Begini Cara Memandikan Newborn

Setiap hari bayi perlu dimandikan untuk menjaga kebugaran badannya. Namun biasanya ibu yang baru saja melahirkan suka masih sakit dan ragu untuk memandikan bayinya.

Memang memandikan bayi itu perkara yang gampang gampang susah. Jika yang belum mengetahui caranya bisa jadi malah membuat bayi cedera.

Maka dari itu harus benar benar mengetahui bagaimana cara memandikan bayi yang baik dan benar, dan pastinya untuk memandikan bayi kita juga harus tepat dalam memilih sabun mandi cair bayi. Jangan sampai memilih sabun yang salah dan malah melukai kulit bayi.

Maka berikut ini adalah langkah langkah memandikan bayi yang baru lahir, di antaranya adalah sebagai berikut :

Siapkan Air Hangat, Alat Mandi Dan Baju Ganti

Sementara itu sebelum membuka baju bayi anda juga bisa menyiapkan terlebih dahulu alat alat mandi bayi dan menyiapkan baju ganti serta persiapan bedong supaya bayi tidak kedinginan.

Jika memiliki asisten, anda bisa meminta bantuan orang lain, namun jika hanya sendirian maka harus menyiapkan yang proses nya lama dulu supaya bayi tidak kelamaan menunggu setelah mandi.

Kemudian anda siapkan air yang hangat yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin juga.

Proses mandi

Hal yang pertama dilakukan saat memandikan bayi adalah mencuci mukanya terlebih dahulu. Pastikan bagian ujung ujung mata dan kuping beserta sela selanya dibersihkan. Baru setelah wajahnya anda mulai mengusap rambutnya dan menambahkan sampo ke rambut bayi.

 Bilas secara lembut kemudian ratakan sabun ke bagian dada dan perut. Setelah itu bersihkan rambut dan badan bayi dari busa secara perlahan. Dengan tangan kiri di menopang kepala bayi dan tangan kanan yang bergerak bebas.

Setelah itu balikkan badan bayi secara perlahan hingga tangan kiri menopang dada dan kepala bayi naikkan sedikit posisi bayi jangan sampai menyentuh permukaan air, lalu gosok bagian punggung dan kemaluan bayi. Setelah benar benar bersih dari busa langsung balut badan bayi dengan handuk.

Itulah langkah atau cara memandikan bayi yang baru lahir.

image – unsplash.com
Spread the love
0%
Assalamualaikum. Bersabar ya, Jengyuni lagi nyiapin minuman dan kacang rebus untuk menyambut kamu