preloder

#AksiSehatCeria

AKSI SEDERHANA SAYA UNTUK SEHAT JIWA & RAGA

K esehatan adalah kekayaan yang paling berharga dalam hidup ini. Saking berharganya, orang bisa ‘habis-habisan’ dengan harta benda-nya untuk menebus sebuah keadaan yang disebut “sehat”.

Rasanya miris gitu. Saya telah menyaksikan bagaimana orang-orang terdekat saya satu per satu harus menyerah dengan ketidakmampuan tubuhnya melawan penyakit yang diderita.

Ayah kandung dan om saya, misalnya. Beliau harus meninggalkan saya dan keluarga selama-lamanya. Akumulasi penyakit-penyakit berbahaya akibat kebiasaan merokok telah merenggut nyawanya.

Begitu pula dengan ayah mertua saya. Pekerjaan berat sedari muda sebagai seorang driver truk antar kota yang tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat memberikan dampak kesehatan yang serius di usia tua.

Beliau menyerah dengan kanker hati, ginjal dan komplikasi penyakit-penyakit lainnya setelah menjalani perawatan berhari-hari di rumah sakit dengan biaya yang tidak sedikit.

Tak lama setelah itu, menyusul ibu mertua saya yang meninggal di usia yang belum bisa dikatakan tua karena pecahnya pembuluh darah otak.

BARU SADAR SETELAH TERKAPAR

Baru sadar setelah terkapar. Ya, begitulah keyataannya, bukan ?

Ketika jatuh sakit dan terkapar di rumah sakit, kebanyakan dari kita mungkin baru nyadar betapa penting kesehatan.

Sayang sekali bahwa kesadaran itu seringnya datang belakangan ketika tubuh sudah lemas tidak berdaya.

Kalau hal itu terjadi mungkin itu terlambat. Ibarat kata nasi sudah menjadi bubur. Gak mungkin kembali menjadi nasi.

Kebayang ‘gak sih betapa besar kerugian yang harus dialami bila tubuh sakit.

Bukan hanya sekedar rugi materi saja, sakit juga menyebabkan kerugian waktu yang secara otomatis menyebabkan hilangnya berbagai peluang dan kesempatan untuk produktif dalam mengejar mimpi-mimpi hidup yang belum tercapai.  

Sepertinya, hidup yang singkat ini terlalu indah dipertaruh hanya gara-gara kita terlambat menyadari betapa pentingnya kesehatan.

SEHAT ITU BAGAIMANA, SIH ?

Banyak sekali definisi tentang sehat dan cara meraihnya. Kita bisa mendapatkannya dari berbagai sumber dan literatur baik offline maupun online.

Kalau online, buka saja portal dokterSehat. Itu adalah salah satu portal kesehatan online terbaik dan paling komprehensif di Indonesia yang memberikan informasi kesehatan, tips-tips kesehatan hingga konsultasi kesehatan untuk keluarga Indonesia.

Namun secara aplikatif, bagi saya sehat adalah ketika bangun tidur di pagi hari tubuh saya terasa fresh, penuh semangat menjalani rutinitas sehari-hari baik sebagai wiraswasta, ibu rumah tangga dan status-satus lain yang melekat di diri saya.

Sehat juga ketika tubuh saya tidak mudah capek secara berlebihan, kepala tidak pusing dan mual tiba-tiba tanpa sebab-sebab yang jelas dan tubuh tidak mudah terserang virus flu.

Satu lagi, bagi saya sehat itu juga bisa tidur nyenyak di malam hari (tidak insomnia), tidak stress dan nafsu makan normal tidak rakus serta bisa buang air secara lancar tanpa kendala.

Seperti itu.

#AKSISEHATCERIA SAYA UNTUK TETAP SEHAT JIWA DAN RAGA

Hampir semua orang pasti pernah mengalami sakit, baik itu sakit ringan maupun sakit berat. 

Pengalaman pribadi dan orang-orang terdekat harusnya memberikan pelajaran berharga tentang arti sehat yang sebenarnya.

