preloder
Game Anak Sholeh Bikin Liburan Ayunda Semakin Seru.
GAME ANAK SHOLEH
BIKIN LIBURAN AYUNDA SEMAKIN SERU

Game Anak Sholeh – Game Pengisi Liburan – Sholeh Sejak Dini

Namanya juga anak-anak, kalau sudah ketemu yang namanya game-game pastilah girangnya bukan main. Itu bagian dari dunia mereka, dunia tumbuh kembang sesuai dengan tingkatan usianya. Dulu, saya juga mengalami masa-masa seperti itu walaupun berbeda bentuknya.

Saya memang tidak melarang anak-anak saya bermain game baik melalui notebook maupun smartphone. Tentu saja dengan catatan-catatan tertentu. Minimal harus menyelesaikan kewajiban-kewajiban yang utama terlebih dulu seperti mengaji, belajar, mengerjakan PR dan lain sebagainya. Itu pun dengan waktu yang telah saya batasi.

Anak laki-laki saya, Arya yang duduk dikelas 9, suka dengan game-game online yang bernuansa strategi sedangkan Ayunda yang duduk di kelas 3 SD lebih seneng dengan game-game edukasi.

Walaupun demikian saya tidak membiarkan keduanya bermain game tanpa pengawasan terutama Arya yang sudah diijinkan ayahnya untuk memiliki gadget dan notebook sendiri.

Ayunda yang awalnya main game menggunakan smartphone yang saya pegang, pertengahan ramadhan tahun ini bisa main game dengan gadget sendiri yakni sebuah Windroid 9 inc yang dilengkapi dengan keyboard. Windroid ini adalah hadiah ketika saya mengikuti lomba blog yang diadakah oleh sebuah brand teknologi lokal.

Windorid tersebut memang dibutuhkan Ayunda selain untuk game juga mendukung hobby Ayunda yang lain yakni menulis diary yang dirangkai menjadi sebuah cerpen.

Sebenarnya saya keluar dari stigma negatif bahwa game tidak baik bagi perkembangan anak. Tidak, sepanjang anak-anak memainkan jenis game yang baik dan edukatif sesuai dengan tingkatan umur, game justru bermanfaat bagi pertumbuhan anak.

Setidaknya 4 (empat) hal dibawah ini adalah gambaran beberapa manfaat game bagi anak.

Game Anak Sholeh
Manfaat Game
Bagi Tumbuh Kembang Anak

MENGENAL TEKNOLOGI

Game secara tak langsung akan mengajarkan anak untuk lebih memahami teknologi informasi yang sedang berkembang sekarang ini

MENSTIMULASI OTAK & MELATIH LOGIKA

Game juga membantu stimulasi otak dan proses berpikir untuk menciptakan skenario yang panjang dan rumit sebagai bagian dari pengembangan kreativitas mereka. Game juga bisa membantu melatih penggunaan logika, menganalisa, dan memecahkan masalah yang dihadapi.
Game Anak Sholeh

MENGEMBANGKAN IMAJINASI

Game bisa membantu anak mengembangkan imajinasi mereka. Anak bisa menggunakan imajinasi ini untuk menyeimbangkan berbagai kejadian dalam film dan diaplikasikan dalam dunia nyata (yang relevan dan postif).
w

BELAJAR AKHLAK

Game-game tertentu juga didesain sedemikian rupa, berisi pembelajaran akhlak mulia kepada anak yang mampu dipraktekan dalam keluarga dan kehidupan sosialnya setiap hari.

GAME ANAK SHOLEH
GAME RAMADHAN PENGISI LIBURAN AYUNDA
Usia penerimaan rapor sebagai tanda liburan telah tiba, Ayunda langsung minta didownloadkan game lagi. Terpikirkan oleh saya untuk mendownloadkan game Islami (lagi) untuk Ayunda, apalagi masih di suasana Ramadhan yang penuh dengan berkah.

