preloder
Aplikasi Anak Cerdas

Pada suatu ketika saya membaca sebuah artikel yang dimuat pada media online. Dalam artikel tersebut dikatakan sebagai berikut,

Mendidik anak dengan cara lama lebih baik dari semua teknologi baru. Jika orang tua Tidak Membatasi anak mereka menggunakan tablet dan smart phone, maka anak-anak akan kehilangan kemampuan untuk melakukan interaksi yang berarti dengan orang dewasa. 

Pendapat ini diungkapkan oleh Mem Fox, seorang penulis buku spesialis anak dan pensiunan asosiasi profesor study literasi Australia. 
 
Apakah anda sependapat dengan pendapat ini? Maaf, Kalau saya Tidak ! Dalam hal ini, saya lebih sepakat apa yang pernah disampaikan oleh Umar ibn Khotob. Beliau pernah mengatakan, 

“Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya karena mereka hidup di generasinya, bukan pada zaman di mana engkau dididik”. 


Sebagai analogi, uang kepeng pada jaman Majapahit hanya berlaku pada jaman tersebut. Tidak mungkin uang tersebut diterima sebagai alat pembayaran (jual-beli) di jaman sekarang. Begitu pula dengan pendidikan anak, kan?

Kita tidak mungkin membatasi derasnya perkembangan teknologi seperti tablet, smartphone, komputer, dan lain-lain. Pun Juga tidak bisa membendung perkembangan aplikasi-aplikasi yang menyertainya. Jadi, bagaimana memanfaatkan perangkat teknologi tersebut secara bijak dan sesuai dengan peruntukannya itulah letak permasalahannya.

Saya juga percaya bahwa teknologi seperti komputer dan gadget tidak akan menjadikan anak autis, atau justru menghilangkan kemampuan interaksi dengan lingkungan. Tidak ! Letak permasalahannya adalah seberapa bijak orang tua dapat mengendalikan dan mengontrol pemakaiannya dan seberapa mendidik konten aplikasi yang dipakainya. That’s all !

 
Tablet dan Gadget Membantu Kecerdasan Anak 
Saya yakin anda sependapat dengan saya, bahwa komputer, tablet, smartphone dan sejenisnya jutrus sangat membantu perkembangan kecerdasan anak. Pertanyaannya adalah bagaimana perangkat tersebut dapat meningkatkan kecerdasan?

Dengan perangkat tersebut bila terkoneksi dengan jaringan internet memungkinkan anak dapat melihat dunia virtual selain dunia nyata. Hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui anak-anak akan diketahuinya. Wawasan anak akan semakin berkembang.   
 
Berbagai aplikasi permainan komputer, tablet dan smartphone diklaim sangat membantu dalam menstimulir perkembangan otak anak karena tanpa disadari akan mendorong anak mempelajari bahasa-bahasa yang lebih komplek.   
 
Manfaat lain adalah melatih syaraf motorik yakni koordinasi tangan dan mata. Perangkat-perangkat teknologi tersebut sangat membantu dan melatih kecerdasan logika dan matematika bagi anak secara dini. Banyak kita jumpai aplikasi-aplikasi sederhana seperti matematika untuk anak, menyusun huruf, puzlle dan sejenisnya yang merujuk pada manfaat ini.    
 
Komputer, tablet dan smartphone juga sangat membantu meningkatkan keterampilan individu, kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak. Banyak juga kita jumpai aplikasi permainan yang didesign untuk dimainkan secara personal maupun berkelompok baik secara off-line maupun interaktif. Permainan-permainan ini secara tidak langsung membantu perkembangan interpersonal dan interpersonal anak. Tanpa disadari sekalipun, anak akan belajar bagaimana berlaku sebagai pribadi yang mandiri dan menjadi bagian dari entitas kelompok atau lingkungan tertentu. 
 
Aplikasi Anak Cerdas
Seperti yang telah saya sampaikan diatas, bahwa perkembangnya teknologi gadget dan aplikasinya saat ini jelas tidak mungkin kita tentang. Tetapi sebagai orang tua, kita juga tidak begitu saja menyerahkan pendidikan dan perkembangan anak “hanya” kepada teknologi tersebut.

