BUKUWARUNGAPLIKASI PEMBUKUAN ONLINE TERBAIK UNTUK UMKM

Pemilik usaha kecil (UMKM) banyak yang abai dengan pembukuan. Tidak perlu pembukuan karena modalnya kecil dan pelangganya pun hanya itu-itu saja, malah bikin ribet. Itu umumnya yang ada di benak mereka. Saya pun awalnya idem dengan pemikiran itu. Setelah mengalami banyak hal, akhirnya saya mengubah pola dan melakukan pembukuan usaha secara tertib untuk kelangsungan usaha.

Punya usaha pasti tak lepas dari utang pelanggan. Hal ini pernah saya alami ketika masih aktif menjalankan bisnis warung makan dan toko kelontong di depan rumah yang saya kelola bersama suami. 

Saat itu, saya memang tidak mempermasalahkan bila ada pelanggan yang mengutang kebutuhan pokok dan makanan di tempat saya. Alasannya, selain bermaksud menolong juga saya juga ingin agar pelanggan tetap berbelanja di tempat saya. 

Entah kenapa saya percaya begitu saja kalau mereka pasti akan membayar hutang. Apalagi saya cukup mengenal pelanggan-pelanggan saya yang kebanyakan tetangga dan karyawan sebuah perusahaan distributor minuman dalam kemasan yang tak jauh dari tempat saya.    

Saking percayanya, saya bahkan tak membuat catatan hutang para pelanggan tersebut. Sebenarnya tak hanya sebatas tentang hutang pelanggan saja karena faktanya saya juga malas melakukan pembukuan usaha lainnya. Saya pikir itu bikin ribet. Lebih-lebih usaha yang saya jalankan adalah usaha kecil, dengan modal kecil dan segmentasi yang terbatas pula.

Namun ternyata saya salah. Karena tidak ada catatan hutang pelanggan dan pembukuan usaha inilah membuat saya nyaris gulung tikar. Saya tidak bisa memantau perkembangan usaha. Pembayaran hutang pelanggan tak sering sesuai ekspektasi. Saya jadi kalang kabut ketika barang dagangan pada habis namun tidak ada uang untuk kulakan. 

Sejak saat itu saya mengubah pola dengan membuat pembukuan warung secara tertib hingga benar-benar merasakan betapa bermanfaatnya pembukuan tersebut bagi kelangsungan bisanis dan usaha saya.

Kenapa Perlu Pembukuan?

 Secara teknis pembukuan usaha dibutuhkan karena menyajikan laporan administrasi keuangan dari usaha yang sedang dijalani seperti penjualan, pembelian, pendapatan, pengeluaran, piutang dan sebagainya. Kesalahan saya dulu menjadikan saya lebih paham bahwa ada banyak manfaat dan keuntungan yang didapat dengan melakukan pembukuan usaha, berikut 3 (tiga) di antaranya:

Mengetahui kondisi untung atau rugi usaha

Saya dulu memang tidak bisa mengatahui untung atau rugi atas usaha yang saya jalankan. Ya, karena tidak ada catatan pemasukan dan pengeluaranyang bisa jadikan acuan.

Setelah nyaris gulung tikar itulah saya baru memahami bahwa pembukuan usaha secara teratur bermanfaat untuk mengetahui apakah kondisi usaha untung atau rugi. 

Bahkan, dengan pembukuan ini sebenarnya saya harusnya bisa membandingkan kondisi keuangan per bulan atau per tahun sehingga dapat mengetahui apakah usaha saya mengalami kenaikan pendapatan atau tidak. 

warung1
warung2

Mengendalikan keuangan usaha

Bagi yang pernah atau sedang menjalankan usaha tentu perlu mengetahui pengeluaran keuangan baik harian, mingguan, bulanan atau tahunan. Kadang ada pengeluaran keuangan yang sama sekali tidak sesuai dengan peruntukannya.

Nah, pembukuan memberi manfaat sebagai alat untuk mengendalikan keuangan tersebut. Maksudnya, kita bisa mengetahui biaya-biaya manakah yang perlu dan tidak perlu sehingga bisa dipangkas atau dihemat agar lebih efisien untuk memaksaimalkan keuntungan. Saya rada menyesal karena dulu tidak menyadari pentingnya hal ini.

Memudahkan mengambil keputusan

Usaha apa pun jenisnya, bahkan walaupun hanya sekedar warung makan misalnya, pasti erat hubungannya dengan sebuah keputusan (Decision Making). 

Nah, pembukuan menjadi alat paling efektif untuk membuat keputusan usaha dengan lebih baik. Misal, apakah ada keuntungan yang dapat dipakai untuk berinvestasi dengan menambah alat-alat produksi, pembuatan media promosi, atau keputusan menambah modal dengan pinjam ke bank dan sebagainya. 

Intinya pembukuan usaha menjadi dasar pengambilan keputusan usaha agar tidak keliru yang ujung-ujungnya malah merugi.  

Mudahnya Melakukan Pembukuan Usaha Secara Online dengan Aplikasi BukuWarung

BukuWarung

Majunya teknologi, kini para pemilik warung atau usaha-usaha yang masuk dalam kategori UMKM tidak lagi sulit untuk melakukan pembukuan usaha. Bahkan pembukuan usaha yang saya maksud tersebut bisa dilakukan secara online melalui handphone atau gadget yang dimilikinya dengan bantuan sebuah aplikasi.

