Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyewa Rumah Kontrakan

Memiliki rumah sendiri menjadi salah satu keinginan setiap orang. Akan tetapi, melihat perkembangan dan keadaan ekonomi, apakah hal tersebut menjadi prioritas utama? Biaya kehidupan sehari-hari semakin meningkat, begitu juga dengan harga properti.

Untuk dapat membeli 1 unit rumah, seseorang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun saat ini ada opsi lain, yaitu melakukan sewa kontrakan. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyewa kontrakan, yaitu:

Harga

Harga

Perhatikan harga yang ditawarkan, apakah dirasa terlalu mahal atau merupakan harga standar. Ada rumah kontrakan yang dibayar setiap bulan, ada juga yang per tahun.

Anda bisa mempertimbangkan hal ini dengan menyesuaikan kemampuan finansial. Anda juga bisa membandingkan harga kontrakan 1 tempat dengan tempat lainnya jika ada.

#01

Fasilitas dan Kondisi Rumah

Lakukan survei dengan mendatangi rumah kontrakan tersebut. Anda bisa bertanya fasilitas apa saja yang ditawarkan dan lihat terlebih dahulu kondisi rumahnya.

Jika kondisi rumah ada yang kurang bagus, maka bersiaplah untuk mengeluarkan dana lebih untuk melakukan renovasi rumah kontrakan. Perhatikan juga perabotan yang tersedia, apakah sudah lengkap atau Anda perlu membelinya.

fasilitas
#02
Lokasi

Lokasi

Lokasi disini sangat penting dalam melakukan sewa kontrakan.

Carilah kontrakan rumah yang lokasinya berdekatan dengan tempat kerja hingga fasilitas umum seperti rumah sakit, tempat perbelanjaan dan lain-lain. Tujuannya tidak lain adalah untuk menghemat pengeluaran biaya transportasi sehari-hari.

#03

Kondisi Lingkungan

Tempat tinggal yang nyaman dan aman tentu menjadi idaman setiap orang. Oleh karena itu, carilah yang lingkungannya membuat Anda betah dan orang-orang disekitar tempat tinggal Anda juga ramah. Kondisi demikian akan membuat Anda nyaman dan betah untuk tinggal di lingkungan tersebut.

Perhatikan juga kondisi kebersihan lingkungan. Usahakan mencari kontrakan yang jauh dari selokan besar, tempat pembuangan sampah ataupun limbah dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk terhindar dari wabah penyakit.

fasilitas
#04

Melakukan sewa kontrakan memang bisa menjadi opsi lain dibandingkan dengan membeli rumah baru dengan harga jutaan rupiah.

Dalam penyewaan tersebut tentunya tidak luput dari renovasi rumah kontrakan jika memang terjadi kerusakan. Oleh karena itu, kenalilah Gradana sebagai solusi pembiayaan jika terjadi hal-hal yang diluar kendali.

Gradana
Spread the love
0%
Assalamualaikum. Bersabar ya, Jengyuni lagi nyiapin minuman dan kacang rebus untuk menyambut kamu