Gadget dan aplikasi-aplikasi yang menyertainya semata-mata hanya kumpulan tools untuk membantu perkembangan anak saja. Selebihnya orang tualah yang mampu membuat tools tersebut berguna atau tidak bagi anak.
 
Perkembangan gadget dan aplikasi-aplikasinya mestinya juga tidak menjadi phobia bagi para orang tua manakala mampu memilihkan aplikasi yang sesuai dengan tingkatan umur anak. Lalu, aplikasi yang bagaimana yang sesuai dengan anak? Adalah aplikasi yang mampu memberikan pengalaman yang mengasikkan untuk bermain sekaligus belajar. Aplikasi tersebut baik bagi perkembangan kecerdasan anak akan tetapi tidak menimbulkan kekwatiran bagi orang tua. Salah satunya adalah Aplikasi Anak Cerdas.   
 
Aplikasi yang dikembangkan oleh Acer Indonesia ini sangat berguna bagi perkembangan kemampuan anak. Aplikasi yang (hanya) berjalan diplatfom android ini hanya berukuran 14 M dan dapat dijalankan di gadget apapun dengan OS 4.0 ( ICS) dan dengan lebar layar minimal 4.7 keatas. 
 
Aplikasi Anak cerdas ini akan menjawab ketakutan orang tua atas pemanfaatan gadget dan aplikasi-aplikasi yang bertebaran disitus-situs penyedia aplikasi.

Apa menariknya aplikasi ini ? 
Ada tiga hal menarik dalam catatan saya yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi-aplikasi lain.
a. One Stop Entertainment Application
Apikasinya ini Gratis ! Aplikasi ini masuk dalam kategori aplikasi One Stop Entertaining Application, dimana dalam satu shortcut aplikasi, memuat berbagai macam konten yang bisa didownload dan dimainkan anak dengan aman karena telah disesuaikan dengan tingkatakan umur anak. 


b. Interface yang familiar   
Karena aplikasi ini diperuntukan untuk anak, maka design interfacenya pun sangat mudah untuk dipahami oleh anak yang berumur antara 6-12 tahun. Selain itu, telah dilengkapi modul panduan berfungsi sebagai fasilitas “help” berisi deskripsi fitur unggulan dan panduan penggunaan.   
 

c. Menerapkan Sistem Proteksi dalam Kendalikan Orang Tua 
Penerapan sistem password yang dikendalikan oleh orang tua dalam aplikasi ini berguna untuk mengendalikan aplikasi apa yang akan diunduh dan dimainkan oleh anak, sehingga anak akan selalu meminta persetujuan orang tua bila menginginkan aplikasi tertentu. Dengan aplikasi ini, orang tua tidak perlu kwatir lagi anak memainkan aplikasi-aplikasi yang tidak bermanfaat dalam gadgetnya.


Apa saja yang ada di Aplikasi Anak Cerdas ?

Setelah anda mendownlaod aplikasi ini di App Google dan menjalankannya, maka anda akan masuk ke dalam halaman utama yang terdiri dari 3 menu dasar yakni Dunia Anak (Zona Anak), Dunia Tekno dan Pengaturan.

A. ZONA ANAK
Fitur ini memberi lingkungan bermain dan belajar yang menyenangkan akan tetapi aman bagi anak. Fitur ini memungkinkan anak hanya dapat mengakses aplikasi yang telah dipilihkan orang tua. Dalam Zona Anak terdapat terdapat dua kategori, yakni : 
Mari Bermain
Latihan Yuk!
  • “Mari Bermain”- Menampilan ratusan aplikasi yang sudah rekomendasi untuk anak yang dibagi dalam kategori game, pendidikan & e-book
  • “Latihan Yuk!” – Fitur ini menampilkan soal-soal pelajaran sekolah yang sudah disesuaikan dengan materi pendidikan nasional untuk umur 1-6 tahun. Soal-soal yang ada didalamnya mengalami update secara berkala oleh pengembang.


B. DUNIA TEKNO

Fitur ini memungkinan orang tua dan anak-anak mendapatkan informasi dan belajar teknologi terkini. Bahasanya pun sederhana, mudah mudah dicerna dan menyenangkan. Fitur ini seperti blog, postingan akan terus diupdate. Isinya bisa berupa apa saja seperti tips, info seputar produk dan teknologi yang berguna lainnya.

