0%
Assalamualaikum. Bersabar ya, Jengyuni lagi nyiapin minuman dan kacang rebus untuk menyambut kamu

Eup, Akhirnya Ayunda Punya Website Sendiri

Baru duduk di SD kelas 6, penulis cilik di KKPK Mizan dan punya segudang prestasi. Kini Ayunda punya website sendiri untuk mengatualisasikan potensinya di dunia maya.

Novel Karya Ayunda

Ayunda, anak perempuan saya yang masih duduk di kelas  6 SD ini memang berbeda dengan kakaknya. Minatnya di dunia literasi sangat besar. Selain membaca buku, waktu senggangnya selalu dimanfaatkan untuk menulis novel, cerpen dan cerita bergambar.

Tak kurang dari 15 naskah novel dan 3 cerita bergambar telah ia kirimkan ke publisher. Satu naskah novel yang dikirim tersebut bahkan telah diterbitkan oleh Dar! Mizan Publishing, Bandung, seminggu yang lalu. Segera menyusul adalah 1 buku cerita bergambar yang In Sha Allah akan dirilis bulan depan.

Tak puas hanya menulis dan menyimpan cerita-ceritanya secara offline dalam hardisk laptop, ia pun merajuk pingin punya website sendiri sebagai tempat berkarya dan mempublikasikan karya-karyanya secara digital.

Padahal Ayunda Sudah Punya Blog, Tapi,…

Sebenarnya Ayunda sudah mempunyai blog yang dibuatnya sendiri menggunakan blogspot. Sayang sekali blog dengan alamat url duniaayunda.blogspot.com ini jarang diupdate. Pernah saya tanya kenapa, dia bilang kalau ‘gak seru lagi. Dia ingin punya website dengan .com (TDL) yang menggunakan namanya sendiri serta menggunakan platform yang mudah untuk dimodifikasi.  

“Iya mam tapi ‘gak seru. Adek pingin punya website yang pakai .com dan dengan nama adek sendiri, kaylaayunda.com kayak gitu. Kan keren, Ma.” Jawab dia.

“Lho, kan tinggal dibeliin .com saja, tho.” Jawab saya.

“Iya. Tapi kan gak bisa dimodif seperti punya mama. Please ya, Ma.” Jawab dia merajuk.

Saya tahu maksud Ayunda. Nampaknya dia tertarik ingin pakai page builder. Ya, kadang kalau saya lagi update artikel dia memang suka duduk di samping saya, ternyata itu yang membuatnya tertarik.

Pakai page builder memang memudahkan saya membuat layout artikel website. Tinggal drag dan drop langsung jadi. Bahkan tanpa harus mengetahui bahasa coding.

Masalahnya, kalau Ayunda pingin pakai page builder ia harus migrasi dari blogspot ke wordpress dengan self hosting, bukan wordpress versi free. 

Nah, karena pakai self hosting maka otomatis dia juga harus punya domain sendiri. Itu artinya saya mesti mengganggarkan sejumlah uang untuk membeli doman dan hosting tersebut untuknya. 

O..la..la.. !

Mencari, mempertimbangkan dan Memilih Hosting WordPress Terbaik Untuk Ayunda

Sebagai orang tua, saya dan papanya memang memberi ruang selebar-lebarnya untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya sedini mungkin. Maka ketika ia ingin mempunyai website dengan TLD dan self hosting, saya pun mengiyakannya. Saya pikir cara ini lebih baik dibanding membiarkannya addicted bermain game melalui handphone seperti kakak laki-lakinya.

“Oke, Mama belikan domain dan hosting wordpress untuk adek”  Kata saya mengiyakan permintaannya.

“Yes, Makasih ya ma. I love you ma.. !”  Sambut Ayunda dengan gembira sembari memeluk saya.

Karena kadung janji dan tak ingin membuatnya kecewa, mau gak mau saya pun meluangkan waktu untuk mencari dan memilih hosting wordpress terbaik untuknya.

Saya memang tak mau memilih hosting wordpress asal-asalan karena itu akan berpengaruh pada performa website.

Selain itu, sekali saja salah perhitungan konsekwensinya juga akan merugi secara finansial. Lebih-lebih hosting wordpress ini akan dipakai secara berkelanjutan bahkan hingga Ayunda dewasa kelak.

Apa pertimbangan saya ?

Ada berbagai pertimbangan bagaimana saya memilih hosting untuk website terutama dengan platform wordpress, 6 (enam) hal berikut ini di antaranya, 

Seberapa Bonafit dan Berkualitas Providernya

Saat ini ada banyak provider domain dan hosting di Indonsia, namun tidak semua bisa dikategorikan sebagai provider bonafid. Yang bonafid itu yang bagaimana ?

