preloder

Tengah hari (27/11/2014) saya mendapatkan email dari Blackberry yang bunyinya seperti berikut:

ATTENTION BBM USERS:

We are awarding 2,000 prizes of Rp 300.000 each to those who recruit the most new BBM users. To qualify, simply start recruiting new BBM users and add them to your BBM contact list. The new users you recruit must be real people who use BBM to send messages at least 10 days between the start of the contest and February 20, 2015 – and they must have at least 10 BBM contacts each. So get recruiting and help everyone you know get signed up to BBM, help them add contacts, and show them how to love BBM like you do!

For complete details and official rules, click here: http://blck.by/1yc6Kfv

Thanks for loving BBM!
– The BBM Team

 

Dengan melihat alamat pengirim saya menyimpulkan bahwa email dengan subyek “The great Indonesian BBM Recruitment Contest” ini bukan spam dan valid berasal dari Blackberry karena alamat sendernya adalah [email protected] Saya kira email dengan akhiran @blackberry.com tidak mungkin hasil clonning.

Email Tentang Apa ?
Dari email ini dapat diketahui bahwa bahwa Blackbery tengah mengadakan Kontes Rekruitment Pengguna BBM bagi pengguna di Indonesia (only) yang di mulai 22 Nopember 2014 s/d 20 Pebruari 2015.

Tak tanggung-tanggung, hadiah yang disediakan berupa uang senilai Rp 600.0000.000 yang akan dibagi untuk 2000 partisipan yang beruntung. Artinya masing-masing peserta beruntung tersebut mendapatkan uang tunai Rp. 300.000 dengan syarat mampu menggaet 10 orang pengguna BBM baru dan aktif berkirim pesan minimal 10 hari selama periode kontes.

Menebak Maksud Blackberry
Mungkin anda dan saya sepakat bahwa salah satu yang menarik dari blackbery adalah layanan BBM (Blackberry Messanger) dan keyboard qwerty yang menawan. Sebelum Android merajalela, blackberry pernah menjadi gadget favorit dihampir banyak negara baik untuk perorangan maupun korporat. Blackberry memberikan value tersendiri bagi yang memilikinya saat itu.

Sayang sekali Blackberry terlambat melakukan inovasi dan diversifikasi produk serta tetap memposisikan sebagai gadget mahal. Akhirnya Blackberry tidak berdaya melawan pendatang baru yakni gadget ber-O.S Android keluaran Google yang bersifat terbuka. Android cepat populer karena mampu berjalan di hampir semua gadget untuk kelas murah hingga premium. Dan sesungguhnya itulah yang dibutuhkan oleh masyarakat saat itu.

Android cepat populer karena mampu berjalan di hampir semua gadget untuk kelas murah hingga premium. Dan sesungguhnya itulah yang dibutuhkan oleh masyarakat saat itu

Akhir yang pahit pun ditelan Blackberry bahwa aplikaksi messanger andalannya, BlackBerry Messenger terpaksa merumput di Android untuk mendapatkan kembali hati para usernya yang kadung pindah ke Android.

Hingga saat ini Populasi Blackberry semakin terkikis. Menurut internet2go.net, global projection hingga tahun 2014, share Blackberry tinggal 0.01%, jauh tertinggal dibanding Android (42%), IOS (14%), Windowsphone (15%) dan OS lainya (27%). Memang orang-orang di Indonesia masih cukup loyal dengan Blackberry.

Minimal tetap memakai BBM walaupun dari Androidnya dimana dibelahan dunia lain sudah tidak memakainya sama sekali dan lebih memilih aplikasi chatting Whatsapp, Line, Kakao, dan sejenisnya.

Kontes rekruitmen pengguna BBM ini sepertinya dimaksudkan untuk menjaga loyalitas pengguna lama sekaligus menarik kembali user dan menambah user baru untuk menjaga posisi share BBM dengan kompetitor.

 

Apakah Effektif ?
Ketika inovasi tidak mampu membantu mempertahankan loyalitas user maka kontes ini menjadi salah satu cara yang sangat realitis untuk dilakukan. Walaupun demikian saya menganggap bahwa kalau toh pun berhasil menggaet user baru sebanyak 10 x 2000 orang, akan tetapi kalau aplikasi tidak lagi memenuhi ekspektasi pengguna karena minimnya inovasi, maka tetap saja akan menjadi blunder.

Bagaimana, apakah anda tertarik mendapatkan Rp. 300.000 gratis dari Blackberry, silahkan mengikuti kontes ini dan dapatkan informasi lebih lanjut disini : http://blck.by/1yc6Kfv