian Gambar dengan AI

Teknologi AI pada Huawei Nova 3i juga menjadi piranti untuk mengatur foto-foto dalam smartphone. Foto di sorting sedemikian rupa berdasarkan tanggal, tempat, orang, dan bahkan objek dalam foto. Tentu saja ini membuat pencarian foto menjadi sangat mudah dan cepat.
z

Konektifitas Yang Kuat dengan AI

Huawei Nova 3i mempunyai fitur Mode elevator. Ternyata mode ini menggunakan teknologi AI yang bermanfaat untuk memulihkan sinyal 4G dan mengoptimalkan kinerja jaringan secara dinamis dan cepat.

Huawei juga punya fiture HUAWEI GEO 1.5 dengan AI yang menyediakan layanan yang lebih akurat dan meningkatkan kinerja bahkan saat pengguna berada di dalam terowongan.

AI juga digunakan untuk menganalisis dan menon-aktifkan suasana berisik pada saat menelpon dan menerima panggilan telpon dan mengubahnya menjadi percakapan yang jelas dan berkualitas tinggi.

…dan Performa Huawei Nova 3i ?

Pakai Chipset Terbaru Octa Core, GPU Turbo dan
RAM Besar, Sangat Memanjakan.

H uawei Nova 3i diciptakan untuk segmen menengah premium. Jadi, wajar saja kalau memboyong sejumlah fitur pada seri P (flagship) ke dalamnya yang memberikan performa handal. Apa saja ?

Ternyata Huawei Nova 3i ini menggunakan SoC (System on Chip) terbaru yakni Kirin 710 Octa Core berteknologi AI dengan konfigurasi Quad-core Cortex-A73 berkecepatan 2,2 GHz + Quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1,7 GHz .

Konon Huawei Nova 3i ini adalah smartphone pertama keluarga Huawei Nova Series yang menggunakan chipset dengan proses pabrikasi 12 nm ini. Menariknya, Chipset Kirin 710 ini ini dibuat sendiri oleh anak perusahaan Huawei yang bernama HiSilicon. Tuh kan.

Selain chipset, fitur premium yang disemat di Huawei Nova 3i ini adalah GPU (Graphic Processor Unit) Turbo Mali-G51 MP4.

Huawei mengklaim bahwa GPU ARM Mali G51 yang dimiliki chipset ini 1,3 X lebih bagus dari pada GPU Kirin 659 dan lebih efesien 1X dalam hal konsumsi energi.

Sepertinya kinerja chipset Kirin 710 dan GPU Turbo ini semakin bertambah dahsyat dengan dukungan RAM besar berkapasitas 4 GB. 

Nah, dengan fitur-fitur premium dan RAM yang besar ini, Jelas banget kalau performa Huawei Nova 3i akan bikin saya gak bosen saat melakukan aktifitas mulai dari browsing, texting, streaming hingga kegiatan multimedia lainnya seperti memainkan game-game dengan rendering yang detail dan grafis yang tinggi.

Smooth, lancar jaya dan wussss… tanpa nge-lag. Suka…suka..suka…!

Huawei Nova 3i

‘Gak Bakal Khawatir Simpan Berbagai Data Dengan ROM Besar

K ebutuhan space menjadi penting itu penting bagi saya untuk menyimpan berbagai file, program dan sebagainya. Sepertinya Huawei memahaminya.

Beruntung saya, karena Huawei Nova 3i ini karena dibekali dengan memori internal yang longgar hingga 128GB dan bisa diupgrade hingga 256GB via microSD.

Jadi,

Dengan ROM yang sebesar ini, sepertinya saya gak bakal  khawatir untuk menyimpan banyak foto, video, data-data hingga menginstall game-game favorit seperti Farmville 2 Country escape, City Building, Wastern RPG dan sebagainya.  

DIMENSI
Panjang:75,2 mmTinggi:157,6 mmLebar:7,6 mmBerat:Approx. 169 g (termasuk dengan baterai

*Ukuran produk, berat produk, dan spesifikasi terkait merupakan nilai-nilai teoritis saja. Ukuran aktual antara masing-masing produk dapat bervariasi. Semua spesifikasi merupakan subyek pada produk yang sebenarnya. *Berat aktual dapat bervariasi tergantung pada konfigurasi, proses manufaktur, dan metode pengukuran.