Sayang sekali bahwa secara sadar atau tidak, banyak orang malah melakukan hal remeh temeh yang enggak sehat sama sekali.

Ketika sehat itu begitu berharga, maka hal paling rasional yang tidak bisa ditawar-tawar adalah merawatnya. Bagaimana ?

Merawat kesehatan sebenarnya mudah yakni dengan menerapkan pola hidup dan gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat meliputi kesimbangan pola makan, pikiran, kebiasaan dan lingkungan yang sehat. Sedangkan pola hidup sehat adalah aktivitas yang di dukung oleh minat, keinginan dan bagaimana pikiran menjalaninya dalam berinteraksi dengan lingkungan.

Intinya, pola hidup sehat adalah cara untuk mencapai gaya hidup sehat.

Menerapkan pola dan gaya hidup sehat sebenarnya juga tidak mahal dan dapat dilakukan oleh siapapun. Syaratnya hanya butuh komitmen diri saja.

Dan ini loh #aksisehatceria dan sederhana yang saya lakukan untuk sehat jiwa dan raga,

Semakin bertambah umur, kecenderungan tubuh semakin melar. Ah, saya juga rasakan itu. So, agar tubuh tetap sehat, saya selalu menjaga berat badan ideal dengan melakukan diet sehat dan seimbang. Caranya adalah dengan memenuhi asupan cairan tubuh dan kalori secara seimbang serta lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran.

Artikel bagus tentang diet

Secara fisik, aktifitas harian saya mulai pagi hingga malam saya memang sudah menghasilkan keringat. Namun yang saya maksud dalam hal ini adalah aktifitas fisik dengan berolah raga.

Setidaknya saya menghabiskan waktu 150 menit per minggu untuk berolah raga ringan seperti jalan kaki atau jogging bersama keluarga.

Artikel bagus tentang olah raga

Bagi saya, istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dan tak ada yang lebih baik untuk istirahat selain tidur. Itulah kenapa saya selalu menjaga tidur dengan baik, tidak larut malam dan dalam proporsi yang seimbang. Kenapakah ?

Menurut ilmu kesehatan, jam tidur yang kurang memicu meningkatnya risiko penyakit ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, dan diabetes.

Artikel bagus tentang Pentingnya Istirahat

Saya paling benci dengan asap rokok dan selalu menghindarinya. Rumah saya pun bebas asap rokok.

Siapa yang bakal menyangkal kalau asap rokok rokok itu sangat berbahaya. Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan bahaya bagi kesehatan.

Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.

Artikel bagus tentang bahaya rokok

Penting bagi saya untuk mengelola stress karena aktifitas seharian yang padat maupun karena masalah-masalah lain yang saya hadapi.
Apa yang saya lakukan ?

Selain berolah raga dan liburan murah meriah bersama keluarga, saya juga paling hobby mendengarkan musik atau belajar bermain musik.

Bagi saya musik efektif sekali untuk mengurangi dampak stress karena aktifitas sehari-hari.

Artikel bagus tentang mengelola stress

Walaupun hanya setahun sekali, saya juga melakukan medical checkup. Ini penting bagi saya karena medical checkup mampu mendeteksi dini penyakit-penyakit berbahaya dalam tubuh seperti kanker serviks, kanker paydara dan sebagainya.

Untuk kebutuhan yang sangat sederhana seperti check kadar gula darah, tekanan darah dan kolesterol bahkan saya lakukan setiap bulan dengan menfaatkan fasilitas-fasilitas kesehatan umum seperti puskesmas dan apotik-apotik.  

Artikel bagus tentang Medical Check up

JAGA KESEHATAN DENGAN DONOR DARAH

Selain menerapkan gaya hidup sehat dan pola hidup sehat, sebenarnya ada satu cara lagi yang bagus untuk menjaga kesehatan yakni dengan melakukan donor darah.

Selain mampu menyelamatkan satu kehidupan bahkan beberapa nyawa sekaligus, Donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh pendonor.