Sebenarnya ada banyak aplikasi pembukuan gratis yang bisa digunakan. Namun menurut saya, salah satu yang paling bagus dan berdaya guna sesuai dengan kebutuhan usaha kecil dan menengah adalah BukuWarung.

BukuWarung ini adalah kontribusi digital revolusioner dari sebuah startup SaaS (Software as a Service) anak negeri, PT Buku Usaha Digital. Kehadiranya benar-benar mampu menyederhanakan proses akuntansi yang rumit dan bikin pusing menjadi lebih simpel dan mudah dipahami. Bahkan oleh pemilik warung yang awam dengan detail akuntansi sekali pun.

bukuwarung

Dengan aplikasi ini, pemilik warung dan UMKM bisa mencatat berbagai transaksi bisnis mulai dari pemasukan, pengeluaran, hutang dan piutang pelanggan secara lebih mudah.

Tehnically, aplikasi android yang sudah ada sejak tahun 2019 Ini menjadi cara baru dalam mencatat pembukuan bisnis dan usaha karena kemampuannya menggantikan pembukuan cara lama yang umumnya dilakukan secara manual menggunakan buku dan kertas yang ribet dan bikin pusing.

Lalu apa fitur-fitur, kelebihan serta manfaat yang dimiliki aplikasi BukuWarung ini, berikut di antaranya:

Catat Semua Transaksi Pembukuan Secara Digital dan Aman

BukuWarung ini mempunyai kemampuan mencatat semua transaksi usaha (pembukuan) dari mulai penjualan, pendapatan, pengeluaran, utang piutang pelanggan hingga omset secara digital melalui smartphone.

Yang menarik, pemilik warung (pengguna) bisa melakukan pembukuan lebih dari satu usaha yang dimilikinya. Artinya, pengguna bisa memisahkan arus kas pembukuan usaha yang berbeda dalam satu platform saja di BukuWarung. Tentu saja ini menjadi lebih efisien.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah, pengguna dapat mengakses semua data pembukuan dengan mudah, baik secara harian, mingguan maupun bulanan. Semua data transaksi 100% tersimpan secara online dan aman di server BukuWarung. 

utang-pelanggan

Catat Utang Serta Tagih Otomatis Melalui SMS dan WhatsApp Secara Gratis.

Salah satu fitur bermanfaat bagi pemilik usaha kecil seperti warung makan, cafe dan sejenisnya yang biasanya memberi hutang kepada pelanggannya adalah fitur catat dan tagih utang. Pemilik warung dapat mencatat hutang-hutang pelanggan dengan mudah. 

Asiknya, aplikasi BukuWarung ini pun memliki cara unik dalam menagihnya yakni dengan mengirimkan notifikasi tagihan otomatis melalui SMS atau WhatsApp. Begitu pelanggan membayar, pemilik warung pun dapat memantau secara online dan realtime melalui dashborad aplikasi.

Selain gratis, fitur ini memungkinkan hutang pelanggan terbayar lebih cepat dan menjadikan likuiditas usaha tetap lancar. 

Unduh Laporan Transaksi Secara Mudah dan Cepat dengan Format PDF

Walaupun semua transaksi terecord 100% secara digital dan tersimpan di server BukuWarung, namun pengguna bisa mengunduhnya untuk disimpan dalam memory smartphone, google drive atau dicetak. Semua laporan transaksi tersebut dapat diunduh secara mudah dan cepat dengan format PDF.

laporan

Dapat Difungsikan Sebagai Aplikasi Kasir

Secara fungsi BukuWarung ini juga bisa dijadikan sebagai aplikasi kasir yang praktis. Fungsi ini jauh lebih hemat ketimbang membeli software kasir yang umumnya mahal hingga jutaan rupiah. 

Mudah, Gratis dan Aman Digunakan Untuk Semua Jenis Usaha UMKM

Tak hanya warung makan, toko kelontongan, atau cafe, aplikasi BukuWarung ini juga sangat cocok dipergunakan untuk berbagai jenis usaha UMKM seperti Konter Pulsa dan PPOB, Distributor dan Supplier, Laundry, Tempat Kursus atau Bimbel, Rental Mobil dan Motor
Bengkel, Agen Wisata Tour Travel, Warnet, Salon, Penyewaan Barang, Toko Material Bangunan, Kost dan, Penginapan, Toko Online, Koperasi Pinjaman,
dan berbagai jenis usaha lainnya.

Yuk, Download Segera!

Satu hal lagi yang perlu diketahui adalah BukuWarung ini bukan web application tetapi pure mobile application. Artinya, pengguna mesti mendownload dan menginstalnya ke dalam gadget yang dimiliki. 

Namun tenang, aplikasi ini didesain sangat ringan dan mampu loading dengan cepat. Jadi secara teknis tidak membuat space memory gadget boros dan tidak membuat gadget jadi lelet. 

Saya sendiri mengandalkan aplikasi BukuWarung ini untuk melanjutkan bisnis warung makan di tempat tinggal yang baru di kota Bombay van Java, Brebes, yang Insya Allah  buka mulai pertengahan bulan Juli 2020 ini. 

Saat ini aplikasi BukuWarung ini sudah tersedia di google playstore untuk versi androidnya. Yuk, download segera!