WARNA
Black dan Iris Purple


LAYAR

Ukuran: 6,3 inch

 Warna: 16,7 juta warna

Ukuran Saturasi Warna (NTSC): 85% (typical value)

Typle: TFT LCD (IPS)

Resolusi: FHD+ 2340 x 1080, 409 PPI


CPU
HUAWEI Kirin 710 4 x Cortex A73 2,2 GHz + 4 x Cortex A53 1,7 GHz


SISTEM OPERASI
Android 8.1


MEMORI
INE-LX2: 4 GB RAM + 128 GB ROM micro SD card slot: support up to 256 GB (tidak ada standar konfigurasi) *Karena keterbatasan dalam kekuatan pemrosesan CPU, memori yang digunakan oleh sistem operasi dan aplikasi pra-instal, kapasitas yang sebenarnya tersedia untuk pengguna mungkin kurang dari kapasitas memori yang disebutkan. Kpasitas memori yang sebenarnya dapat berubah karena pembaruan aplikasi, operasi pengguna, dan faktor terkait lainnya.


JARINGAN
INE-LX2 (Dual SIM) 4G LTE TDD: B38 / B40 / B41 (2.545 – 2.655 MHz) 4G LTE FDD: B1 / B3 / B5 / B7 / B8 / B28 3G WCDMA: B1 / B5 / B8 2G GSM: B2 / B3 / B5 / B8 Secondary SIM card: 4G LTE TDD: B38 / B40 / B41 (2.545 – 2.655 MHz) 4G LTE FDD: B1 / B3 / B5 / B7 / B8 / B28 3G WCDMA: B1 / B5 / B8 2G GSM: B2 / B3 / B5 / B8 *Dalam versi Dual SIM, slot kartu dapat diatur untuk mengakomodasi Kartu SIM utama atau kedua. *Fungsi yang tersedia di jaringan bergantung pada situasi jaringan operator dan penyebaran layanan terkait.


GPS
GPS, GLONASS, BeiDou (hanya didukung oleh beberapa INE-LX2 yang dijual di Asia Pasifik), AGPS


KONEKTIVITAS 802.11b/g/n, 2.4 GHz Bluetooth 4.2, BLE, HWA, aptX and aptX HD Micro USB, USB 2.0 3,5 mm Headset Jack PC Data Synchronization


SENSORS
Sensor Gravitasi, Sensor Cahaya, Sensor Sentuh, Giroskop, Kompas, Sensor Sidik Jari


KAMERA
Kamera Belakang: 16 mega-pixel (color) + 2 mega-pixel (color), F/2.2 aperture, supports autofocus (phase focus, contrast focus) Kamera Depan: 24 mega-pixel (color) + 2 mega-pixel(color), F/2.0 aperture, supports fixed focal length *Piksel foto dapat bervariasi tergantung pada mode pemotretan.


AUDIO
Audio File Format: mp3, mp4, 3gp, ogg, aac, flac, midi


VIDEO
Video File Format: 3gp, mp4


EMOTION UI
EMUI 8.2


BATERAI
3.340 mAh – 5 V / 2 A charger *Nilai khas. Kapasitas sebenarnya dapat sedikit berbeda. Kapasitas ini adalah kapasitas baterai nominal. Kapasitas baterai yang sebenarnya untuk masing-masing telepon individu mungkin sedikit di atas atau di bawah kapasitas baterai nominal.

W ell, thank you ya telah baca review singkat ini. Walaupun enggak panjang x lebar, yang penting intinya sampeyan tahu kalau Huawei Nova 3i memang benar-benar smartphone idaman paling cantik dan fashionable sedunia, idaman saya banget.

Desain cantik dengan warna iris purple, chipset Kirin 710 berteknologi AI, GPU Turbo yang powerfull serta didukung RAM besar dan media penyimpanan yang longgar.

Apalagi smartphone ini mempunyai 4 kamera AI dengan resolusi hingga 24 MP yang mampu menghasilkan foto-foto keren dan video yang epic tanpa harus mikir nge-shootnya.

Pokoknya akan asik buat bikin foto dan video keren sebanyak-banyaknya buat di upload di sosmed, deh.

Eh, bikin 3D Qmoji yang keren dan kreatif trus kirimin ke aku dong. I am waiting, guys !

Huawei Nova 3i punya fitur AI 3D Qmoji GIF atau video yang dapat dipersonalisasi untuk pesan. lho.

Paling Cantik dan Fashionable
Sedunia !

Cari Tahu di sini !

Smartphone Idaman 2018

Pin It on Pinterest