preloder
idul fitri

Insya allah, tak lama lagi kita akan menjumpai kembali bulan cahaya bagi kaum muslimin, yakni Ramadhan! Semoga kita adalah bagian dari golongan orang-orang yang gembira menyambutnya. Semoga kegembiraan itu tidak karena latah atau sekedar euporia sesaat sehingga justru mensia-siakan berkah yang ada di dalamnya. Belum tentu kita akan menjumpainya kembali tahun depan.

“Barang siapa yang bahagia menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, maka Allah haramkan jasadnya masuk neraka” (Al-Hadist)

Ketika kita memasuki Ramdhan, maka kita akan mendapati hikmah yang besar atas tiga hal yakni melaksanakan kewajiban berpuasa di siang harinya dan ibadah sunnah di malam harinya, yakni sholat taraweh. Ketiga, adalah Malam Lailatur Qodar yakni malam turunya Al-Qur;an yang akan membawa kebaikan hidup seribu bulan bagi yang medapatkannya. Tiga hal ini yang membedakan bulan Ramdhanm bulan-bulan yang lain dalam satu tahun.

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS Al-Baqoroh : 185)

Dari Abu Hurairah ra ia berkata, Rasulullah saw saat Ramadhan tiba bersabda:
Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, Allah telah wajibkan atas kalian puasa di siang harinya, pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan syetan-syetan dibelenggu, pada bulan ini ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, siapa yang terhalang dari kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang (H.R. Ahmad).

Apa yang didapatkan dengan semua amalan-amalan ibadah baik wajib maupun sunah di bulan Ramadhan ini ? Bagi saya hanya satu yang sangat saya damba-dambakan, yakni AMPUNAN ALLAH !. Menurut anda, apakah ada yang lebih baik daripada ampunan Allah atas segala dosa-dosa dan keburukan kita ?

Ampunan Allah menjadikan haram jasad kita disentuh api neraka dan oleh karenanya hak atas surga dengan sendirinya akan menjadi milik kita. Sepertinya hanya itu tujuan hidup dan kehidupan sesungguhnya, terutama bagi orang-orang yang di “nash” masuk dalam golongan kasab, seperti saya.

11 bulan menunggu, Insya Allah tidak tersia-siakan. Ramadhan memang khusus diciptakan oleh Allah sebagai jalan untuk mendapatkan ampunan bagi hamba-hambanya yang gembira menyambut serta bersungguh-sungguh memaknainya.

Oleh karena itu, mari kita teguhkan niat terlebih dahulu, gembirakan hati menyambut kedatangannya dan petik ampunan Allah setelahnya.

Amien Ya Robbal ‘alamin.

paper torn

Jengyuni.com adalah personal website yang dibangun dari “ketidaktahuan” dan “keterlambatan” memasuki dunia digital. Di saat orang-orang sudah membuat startup yang menghasilan dollar bertumpuk-tumpuk,
jengyuni masih asik soscmed-an dan malah hanya membaca keberhasilan orang lain di portal-portal berita
melalui layar smartphone yang besarnya tak lebih dari 5 inc.