Menurut saya provider bonafid itu mempunyai pengalaman puluhan tahun dan mempunyai banyak client, lebih-lebih client-client ternama bertrafik tinggi. Provider yang seperti ini pasti berkualitas.

Kualitas Teknologi, Lokasi Server dan Data Centernya

Server itu diisi ribuan situs dengan bertraffic tinggi. Nah, bila server menggunakan teknologi yang biasa-biasa saja menyebabkan website tidak optimal. Bisa jadi malah sering down dan tidak bisa diakses. Jelas Ini merugikan pengguna.

Begitu pula dengan lokasi server atau data centernya. Ini berpengaruh pada kestabilan website. Kalau target website adalah lokal misalnya, maka lokasi server di Indonesia jauh lebih baik. Tetapi kalau target website adalah global maka server yang berada Singapura atau AS jauh lebih baik karena cenderung mempunyai kestabilan koneksi.

Kapasitas Data Transfer yang Disediakan Provider

Transfer data merujuk pada jumlah data dalam bit yang melewati satu media tertentu dalam satu detik baik bersifat Downstream maupun Upstream. Umumnya ditulis dalam bit perdetik (bit per second)  dengan simbol bit/s atau bps.  Kalau ada yang memberi unlimited kenapa pilih yang limited.

Space Hosting yang Disediakan

Website itu 60% isinya adalah image. Nah, kalau space hostingnya kecil (di bawah 1 Gb misalnya), maka gak sampai setahun mungkin sudah penuh. Kalau hosting penuh maka website enggak bisa menyimpan update content baru. Itu pasti !

 

Seberapa kompetitif Harga yang Ditawarkan

Beli hosting dan domain untuk website itu dipakai berkepanjangan. Saya mencari provider hosting wordpress dengan harga yang wajar, rasional dan kompetitif tetapi benar-benar menawarkan kualitas.

Provider dengan Layanan Tim Support 24 Jam

Sekeren-kerennya web hosting, website dan hal-hal yang berkaitan dengannya tetap saja tak lepas dari trouble. Bisa jadi karena kesalahan saat instalasi website, virus atau ada tangan-tangan jahil yang mencoba merusaknya.

Nah, bagi saya keberadaan provider dengan layanan tim support 24 jam ini penting karena kepada merekalah saya mengadu dan berkeluh kesah bila terjad hal-hal yang tak terduga seperti di atas.

Eh, Berjodoh Dengan MasterWeb

Setelah mencari dan membandingkan dari beberapa provider domain dan hosting wosdpress di Indonesia, nampaknya saya dan Ayunda berjodoh dengan MasterWeb.

Perusahaan ISP yang fokus pada jasa webhosting, mencakup Domain Name, Shared Hosting, VPS, Website Builder, Colocation Server, Dedicated Server, Managed Server dan Learning Center, ini menawarkan hosting wordpress seperti yang saya kehendaki. Kenapa ?

Pertama, perusahaan webhosting nomor 1 di Indonesia dengan pelanggan terbanyak (menurut statistik Host Advice dan Webhosting Info) ini telah pengalaman lebih dari 24 tahun dan telah menangani pelanggan aktif lebih 100.000 pelanggan dengan penambahan pelanggan baru setiap bulannya sekitar 4.000 hingga 5.000 pelanggan.

Artinya apa, MasterWeb dipercaya oleh masyarakat Indonesia dari mulai perseorangan, institusi hingga korporasi dengan website bertraffict tinggi. Dengan sendirinya hal ini menunjukkan webhosting MasterWeb berkualitas.

Kedua, MasterWeb mempunyai server dengan teknologi terkini di dalam negeri dan di luar negeri (Singapura-Rack Central). Server-server ini dioperasikan team ahli yang menjamin up-time server 99,8 – 99,9%.

Ketiga, MasterWeb juga memiliki 70 Customer Service yang siap membantu para pelanggan. Khusus untuk layanan dukungan teknis, MasterWeb memberikan layanan 24 jam non-stop selama 1 minggu 7 hari. Ini memberi rasa aman dan nyaman bagi pengguna bila menemui kendala pada website karena ada bantuan teknis yang siap sedia kapan pun juga.

Selain ketiga hal di atas, MasterWeb juga menjamin website WordPress menjadi aman, mudah dan cepat dengan berbagai fitur-fitur yang menarik. 

