preloder

Walaupun teknologi sudah sedemikian canggih hingga mampu mengirimkan manusia ke bulan bahkan ke planet lain yang lebih jauh, akan tetapi manusia tetaplah manusia yang walaupun diciptakan sebagai makhluk sempurna, tetap saja memiliki begitu banyak keterbatasan.

Karena keterbatasan itu, maka tidak semua fenomena dan misteri di bumi ini mampu dipecahkan oleh manusia walaupun telah menggunakan teknologi dan komputer super canggih. Berikut 8 Misteri terbesar dunia yang belum terpecahkan hingga saat ini.

misteri

1. Voynich Manuscript

Dinamakan Voynich Manuscript karena ditemukan oleh penjual buku antik keturunan Polandia-Amerika yang bernama Wilfrid M. Voynich pada tahun 1912. Voynich Manuscript adalah sebuah buku tua setebal 420 halaman yang benar-benar ditulis dalam bahasa yang tidak dikenal sama sekali.

Halaman buku berisi gambar warna-warni dengan diagram-diagram yang aneh. Manuscript ini lebih didominasi oleh gambar spesies tanaman yang tidak dapat ditemukan pada jaman sekarang. Penulis mauscriptnya pun tidak diketahui, tetapi munurut pengujuan karbon telah menunjukkan bahwa manuscript ini dibuat kira-kira antara tahun 1404 hingga 1438. Banyak spekulasi bermunculan tentang asal-usul dan apa maksud sebenarnya penulisan manuscript ini.

Beberapa teori menyebutkan bahwa manuscript ini sesungguhnya dimaksudkan sebagai sebuah rujukan bagi perkembangan dunia kedokteran pada awal abad pertengahan. Teori lain mengatakan bahwa dengan banyaknya gambar-gambar tanaman yang tidak dikenal serta diagram-diagram yang aneh maka manuscript ini juga disinyalir memuat informasi keberadaan makluk asing di bumi.

Walapun misteri tentang manuscript ini belum terpecahkan, akan tetapi para peneliti sepakat bahwa manuscript ini asli dan tidak mungkin sebuah tipuan mengingat detail-detail yang ditulis lembar demi lembar.

misteri

2. Kryptos

Kryptos adalah pahatan misterius terinskripsi yang dibuat oleh seniman Jim Sanborn yang terletak di halaman luar markas besar CIA Langley, Virginia. Sejak dedikasikan pada tanggal 3 November 1990, telah banyak spekulasi tentang arti dari pesan yang terdapat dalam rangkaian hurup yang tersusun pada pahatan ini.

Para Cryptanalysts baik amatir maupun profesional, tengah berusaha menguraikan bagian akhir dari patung yang dibuat dengan biaya $ 250,000 ini. Jim Sanborn sendiri telah memberikan petunjuk pada beberapa kesempatan.

Orang pertama yang mengumumkan secara terbuka bahwa ia telah memecahkan kode tiga bagian pertama, adalah Jim Gillogly, seorang ilmuwan komputer dari California Selatan pada tahun 1999. Setelah pengumuman Gillogly, CIA mengungkapkan bahwa analis mereka David Stein juga telah memecahkan kode bagian yang sama pada tahun 1998, dengan menggunakan teknik pensil dan kertas, meskipun informasi itu hanya disebarkan dalam komunitas intelijen dan tidak diumumkan kepada khalayak sampai Juli 1999.

NSA juga mengklaim bahwa mereka memecahkan teka-teki dalam pahatan itu. NSA juga tidak mempublikasikannya hingga Maret 2000. NSA menyebut bahwa tim yang dipimpin oleh Ken Miller, bersama dengan Dennis McDaniels dan dua orang yang tidak disebutkan namanya telah memecahkan bagian 1-3 di penguhujung tahun 1992.