Atas rekomendasi teman-teman blogger yang mempunyai anak di bawah 10 tahun, saya disarankan untuk mencoba game Islami yakni Game Anak Sholeh.

Tidak saya sangka, ternyata Ayunda sangat menyukai Game Anak Sholeh ini. Bahkan saat pertama kali menjalankan game ini Ayunda malah tertawa cekikian sendiri.

“Lucu ma, Itu Si Ali kalau kaget tubuhnya sampai ketarik ke belakang.” Kata Ayunda. Rupanya itu yang bikin dia tertawa cekikian.

Hampir setiap hari Ayunda memainkan game Anak Sholeh ini terutama menjelang berbuka puasa. Dia juga bercerita kepada teman-teman ngajinya yang akhirnya malah pada ikut mendownload dan memainkan game ini.

Boleh dibilang bahwa Game Anak Sholeh ini Game Ramadan Pengisi Liburan yang menjadikan liburan Ayunda semakin seru dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Game Anak Sholeh
Walaupun sudah banyak game-game dengan teknologi smartphone di Indonesia yang mengambil tema seperti, ini tetapi Game Anak Sholeh memang berbeda. Selain lebih edukatif, Game Anak Sholeh ini juga lebih komperhensif didukung animasi yang sangat keren.

Muatan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam Game Anak Sholeh ini dikemas dalam alur cerita interaktif dengan dialog yang mudah dipahami anak-anak serta game-game yang seru. Bagi Ayunda, Game Anak Sholeh ini sangat membantu mengingat kembali pelajaran agama Islam (PAI) disekolahnya.

Dengan kata lain, Game Anak Sholeh tidak hanya sebuah permainan yang menghibur tetapi juga merupakan cara unik untuk belajar nilai-nilai islami yang akan menjadikan anak sholeh sejak dini dengan cara menyenangkan.

Apa yang menarik dari Game Anak Sholeh ini dan kenapa Ayunda sangat menyukainya dan Insya Allah juga anak-anak yang lain ?

Game Anak Sholeh
DIBUAT OLEH DEVELOPER GAMES ASLI INDONESIA
Kita mesti bangga bahwa Game Anak Sholeh adalah hasil karya anak- anak muda Indonesia yang tergabung dalam Agate Internasional, developer game asli Indonesia dari Bandung yang fokus pada “High Quality Entertainment Games” dalam berbagai platform mulai dari playstation, wii, Xbox One, windows, mac dan mobile.

Agate Internnasional ini telah diakui secara nasional maupun internasional yang dibuktikan dengan diperolehnya 1 (satu) penghargaan tingkat nasional dan 4 (empat) penghargaan internasional pada tahun 2010.

Game Anak Sholeh
INTERAKTIF & KOMPREHENSIF
Game Anak Sholeh didesain interaktif dengan animasi yang detail serta efek suara yang bagus. Anak diajak ikut serta segmen demi segmen yang dikemas dalam alur cerita petulangan dengan dialog interaktif yang menarik, sederhana dan mudah diikuti. Yang menarik, Game Anak Sholeh merangkum Pendidikan Agama Islam (PAI) yang terpadu dan komprehensif dimana dalam satu aplikasi, anak akan belajar banyak hal seperti sebagai berikut :

TUTORIAL WUDHLU & SHOLAT

Anak dapat belajar dan mempraktekan cara wudhlu dan sholat dengan benar melalui tutorial bergambar lengkap dengan bacaan-bacaan yang dapat dibaca dan didengarkan (audio)

HAFALAN SURAH PENDEK

Selain belajar sholat, anak juga dapat belajar menghafal surah-surah pendek juzz amma’ dengan cepat melalui tulisan dan suara
Game Anak Sholeh

DOA-DOA HARIAN

Dalam Game Anak Soleh ini, anak-anak tanpa disadari akan belajar menirukan dan menghapal doa-doa pendek harian seperti doa keluar rumah, doa sebelm makan dan lain sebagainya