Mungkin banyak orang bertanya, Lho kok bisa menyehatkan diri sendiri bukannya malah kehilangan darah, tho ?

Lalu apa manfaatnya bagi kesehatan diri ?

Coba deh kita simak, ini loh manfaat donor darah bagi tubuh yang perlu diketahui,

sehat

Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa donor darah membantu mengurangi kelebihan kadar zat besi dalam darah yang berbahaya meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan oksidasi kolesterol.

Ketika oksidasi berlebihan maka berpotensi terhadap serangan jantung dan stroke. Nah, dengan mendonorkan darah, maka jumlah zat besi dalam darah akan lebih stabil.

sehat

Meningkatkan produksi sel darah merah

Manfaat donor darah juga membantu tubuh untuk menstabilkan jumlah sel darah merah. Kita tidak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi kembali sel darah merah yang hilang.

Sebagai pendonor, kita akan mendapatkan pasokan sel darah merah baru setiap kali mendonorkan darah. Justru ini sangat baik untuk menstimulasi pembentukan sel darah baru.

sehat

Mendeteksi penyakit serius secara gratis

Ketika donor darah, prosedur standar yang harus dilalui adalah diperiksa dulu secara detail nadi, tekanan darah, suhu tubuh dan kadar hemoglobin.

Darah kita juga akan diuji untuk beberapa penyakit darah kita dari berbagai macam penyakit seperti Hepatitis B, Hepatitis C, HIV, Virus West Nile, Sipilis dan Trypanosoma cruzi dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Dengan kata lain, kita akan mendapatkan informasi gratis langsung dari petugas tentang kesehatan diri dari darah yang kita donorkan.

sehat

Turunkan risiko kanker

Berdasarkan sebuah studi tahun 2008, orang yang gemar mendonorkan darahnya ternyata mampu menurunkan risiko kanker tertentu seperti hati, usus besar, paru-paru, kerongkongan dan perut.

Ini berkaitan dengan menurutnya kadar zat besi dalam tubuh yang berkurang karena donor darah.

sehat

Manfaat lain

Manfaat lain donor darah adalah membantu menurunkan berat badan. Kok bisa ?

Ya.  Dengan menyumbangkan sekitar 450 ml darah maka akan terjadi proses pembakaran sekitar 650 kalori. Jumlah kalori ini sudah cukup banyak untuk dapat merampingkan pinggang.

Selain itu, dengan donor darah juga menciptakan kepuasan psikologis tersendiri karena “diam-diam” dapat membantu menyelamatkan nyawa sesama.

 

Kebaikan Donor Darah
Syarat Donor Darah

YUK, SELALU JAGA KESEHATAN

Mengakhiri tulisan ini, saya ingin menegaskan kembali bahwa hidup ini terlalu berharga untuk dipertaruhkan dengan hal-hal sepele yang menyebabkan diri kita sakit. Bener ‘gak sih ?

Ketika sehat itu berharga, maka tak ada cara yang lebih baik selain menerapkan gaya hidup dan pola hidup sehat. Menerapkan keduanya pun tidak harus mahal karena bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan murah.

Selain itu, menjaga kesehatan tubuh juga bisa diilakukan dengan donor darah. Selain dapat menyelamatkan jiwa orang lain, ada banyak manfaat doroh darah bagi kesehatan diri sendiri.

Yuk, kita jaga selalu rahmat Tuhan yang bernama sehat untuk hidup yang lebih baik.

banner lomba blog dokersehat

#AksiSehatCeria

paper torn

Jengyuni.com adalah personal website yang dibangun dari “ketidaktahuan” dan “keterlambatan” memasuki dunia digital. Di saat orang-orang sudah membuat startup yang menghasilan dollar bertumpuk-tumpuk,
jengyuni masih asik soscmed-an dan malah hanya membaca keberhasilan orang lain di portal-portal berita
melalui layar smartphone yang besarnya tak lebih dari 5 inc.