Dari empat pesan, tiga telah dipecahkan. Masih terdapat satu kode yang belum terpecahka dari pahatan yang paling fenomenal dan terkenal di dunia ini. Anda mau mencobanya ?

misteri

3. Beale Ciphers

Beale cipher, juga disebut sebagai Beale Papers, adalah satu set manuskrip yang terdiri dari tiga bagian. Salah satu manuskrip itu diduga menjelaskan lokasi harta karun yang terkubur ratusan tahun senilai USD $ 63.000.000 berupa emas, perak dan perhiasan lain.

Manuskrip pertama (yang belum terpecahkan) diyakini menggambarkan lokasi dimana harta karun itu disimpan. Manuskrip kedua (sudah terpecahkan) berisi jumlah harta karun, dan yang ketiga (sudah terpecahkan) memuat daftar nama pemilik harta dan keluarga terdekat.

Harta karun yang begitu banyak itu disebut-sebut adalah milik seorang pria Amerika bernama Thomas J. Beale di awal 1800-an. Beale mendapatkannya dari sebuah tambang di utara Santa Fe, yang pada saat itu diduga menjadi bagian dari provinsi Spanyol dan saat ini diduga kemungkinan besar menjadi bagian dari Colorado.

Menurut beberapa sejarawan, Beale adalah pemimpin dari 30 pria petualang dari Virginia, yang beruntung menemukan sebuah tambang emas dan perak. Mereka menghabiskan 18 bulan mengumpulkan ribuan gram logam mulia tersebut. Logam-logam itu kemudian diangkut Beale ke Virginia dan menguburkannya di suatu tempat yang aman.

Setelah harta itu dikubur, kemudian Beale membuat beberapa petunjuk jalan menuju tempat penimbunan logam-logam tersebut. Petunjuk jalan itu dibuat dengan bahasa sandi dan terbagi menjadi tiga bagian yang memuat pesan seperti diatas.

misteri

4. Lempeng Phaistos

Misteri lempeng Phaistos kedengaran seperti barang-barang antik yang ada dalam film Indiana Jones. Lempengan ini ditemukan oleh arkeolog Italia Luigi Pernier pada tahun 1908 di istana Minoan-situs Phaistos.

Lempengan yang terbuat dari tanah liat yang dibakar berisi simbol-simbol misterius yang mempunyai bentuk berbeda dengan hieroglif. Para peneliti menyakini bahwa lempengan ini sudah sangat tua karena dirancang pada Melenium kedua Sebelum Masehi.

Beberapa ahli percaya bahwa bahasa yang dipakai menyerupai simbol bahasa Linear A dan Linear B yakni skrip dan simbol-simbol yang pernah digunakan oleh sebuah kebudayaan kuno yang ada pada tahun Sebelum Masehi (SM). Lempeng Phaistos diakui menjadi salah satu teka-teki arkeologi yang paling terkenal dan misterius hingga saat ini.

misteri

5. Prasasti Shugborough

Adalah batu prasasti yang terdapat susunan huruf – OUOSVAVV. Prasasti ini terletak di Monumen Shepherd yang berada di lapangan Shugborough Hall Staffordshire, Inggris. Catatan sejarah menujukkan bahwa pasasti ini dibuat pada abad ke-18.

Prasasti ini dikenal secara luas setelah disebutkan dalam buku “1982 book The Holy Blood and the Holy Grailoleh” karangan Michael Baigent, Richard Leigh, dan Henry Lincoln.

Dalam beberapa dekade terakhir, para peneliti telah memunculkan beberapa teori untuk menjawab teka-teki yang dimuat dalam prasasti itu. Beberapa di antaranya adalah dengan metode akrostik yakni menafsirkan setiap huruf sebagai huruf awal dari sebuah kata.

Salah satu pendapat yang menarik adalah bahwa delapan huruf dalam prasasti tersebut merupakan singkatan yang dibuat oleh George Anson. George membuat simbol itu secara khusus dan didedikasikan untuk almarhum istrinya. Pendapat ini didasarkan pada pendapat yang dikemukakan oleh Morchard Bishop pada tahun 1951.

