10 Partisi Ruangan yang Harus Disediakan Dalam Data Center!

Dunia teknologi memang semakin canggih. Salah satu bukti nyata dari perkembangan teknologi adalah internet. Dengan internet, seseorang bisa melakukan akses apa saja yang diinginkannya. Baik dalam melakukan komunikasi, melakukan penjualan, melakukan pembayaran, dan lain sebagainya. Internet tersebut harus berada dalam sebuah server di mana memiliki hubungan dengan Data Center.

Apa itu Data Center? Data Center adalah suatu tempat yang memiliki kegunaan untuk menyimpan serta melakukan pengoperasian pada server. Data Center juga dikenal dengan sebutan pusat data di mana selain sebagai penyimpanan juga akan membantu mendukung server agar mengoptimalkan tugasnya.

Hal ini bertujuan untuk menghindari segala risiko yang terjadi pada server. Pusat data harus memiliki alat-alat yang sangat penting dalam proses pengolahan serta melakukan proses pada data. Pusat data memiliki jaringan yang cukup luas sehingga sangat menguntungkan jika digunakan dalam sebuah perusahaan.

Selain itu, pusat data juga harus mempunyai beberapa partisi yang sangat penting dalam menunjang hal tersebut. Apa saja partisi yang dibutuhkan dalam penggunaan pusat data? 

Simak ulasannya di bawah ini.

Ruangan Server

Partisi pertama yang wajib disediakan dan dimiliki jika ingin menggunakan pusat data adalah ruangan server. Ruangan ini tentunya akan dikhususkan menyimpan server tersebut agar lebih terjaga dan aman dalam pengendaliannya.  Bisanya, ruangan tersebut berisi komputer dan juga keyboard yang akan terhubung dengan jaringan WIFI. Ruangan ini harus dikontrol secara berkala dan dijaga suhu ruangannya agar tidak terjadi masalah seperti kerusakan dan juga kerugian. Contoh suhu yang bisa menyebabkan hal tersebut adalah lembap dan terlalu panas.

UPS

Partisi penting lainnya yang harus tersedia adalah UPS di mana akan memiliki fungsi sebagai sumber listrik cadangan jika pasokan pada listrik mati. Adanya mesin UPS akan membantu untuk menjadi tenaga listrik sementara sehingga data tetap aman terkendali.

Mesin Untuk Menukar Panas

Partisi penting lainnya adalah mesin untuk menukar panas. Mesin tersebut biasanya terletak pada bagian atap sebuah bangunan. Fungsi dari mesin tersebut adalah untuk mengeluarkan udara panas yang terdapat dalam bangunan tersebut. Sehingga sistem tidak akan mudah rusak.

Konstruksi Baja dan Beton

Partisi ini bertujuan untuk melakukan perlindungan pada server pusat jika terjadinya bencana yang tidak terduga. Contohnya adalah bencana alam.

Petugas Keamanan

Partisi terakhir yang tidak kalah penting adalah petugas keamanan. Tugasnya adalah untuk menjaga bangunan agar tetap terjaga dengan menggunakan beberapa peralatan canggih. Contohnya CCTV dan scan kartu identitas.

Generator Cadangan

Generator cadangan sangat dibutuhkan saat listrik dalam keadaan mati atau terputus. Generator membantu dalam pemasokan listrik untuk kembali menyala sebelum pasokan listrik utama menyala kembali.

Rak Jaringan

Rak jaringan memiliki kegunaan untuk menghubungkan server dengan jalur serat optik milik ISP. Adanya rak jaringan membantu semua data yang masuk dan keluar untuk melalui jaringan tersebut.

Pusat Operasi Jaringan

Pusat operasi jaringan adalah sebuah tempat atau ruangan yang terdiri dari karyawan dan sekuriti IT. Tugas karyawan dan sekuriti IT yaitu melakukan pemonitoran terhadap pusat data selama 24 jam dalam seminggu penuh

Ruangan Pendingin

Ruangan pendingin berfungsi untuk menyesuaikan suhu ruangan dan mencegah agar suhu dalam ruangan server tidak panas.

Mesin Pendingin 24 Jam

Selain membutuhkan ruangan pendingin, juga dibutuhkan mesin pendingin 24 jam. Tugasnya adalah untuk mengeluarkan panas yang sudah diserap dan mengubahnya menjadi udara yang dingin.

Partisi di atas harus tersedia jika ingin menggunakan Data Center. Apabila Anda ingin memakai jasa layanan, bisa mengunjungi situs Nex yang terpercaya.

PT.CBN NUSANTARA

Cyber 2 Tower, 2nd floor Jl. HR Rasuna Said X-5/13 Jakarta 12950, Indonesia

Contact

(62-21) 2902-1268 - (62-21) 2902-1269 info@nexdatacenter.com