BELAJAR HURUF HIJAIYAH

Bagi anak umur dibawah 6 tahun atau yang masih duduk di bangku TK bisa belajar mengenal dan menghafal huruf-huruf Hijaiyah dengan cara yang mudah dan menyenangkan

BELAJAR AKHLAK

Anak juga secara tidak langsung belajar menjadi Sholeh Sejak Dini melalui cerita petualangan bersama karakter Ali, Muza, Abro, Danis dan Jana

BELAJAR PENGETAHUAN ISLAMI

Anak bisa belajar ensiklopedi Islam seperti kisah nabi, Nuzulul Quran dan lain sebagainya yang dapat membantu anak Anda mendalami pengetahuan tentang agama Islam
Game Anak Sholeh
Game Anak Sholeh
TERDAPAT PULUHAN
MINI EDUGAME YANG MENGASIKAN BAGI ANAK
Dalam satu aplikasi Game Anak Sholeh ini juga terdapat puluhan mini edugame yang menambah pengalaman berbeda bagi anak. Dengan mini edugames ini anak dapat belajar sekaligus bermain dengan cara mengasikkan dan tidak membosankan.

Anak-anak dapat memainkan sesuka hati mini edugames tersebut dan dapat mengulang kembali permainan apabila mendapatkan score yang kurang bagus dan berkeinginan untuk mendapatkan score tertinggi dalam setiap permainan.

Score setiap permainan akan terakumulasi secara otomatis yang dapat dipergunakan orang tua untuk mengukur kemampuan anak.

Game Anak Sholeh
TANPA TAMPILAN IKLAN
YANG MENGGANGU
Di dalam aplikasi Game Anak Sholeh ini tidak ada iklan sehingga anak jauh lebih bebas untuk bermain dan berpetualang tanpa ada konten iklan yang tidak sesuai serta mengganggu keasikan anak dalam bermain.

Selain itu, orang tua juga tidak perlu kwatir karena semua konten yang ada dalam Game Anak Sholeh ini telah disaring sedemikian rupa sehingga game ini aman dimainkan untuk anak-anak.

Game Anak Sholeh
Game Anak Sholeh
MENAMBAH KEAKRABAN ORANG TUA DAN ANAK
Dengan fitur Parent App, orang tua bisa memantau kegiatan anak bermain di Game Anak Sholeh. Orang tua juga bisa membantu anaknya dalam memahami fitur yang ada di Game Anak Sholeh, orang tua bahkan juga bisa bermain bersama anak, mengikuti alur cerita bersama-sama memecahkan teka-teki atau memberi clue-clue kepada anak.

Hal ini akan menjadi momen berkumpul yang sangat berharga dalam keluarga sambil menunggu berbuka puasa. Manfaat lain yang akan diperoleh adalah terbangunnya kedekatan orang tua dengan anak dan semangat kerjasama team dalam keluarga.

Selain itu, orang tua juga bisa potensi-potensi anak dalam memainkan game ini, menyelesaikan setiap tantangan yang muncul.

Game Anak Sholeh
DAPAT DIMAINKAN SECARA OFFLINE
Salah satu yang menarik dari Game Anak Sholeh ini adalah dapat dimainkan anak secara offline. Game ini berjalan dengan baik pada smartphone dengan OS Android 4.0.3 ke atas. Pemakaian space storage pun tergolong tidak banyak yakni hanya sekitar 199 MB.

Karena bisa dimainkan secara offline, maka Orang tua tidak perlu kwatir bila anak memainkan game ini karena tidak akan menguras kuota data smartphone.

Pemakaian kuota data baru diperlukan bila ingin mengupdate aplikasi Game Anak Sholeh ini.

Game Anak Sholeh
KARTU KEBAIKAN
PETUALANG PALING DISUKA
AYUNDA
Semua kisah petualangan Ali, Muza, Abro, Danis dan Jana sangat seru, menarik dan penuh dengan nasehat budi pekerti luhur yang mencerminkan perilaku anak sholeh. Walaupun demikian ada satu kisah petulangan lima bersahabat ini yang paling disukai Ayunda yakni “Kartu Kebaikan”.

