preloder
Apa sih yang paling diharapkan oleh seorang blogger? adalah sebuah pengakuan (recognition).Ya, sebuah pengakuan atas existensinya dalam rimba maya yang ambiguit ini. Seorang blogger eksis dan hidup karena tulisan-tulisan dan idenya. Tulisan yang mampu mencuri perhatian para pengunjung pembaca secara masif. Nah, permasalahan dasarnya adalah bagaimana tulisan itu dibaca oleh jutaan orang. Sebagus apapun tulisan dan blog, apabila tersembunyi dalam lipatan-lipatan virtual maka jangan pernah berpikir untuk eksis.
Ini seperti sebuah ‘kutukan’ dimana permasalahan bagaimana tulisan kita dibaca orang menjadi kendala bagi hampir rata-rata blogger terutama blogger newbie, seperti saya dan mungkin anda. Lalu apa yang harus dilakukan ?
“Sebagus apapun tulisan dan blog, apabila tersembunyi dalam lipatan-lipatan virtual maka jangan pernah berpikir untuk eksis.”

Sebagai blogger newbie dan amatir, saya pun tidak lepas dari itu semua. Oleh sebab itu saya selalu mencari ‘penolong‘. Pada dasarnya penolong itu sudah banyak bertebaran dimana-mana. Salah satunya adalah dengan ‘Sosial Bookmarking’ yakni ‘menitipkan’ link artikel blog kita dibeberapa situs-situs besar dan bertraffict tinggi. Sebut saja ada lintas.me, wartawan.co, pulsk.com, viva.co.id, technorati, facebook, twitter dan sebagainya.

Cara lain yang juga bermanfaat menurut saya yakni melakukan blog walking (BW) dan bergabung dalam ‘situs media warga‘. Situs media warga merupakan situs yang menyediakan ruang bagi blogger untuk memposting tulisan-tulisan di halaman webnya. Kita mengenal microsite seperti kompasiana, blog detik, dan lain-lain. Member pada situs ini sering disebut dengan contributor, disebut juga Netizen. Nah, mengikuti jejak situs-situs yang sudah duluan ada, kini dunia maya kehadiran satu lagi situs media warga yang memberi ruang ekspresi yang lebar bagi para blogger. Situs itu bernama ‘dicuekin [dot] com’.

Situs yang beralamatkan di www.dicuekin.com merupakan transformasi dari situs personal gratisan menjadi situs media warga dengan hosting dan domain berbayar. Melalui situs ini, para blogger bebas menunjukkan eksistensinya sebagai kontributor. Sebagai kontributor, kita bisa menulis apa saja, entah tentang politik, kesehatan, berita umum, cara membuat blog, daftar blog gratis, informasi teknologi, pendidikan, entertainment, olah raga dan lain sebagainya.
Namun demikian untuk menjadi kontributor, seorang blogger perlu daftar akun dicuekin terlebih dahulu. Cara daftarnya sangat mudah, hanya dengan dua langkah sebagai berikut:
CARA DAFTAR AKUN DICUEKIN [DOT] COM

 LANGKAH #1
ISI FORMULIR PENDAFTARAN

ilustrasi1

KETERANGAN


1
Isi kolom ‘username’ dengan user name yang anda kehendaki
2
Isi kolom email dengan alamat email anda yang masih aktif untuk validasi
3
Isi kolom password dengan password yang anda kehendaki. Untuk keamanan, disarankan menggunakan kombinas huruf besar, huruf kecil dan angka
4
Kemudian Submmit

LANGKAH #2
VALIDASI EMAIL

Ilustrasi2

KETERANGAN

1
Buka Email anda 
2
Klik link tautan validasi yang dikirimkan ke alamat email anda.

HOREEEEE……SELAMAT !!! ANDA SUDAH BERHASIL MENJADI MEMBER DICUEKIN[DOT]COM

Setelah validasi email, anda sudah bisa melakukan login web dan melakukan posting artikel. Akan tetapi ada baiknya apabila anda melengkapi proses registrasi dengan memperbaharui data diri. Caranya dengan mengklik menu ‘edit my profile’ yang ada di pojok kanan atas (lihat gambar dibawah).  

Cara Daftar dan Ngeblog Gratis di Situs Dicuekin.com

Bagaimana mudah sekali, bukan ? Apabila anda masih kesulitan dengan penjelasan diatas, silahkan untuk melihat video tutorialnya dibawah ini.
VIDEO TUTORIAL