preloder

Thailand

 

Ramai sekali di linimasa membicarakan seorang pemenang kontes kecantikan berlutut di kaki sang ibu. Saya mencoba mencari tahu kebenaran berita tersebut, Siapakah gerangan gadis yang begitu berbhakti kepada ibundanya itu.

Ternyata viral itu betul. Gadis itu bernama Mint Kanistha, yang baru saja dinobatkan sebagai Miss Uncensored News Thailand 2015. Tanpa sungkan Mint berlutut dikaki sang ibu, sesaat setelah penobatan. Apa yang dilakukan Mint adalah wujud terima kasih atas do’a dan support ibu dan keluarganya.

Mint bukan anak anak orang kaya. Gadis yang baru menginjak umur 17 tahun ini tumbuh dalam lingkungan yang miskin dan kumuh di pinggiran sebuah kota di Thailand. Tempat tinggalnya berdekatan dengan tempat pembuangan sampah. Ibu yang disayanginya itu berprofesi sebagai seorang pengepul barang-barang rongsokan untuk di daur ulang.

Walaupun demikian Mint tidak merasa malu atas pekerjaan orang tuanya. Mint malahan dengan senang hati membantu pekerjaan ibunya tersebut karena itulah satu-satunya pekerjaan yang diandalkan untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga.

“Apa yang saya dapatkan hari ini adalah karena ibu saya. Saya dan Ibu saya hidup dengan melakukan hal-hal yang bijak dan halal, jadi tidak ada alasan saya untuk menjadi minder,” begitu kata Mint setelah fotonya ramai dibicarakan di social media.

What a good girl ! Semoga menjadi insprasi kita dalam mendidik anak, agar anak-anak bisa “Mikul Duwur, Mendem Jero” seperti orang Jawa bilang.

Anak Pemulung
Anak Pemulung
Anak Pemulung
Anak Pemulung
paper torn

Jengyuni.com adalah personal website yang dibangun dari “ketidaktahuan” dan “keterlambatan” memasuki dunia digital. Di saat orang-orang sudah membuat startup yang menghasilan dollar bertumpuk-tumpuk,
jengyuni masih asik soscmed-an dan malah hanya membaca keberhasilan orang lain di portal-portal berita
melalui layar smartphone yang besarnya tak lebih dari 5 inc.