Muza yang sebenarnya adalah makhluk luar angkasa datang ke bumi adalah dalam rangka mencari kartu kebaikan. Karena kelucuan dan keimutan Muza, Abro dan teman-temannya menjadi iseng ingin memiliki dan mengajak bermain si Muza, sedangkan Muza tidak mau.

Si Muza pun melawan dan menggunakan kekuatannya. Ia mendatangkan dunia mimpi bagi Abro dimana seolah-olah ia didatangi dinosaurus yang menyeramkan.

Akhirnya Abro dan teman-temannya kapok dan minta maaf kemudian membantu Muza mencari kartu kebaikan.

“Jagoan Sholeh Beraksi,” Teriak mereka sebelum membantu Muza mencari kartu Kebaikan.

Mereka bertanya sana-sini untuk menemukan kartu kebaikan mulai dari penjual gorengan hingga penjual kartu di pasar. Walaupun demikian mereka tidak bisa menemukannya.

Tanpa disangka kartu kebaikan itu tiba-tiba muncul dengan sendirinya ditengah-tengah mereka. Ternyata kartu kebaikan hanya itu muncul karena kebaikan hati dan keikhlasan hati Ali dan teman-temannya menolong Muza.

Game Anak Sholeh
KESIMPULAN & SARAN
Game-game yang berjalan dengan teknologi smartphone di Indonesia memang sudah mulai banyak dan beragam, akan tetapi tidak semua bersifat dapat dikategorikan sebagai game edukatif dan komperhensif. Kalau toh pun bersifat edukatif akan tetapi tidak didukung dengan tampilan yang menarik padahal tampilan yang menarik akan disukai oleh anak-anak.

Hadirnya Game Anak Sholeh ini memberikan nuansa game yang berbeda dan memberikan pengalaman yang mengasikkan bagi anak. Selain edukatif, Game Anak Sholeh juga sangat edukatif dan komprehensif dimana dalam satu aplikasi mampu memadukan unsur-unsur Pendidikan Agama Islam dari tingkat TK hingga SD dengan permainan-permainan dan mini gamey ang seru.

Dengan dukungan visual animasi yang detail dan tata suara yang bagus, game ini sangat menarik untuk dimainkan oleh anak-anak. Lebih-lebih bahwa Game Anak Sholeh ini didesain tanpa iklan.

Orag tua juga tidak perlu kwatir karena muatan konten dalam Game Anak Sholeh ini telah melalui filterisasi yang ketat yang disesuaikan dengan nilai-nilai agama Islam sehingga aman dimainkan oleh anak.

Walaupun demikian, sebagai orang tua yang mendampingi anak memainkan game ini, menurut saya ada beberapa hal kecil yang perlu diupayakan dalam pengembangan selanjutnya yakni :

LOADING TIME

Loading time masih cukup lama. Bila memungkinkan untuk dipercepat maka akan sangat mengasikkan karena anak tidak perlu menunggu lama
l

TERJEMAHAN DALAM BACAAN SHOLAT

Bacaan Sholat disertakan arti atau terjemahan dalam bahasa Indonesia agar anak mengetahui arti bacaannya
z

BAHASA ARAB

Game pasang gambar buah dan sejenisnya disertakan juga bahasa arab, agar anak belajar mengenal jenis buah sekaligus bahasa arab
w

SALAM

Mengganti kata ‘permisi’ dengan ucapan salam ketika karakter dalam game bertemu atau berpisah
v

QUIT GAME

Quit atau Exit Game juga disisipkan kata salam perpisahan “Wassalamu’alaikm Wr. Wb”
Game Anak Sholeh
Tidak ada kata membosankan belajar tentang Islam melalui Game Anak Sholeh.
Game edukatif dan interaktif yang akan memberikan pengalaman berbeda dalam belajar sekaligus bermain bagi anak.
Download aplikasinya sekarang juga dan jadikan anak anda sholeh sejak dini
bersama GAME ANAK SOLEH.