preloder

Beberapa hari lalu saya membuat posting dengan judul “Benarkah Setan Dibelenggu Pada Bulan Ramadhan“. Postingan tersebut pada dasarnya untuk menafsirkan Hadits Rasullullah Muhammad SAW tentang datangnya Bulan Ramadhan, terbelenggunya setan dan jin pada bulan tersebut, tertutupnya pintu neraka dan terbukanya pintu surga.

Tidak sedikit yang mempercayai bahwa terbelenggunya setan dan jin jahat yang mengganggu ibadah manusia adalah hal yang nyata. Karena setan dan jin sejatinya memang ada dan telah diciptakan Allah SWT, sebagaimana difirmankan dalam Al-Qur’an,

Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas. (Al Hijr, 27.)

serta Hadits yang berbunyi,

Para malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan dari apa yang disifatkan kepada kalian. (HR. Muslim no. 2996 dari ’Aisyah x)

Kalau saya sendiri lebih menyakini bahwa terbelenggunya setan pada dasarnya adalah sebuah symbol atau mempunyai makna kiasan. Makna setan terbelenggu itu serupa dengan tertutupnya pintu neraka dan terbukanya pintu surga.

Saya tidak meragukan sekali adanya surga dan neraka sebagai balasan kehidupan manusia, akan tetapi menurut beberapa keterangan, keduanya masih kosong belum berpenghuni sampai hari penghisaban nanti dan Rasullullah-lah yang pertama kali memasukinya.Imam Ahmad meriwayatkan sebuah hadits dari Sulaiman bin Mughirah, dari Tsabit, dari Anas bin Malik, yang ia terima langsung dari Rasulullah saw. beliau bersabda:

“Setelah aku tiba di pintu surga pada hari kiamat, aku meminta agar pintu surga dibuka. Penjaga pintu surga bertanya: “Anda siapa?” Akupun menjawab: “Aku Muhammad,” Ia berkata: “Untukmu aku diperintahkan agar tidak membukakan pintu untuk siapapun sebelum engkau memasukinya.” (HR Muslim dan Ahmad)

Seperti apakah kira-kira bila setan setan dan jin tertangkap dan dibelenggu di bulan Ramadhan. Penasaran ? silahkan melihat spoiler gambar dibawah ini…

SPOILER 1

SPOILER 2

Bila masih penasaran silahkan berandai-andai sendiri. Semoga sukses, teman !

paper torn

Jengyuni.com adalah personal website yang dibangun dari “ketidaktahuan” dan “keterlambatan” memasuki dunia digital. Di saat orang-orang sudah membuat startup yang menghasilan dollar bertumpuk-tumpuk,
jengyuni masih asik soscmed-an dan malah hanya membaca keberhasilan orang lain di portal-portal berita
melalui layar smartphone yang besarnya tak lebih dari 5 inc.