C. PENGATURAN

Manfaat apa yang bisa diambil dalam fitur ini ?  Yakni orang tua dapat melihat secara detail aplikasi apa yang telah dijalankan anak dengan gadgetnya dan pada jam berapa apalikasi itu dijalankan. Dengan kata lain, orang tua bisa melihat ‘Historical Review’ atau jejak historis pemakaian aplikasi dalam gadget yang dipegang anak tersebut secara RTO (Real Time Online).

Orang tua juga dapat memantau aktivitas perkembangan belajarnya di Latihan Yuk!. Melihat bidang pelajaran apa yang telah dikerjakan anak dan sampai sejauh mana level pengerjaan soalnya. Nah, bagusnya lagi, orang tua bisa mendapat laporan aktifitas anak baik melalui email atau akses langsung dalam perangkat tablet Anak secara detail.

Profile Pengguna
Report Detail
aplikasi anak cerdasaplikasi anak cerdas




Ayunda Menyukai Marble Tajwid

Sebagai ibu dari seorang puteri yang masih duduk di Taman Kanak-Kanak (TK), saya merasa berkepentingan untuk membekali anak dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi secara dini, karena mau atau tidak mau, siap atau tidak siap dunia mendatang selalu akan bersinggungan dengan teknologi.
 
aplikasi anak cerdasAplikasi Marble Tajwid yang ada dalam Aplikasi Anak Cerdas ini sangat membantu Ayunda belajar tajwij. Pasalnya, Ayunda bersemangat sekali mengkhatamkan al-Qur’an sebelum wisuda TK-nya nanti. Dan Alkhamdulillah, akhirnya Ayunda pada tanggal 12 April 2014 telah Khatam Al-Qur’an 30 Juz.  
 
Berkat aplikasi ini pula, Ayunda berhasil menjadi Juara 1 Lomba Hafalan Surat Pendek Al-Qur’an beberapa kali. Terakhir adalah dalam rangka HUT TK Al-Amien dan Ikatan Alumni TK, 20 April 2014 lalu. Ini merupakan prestasi yang ke-13. 
 
Selain aplikasi tersebut, Ayunda menyukai cerita-cerita dongeng baik yang berupa ebook maupun interaktif. Terakhir Ayunda minta didownloadkan Cerita Roro Jonggrang.

Untuk soal-soal yang ada di “Latihan Yuk”, memang belum saatnya seharusnya bagi Ayunda. mengingat baru duduk di TK 0 besar, namun Ayunda senang sekali belajar matematika menggunakan apalikasi itu. Walaupun masih banyak soal yang belum terjawab atau bahkan salah, akan tetapi saya yakin bahwa hal ini menjadi proses pembelajaran yang baik baginya.
 
Saya menyadari bahwa masa anak-anak adalah masa-masa emas dan sangat menentukan sekali untuk masa-masa selanjutnya, maka agar Ayunda tidak kehilangan masa anak-anaknya dan tetap bisa bermain dan bersosialisasi dengan teman-temannya di kampung, saya hanya memperbolehkan memainkannya diwaktu-waktu tertentu saja sebagai pelengkap waktu-waktu belajarnya.

Sebagai pengguna aplikasi ini, saya rekomended sekali bagi anda, terutama yang mempunyai anak kecil yang masih perlu pengawasan dalam kesehariannya. 
 
Sugesti !
  • Ketakutan orang tua untuk mengenalkan teknologi bagi anak sangat tidak beralasan. Ini kesalahan fatal dalam pendidikan anak karena mengakibatkan anak tidak mempunyai daya saing diwaktu yang akan datang.
  • Gadget dan aplikasi yang baik akan membantu meningkatkan kecerdasan anak ;
  • Orang tua harus bijak memilihkan aplikasi mana yang sesuai dengan umur anak;
  • Aplikasi Anak Cerdas adalah solusi bijak orang tua dalam memberikan pengalaman belajar menyenangkan dan aman bagi anak;
Anda penasaran dengan aplikasi ini, silahkan lihat tutorial singkat yang saya buat berikut ini :

————ooo0ooo———–