Ia berspekulasi bahwa huruf-huruf itu adalah singkatan dari Latin Optimae Uxoris Optimae Sororis Viduus Amantissimus Vovit Virtutibus yang diartikan “Istri terbaik, saudara terbaik, dari seorang seorang suami yang paling setia”. Ada juga yang mengemukakan teaori bahwa huruf-huruf itu adalah kode yang bisa menjadi petunjuk tentang keberadaan Holy Grail yang ditinggalkan oleh Ksatria Templar.
Sampai saat ini Prasasti Shugborough masih gelap dan menjadi salah satu misteri dunia yang belum terpecahkan.

misteri

6. Kasus Tamam Shud

Ini dianggap sebagai salah satu misteri yang paling sulit dipecahkan di Australia. Kasus Tamam shud adalah tentang seorang pria yang tak dikenal yang ditemukan tewas pada Desember 1948 di pantai Somerton Adelaide, Australia.

Fakta menunjukkan bahwa tragedi tewasnya orang yang tidak dikenal ini tidak pernah teridentifikasi. Bahkan polisi kebingungan memecahkan teka-teki berupa sepotong kertas bertuliskan “Tamam Shud”. Kertas ini ditemukan di dalam saku yang tersembunyi dalam jahitan celana si mayat.

Tamam Shud diterjemahkan sebagai “berakhir” atau “selesai” dan merupakan frase yang digunakan dalam halaman terakhir dari buku kumpulan puisi yang disebut “The Rubaiyat” karya Omar Khayyam.
Banyak orang percaya bahwa pesan tersebut mungkin merupakan semacam catatan bunuh diri orang tersebut. Walaupun demikian Tamam Shud tetap menjadi misteri yang tak terpecahkan hingga saat ini.

misteri

7. Sinyal WOW

Suatu malam saat musim panas di tahun 1977, Jerry Ehman, seorang relawan untuk SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence), mungkin menjadi orang pertama yang menerima pesan tak disengaja dari dunia yang asing.

Sinyal yang diterimanya itu berlangsung selama 72 detik. Lamanya sinyal diukur dengan menggunakan alat yang biasa digunakan Ehman. Sinyal itu sangat kuat dan tampaknya telah dikirim dari suatu tempat yang jauh dari bumi yakni berasal dari konstelasi rasi bintang Sagitarius yang berdekatan dengan bintang Tau Sagittarii dan terletak dalam jarak 120 tahun cahaya.

Ehman menulis kata-kata “Wow!” pada cetakan asli dari sinyal, sehingga dikenal dengan nama “Wow Signal!.” Semua upaya untuk melacak kembali sinyal itu selalu gagal sehingga menyebabkan banyak kontroversi dan misteri mengenai asal-usulnya dan maksud signal itu dikirim ke bumi.

misteri

8. Surat Zodiak

Surat-surat Zodiac adalah empat surat yang berisi pesan bersandi dan diyakini telah ditulis oleh seorang pelaku pembunuhan berantai yang menteror penduduk San Francisco diakhir tahun 1960 hingga awal 1970-an. Pembunuh ini populer dengan nama Zodiac Killer.

Surat-surat yang ditulis oleh sang pembunuh itu diyakini sebagai cara untuk mengejek wartawan dan polisi yang menyelidiki kasus pembunuhan berantai tersebut.

Meskipun salah satu pesan telah dipecahkan namun tiga lainnya tetap menjadi misteri yang tak terpecahkan sama sekali. Begitu juga dengan identitas pembunugnya dan motif sebenarnya yang mendasari pembunuhan berantai itu.

NATSBEE HONEY LEMON

Ada RAHASIA TERSEMBUNYI di sebotol

Kamu harus tahu.

Temukan di sini

Pin It on Pinterest