Apa saja, berikut ini fitur-fitur yang saya maksudkan,

Aman dengan Fitur Perlindungan Sandi (Password)

Mempunyai fitur pengaktifan perlindungan kata sandi agar website aman dari berbagai modus hacking

Menggunakan Control Panel PLESK

PLESK adalah salah satu kontrol panel dengan toolkit paling lengkap, aman, dan serbaguna yang memudahkan pengguna

Update Otomatis

Selain aktif tanpa perlu instalasi yang rumit, pengguna juga akan mendapat update otomatis untuk semua instalasi WordPress, plugins dan tema dari satu tempat dan dengan satu langkah mudah

Backup Data Scara Otomatis

MasterWeb membackup data-data website setiap malam dan mempertahankan versi tersebut selama satu bulan. Jadi pengguna bisa melakukan restore dengan cepat bila terjadi hal-hal yang tidak terduga

WordPress Security Scanning

Mempunyai teknologi pemindai dari skrip atau virus berbahaya dari satu tempat yakni kontrol panel PLESK tanpa harus login satu per satau, sekaligus mengamankannya

Sistem Debug Management

Menyediakan opsi kelola debug untuk website wordPress per-instalasi dari satu antarmuka (interface)

Pilih Paket Hosting Wolfpress Two Untuk Ayunda

Dari 5 (lima) paket hosting wordpress yang ditawarkan oleh MasterWeb, akhirnya saya memilih paket WOLFPRESS TWO untuk Ayunda.

Ada 5 (lima) paket hosting wordpress yang disediakan oleh MasterWeb, namun karena beberapa pertimbangan akhirnya saya memilih paket hosting wordpress WOLFPRESS TWO.

Paket WOLFPRESS TWO ini menawarkan storage 4GB dan RAM 2GB. Menurut hemat saya ini lebih dari cukup untuk ayunda hingga 4-5 tahun ke depan dengan pemakaian wajar.

Siapa tahu kakaknya juga ingin punya website, jadi cukup beli domainnya saja karena paket WOLFPRESS TWO ini memberi fasilitas domain addon hingga 4 domain. Artinya satu hosting bisa dipakai untuk empat nama domain berbeda.

Harganya juga sangat rasional yakni Rp 500 ribuah per tahun. Saya memilih pembayaran hosting woordpress WOLFPRESS TWO ini tahunan (annual) walaupun di MasterWeb juga memungkinkan melakukan pembayaran per bulan, 3 bulan, 6 bulan, dua tahun hingga 3 tahun. Kenapa ?

Karena hanya pembayaran per tahun dan di atasnya yang memberikan fasilitas DOMAIN GRATIS (.com/.net/.info/.biz/.org/.xx.id) untuk tahun pertama. Jadi lebih hemat.

Hosting WordPress

Kelima paket hosting wordpress MasterWeb di atas mempunyai fasilitas unlimited email accounts, supporting POP, SMTP, IMAP, unlimited MySQL database, unlimited data transfer, scan &, update wordpress, easy to migrate wordpress, dan easy to copy & duplicate wordpress.

Finally,

Finally, terima kasih telah membaca artikel ini. Harapan saya artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda yang membutuhkan hosting wordpress terbaik untuk website.

Ya, WordPress adalah platform website paling populer dan telah dipakai lebih dari 1,7 milyar pengguna di seluruh dunia hingga saat ini.

Bagi yang ingin memiliki website dengan tampilan “like pro”, wordpress adalah platform paling tepat karena menyediakan ribuah tema dan plugin gratis (termasuk di dalamya adalah page builder) yang mempermudah mendesign website bahkan tanpa harus memahami bahasa coding.

Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan wordpress ini pula yang mendorong Ayunda minta dibelikan domain dan hosting wordpress untuk websitenya karena hanya wordpress yang running dengan selfhosting yang bisa dikustomisasi dengan ribuan plugin-plugin yang tersedia.

Dengan berbagai alasan mulai dari teknologi, harga hingga jaminan layanan pelanggan, saya mengandalkan MasterWeb sebagai penyedia domain dan hosting wordpress untuk website Ayunda.

Yes, akhirnya Ayunda punya website sendiri dengan hosting wordpress MasterWeb. Jangan mau kalah dengan Ayunda, kini gilaran anda.

Website Ayunda
Logo Masterweb
PT. Master Web Network

Gedung Cyber 1 Lantai 10, Jl. Kuningan Barat No. 8 Jakarta 12710
Telp. +62-21-5269311, 5266899 (Hunting) Faks +62-21-5269312, 5276899
Email: [email protected] Email: [email protected]

Spread the love